Tujuan Dan Siapa Penerima Manfaat Keluarga Harapan - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 16 November 2018

Tujuan Dan Siapa Penerima Manfaat Keluarga Harapan



LAMBAR- Penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di kabupaten lampung Barat (Lambar)(belum tepat sasaran,Warga yang sangat membutuhkan tidak menerima, sedangkan warga sejahtera justru kebagian santunan. “Ada beberapa ibu yang sebelumnya dapat,sekarang enggak dapat. Namun, tetangga saya yang punya Toko,punya Mobil dan usaha malah dapat bantuan,”.

Setelah dilansir dibeberapa oleh Editorlambar.Com,Di Beberapa kecamatan Banyak warga di Kabupaten lampung Barat (Lambar)yang memprotes tak masuk dalam kategori penerima program bantuan keluarga harapan (PKH),Seperti dikatakan Yan,warga lambar yang ada disalah satu kecamatan , bahwa banyak warga miskin yang layak menerima bantuan PKH, namun tidak terdata."Orang tidak mampu banyak tak menerima manfaat seperti di kecamatan itu ," bebernya Sabtu (17/11/2018).

PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan.Program ini,dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi.

Sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.Pelaksanaan PKH juga mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Millenium. Lima Komponen Tujuan MDG’s yang akan terbantu oleh PKH yaitu: Pengurangan penduduk miskin dan kelaparan; Pendidikan Dasar; Kesetaraan Gender; Pengurangan angka kematian bayi dan balita; Pengurangan kematian ibu melahirkan.

"Sekarang ini kita tak bisa berkílah. Karena 2018 akan ada verifikasi data. Yang tak layak menerima nanti kita cek ulang, sesuai kriteria penerima PKH," Ucap salah satu pegawai dinas social (Dinsos)kabupaten lambar.

Artinya, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya. Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai program conditional cash transfers (CCT) atau program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut dapat berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (misalnya bagi anak usia sekolah), ataupun kehadiran di fasilitas kesehatan (misalnya bagi anak balita, atau bagi ibu hamil).(Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad