Mantap Kini Veteran Bisa Peroleh Hak-Haknya Dari Negara Ini kata Dandim 0422/LB - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 10 Desember 2018

Mantap Kini Veteran Bisa Peroleh Hak-Haknya Dari Negara Ini kata Dandim 0422/LB


 Kini, Veteran Bisa Peroleh Hak-Haknya Dari Negara
LAMBAR- Setiap warga negara Indonesia mempunyai hak dan kewajiban membela, mempertahankan kemerdekaan,dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan/ atau ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan social,.

Artinya atas jasa dan pengorbanan warga negara Indonesia yang telah berjuang,membela, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan/atau ikut melaksanakan perdamaian dunia, negara perlu memberikan penghargaan dan penghormatan berupa Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

Kini, Veteran Bisa Peroleh Hak-Haknya Dari Negara
Dengan demikian,Veteran Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan/atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Atau warga negara Indonesia yang ikut serta secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melaksanakan misi perdamaian dunia, yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.
Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang dalam masa revolusi fisik antara tanggal 17 Agustus 1945 sampai dengan tanggal 27 Desember 1949 yang berperan secara aktif berjuang untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia di dalam kesatuan bersenjata resmi dan/atau kelaskaran yang diakui oleh pemerintah pada masa perjuangan.
Termasuk di dalamnya anggota satuan yang bertugas di bidang Palang Merah Indonesia (PMI)/tenaga kesehatan yang melaksanakan fungsi kesehatan lapangan, dapur umum/juru masak, persenjataan, dan amunisi yang melaksanakan fungsi perbekalan, caraka/kurir/penghubung yang melaksanakan fungsi komunikasi, penjaga kampung/ keamanan/mata-mata yang melaksanakan fungsi intelijen dalam rangka pengawasan wilayah, yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.
Dengan Veteran kini bisa memperoleh hak-haknya yang dijamin negara. Pemerintah telah menerbitkan sejumlah peraturan pelaksana Undang-Undang Tentang Veteran Republik Indonesia yang sebagian isinya mengatur hak-hak veteran. Menurut peraturan perundang-undangan tersebut, para veteran pejuang, pembela kemerdekaan, dan anumerta memiliki hak yang dijamin negara, yakni berupa dana bantuan kesehatan, tunjangan, dana bagi janda, duda, atau yatim veteran.
Pada hari Selasa (11/12/2018) Pkl.09.00 Wib dilaksanakan Pemberian Santunan Kepada Veteran dan Janda Veteran masih dalam rangkaian memperingati HJK ( Hari juang Kartika) Kodim 0422/LB.Yang di tetapkan pelaksanakan pada tgl 15 Desember 1945. Dandim 0422/LB Letkol Kav Adri Nurcahyo, S,T, M.si. bertempat di Kantor Koramil 422-06 Sbj Kecamatan Sumber jaya.Kabupaten Lambar.
 Hadir dalam Acara tersebut,Dandim 0422/LB Letkol Kav Adri Nurcahyo, S,T, M.si.Didampingi Ketua persit KCK XLVII,Kasdim 0422/LB Mayor Inf Agus Susanto S.E.,Pasi Ter Kodim 0422/LB.Kaptn.Inf.Waniran,Danramil 422-06 Sbj. Barat Kapten Arm Eka setiana.,Camat Sumber jaya,Air hitam,Gedung surian.,Kapolsek Sumber jaya diwakili Iptu Darwin.,Wakil ketua Veteran H.Supardi,dan Janda Veteran sebanyak 21 Orang.,Babinsa beserta Persit ramil 422-06 Sumber jaya.
Dandim 0422/LB Letkol Kav Adri Nurcahyo, S,T, M.si.mengatakan,Asalamulaikum wr wb yang kami hormati Camat,Sumber jaya,Air hitam,Gedung surian.Kapolsek atau yang mewakili,sesepuhsenior kami para Veteran dan Ibu-ibu isteri dari Vateran  yang sudah meninggal dunia /almarhum serta seluruh anggota babinsa koramil  422- 06 sumber jaya beserta persit yang hadir pada pagi hari ini pertama saya mengucapkan terima kasi atas nama pribadi dan atas nama Kodim Lampung barat yang sudah meluangkan waktunya dalam rangka Hari Juang Kartika.
 Yang dilaksanakan pada tgl 15 Desember adalah hari ulang tahun Angkatan Darat, saya berayukur sampai dengan hari ini kami bersama rakyat selalu bersama, dan pada hari juang kartika Kodim Lampung barat kemarin juga  melakukan karya bhakti diantaranya Pembersihan Pangkalan dan tempat - tempat Ibadah, Bakti sosial kami menyelenggarakan Basar Murah, Sunatan Masal,Pengobatan Masal dan Donor Darah.Ini sebagai bentuk bukti nyata kepedulian TNI kepada rakyat serta mendukung pemerintah kabupaten Lampung Barat untuk menuju Lampung Barat yang HEBAT.
 Dan pada hari yang berbahagia ini saya Komandan kodim 0422/LB.atas nama Kodim 0422/LB.menyampaikan terimakasih kami kepada bapak/ibu yang  hadir dalam acara silaturahmi khususnya kepada Veteran dan ibu-ibu janda Veteran.Kami mohon dukungan dan do'a kepada  ibu semua agar kedepan dan seterusnya TNI tetap bisa diterima rakyat,bersama rakyat,dicintai rakyat,demi utuhnya NKRI yang kt cintai ini karena tidak bisa dipungkiri Bersama rakyat TNI kuat.Selanjutnya wakil ketua Legiun Veteran H.Sukardi.mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya nya kepada Dandim 0422/LB.beserta seluruh anggta jajarannya,Kami sangat merasa terharu dan sekaligus bahagia karena kami merasa masih ada yang mengakui kami dan masih ada yang perduli dengan kami moment-moment  seperti ini adalah momen yang sangat berarti bagi kami dan kami tdk akan melihat dari sisi lainnya sudah bisa berkumpul meluangkan waktu sejenak begini saja ini sudah merupakan anugerah bagi kami dan kami akan selalu mendoakan semoga TNI pada keluruhannya dan pada khususnya  Dandim 0422/LB beserta jajaran dan seluruh anggotanya di berikan keselamatan perlindungan oleh ALLAH .S.W.T.dan semoga TNI tetap bersama dan dicintai rakyat.(Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad