Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas Ini Kata Kapolres - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 07 November 2018

Tingkatkan Kemampuan Bhabinkamtibmas Ini Kata Kapolres



LAMBAR-Guna meningkatkan kemampuan individu dan melihat kemajuan personel Bhabinkamtibmas, Kapolres Lampung Barat AKBP Doni Wahyudi,S.Ik ., memimpin kegiatan Apel Bhabinkamtibmas jajaran polres Lampung Barat.

Dihadiri Kasat Binmas Iptu Nasrun dan kasi Propam Ipda Suherman,SH.Para Kanit Binmas Polsek Jajaran dan seluruh bhabinkamtibmas jajaran polres Lampung Barat di gelar di Lapangan Apel pada Rabu (7/11/2018).


Sebagai kata pembuka Kapolres   memberikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan agar dipertahankan dan ditingkatkan sesuai dengan kondisi saat ini. Secara pribadi saya berterimakasih kepada rekan rekan para Bhabinkamtibmas.

Sudah iklas menjalankan tugas, laporan dari masyarakat cukup bagus, pertahankan dan tingkatkan” Tutur Kapolres. “Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak kepolisian di tingkat Desa, sehingga diharapkan dengan diadakannya pembinaan rutin semacam ini bisa menambah ilmu dan kepedulian Bhabinkamtibmas terhadap desa binaanya. Bhabinkamtibmas diminta untuk aktif turun ke desa,”.


Saat ini hujan cukup tinggi,diharapkan agar para Bhabinkamtibmss tanggap dalam penanganan bencana banjir di lingkungan tugasnya,Koordinasi dengan kepala desa, perusahaan, Bhabinsa, para Tomas untuk mendatakan daerah yang rawan banjir .

Apabila terjadi banjir, hal pertama yang dilakukan adalah pertolongan dan penyelamatan korban. Utamakan anak anak dan usia lanjut untuk ditolong, setelah itu dewasa,setelah itu lakukan lokalisir di lingkungan tersebut agar masyarakat lain tidak terjebak banjir.


Mengamankan harta benda, ternak dan arus lalin.”Perlunya tindakan ini agar masyarakat lain mengetahui, sosialisasikan lewat pengeras suara, kentongan, himbauan dan sebagainya” ungkap Kapolres.

Masih kata Kapolres, menyampaikan agar para Bhabinkamtibmas  mendeteksi dini serta menyelesaikan Konflik yang terjadi diwilayah binaannya.  Konflik tidak serta merta muncul, namun diawali dari antar pribadi, pribadi dengan kelompok, kelompok dengan kelompok yang bila tidak segera diselesaikan dari awal akan berkembang menjadi besar. Potensi konflik inilah yang perlu penyelesaian.


Pola penyelesaian konflik dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti ; musyawarah, penggalangan dan pendekatan, penyelesaian jalur formal dan penuntasan yang tidak berdampak.

Lanjut Kapolres AKBP Doni Wahyudi,S.Ik. mengatakan kegiatan Apel tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja para polisi khususnya bhabinkamtibmas yang bersentuhan dengan masyarakat. Dimana tantangan kedepan semakin berat dengan banyaknya tugas yang harus di laksanakan bhabinkamtibmas.


Kapolres mengucapkan terimakasih kepada anggota bhabinkamtibmas yang sudah bisa hadir di Polres Lampung Barat dan ada juga anggota yang tidak hadir di karena melaksanakan pengamanan di jembatan balei di pekon mandiri yang putus,”jelas Kapolres.

Terkiat dengan pelaksanaan tugas tentunya anggota bhabinkamtibmas sudah memahami peran tugasnya masing-masing, tujuan kami kumpulkan disini biar ada komunikasi antar pimpinan dan anggota untuk menyammakan persepsi sehingga nanti dalam melaksanakan tugas di ada kendala,”terang Kapolres.


Dalam apel itu kapolres mengambil kebijakan untuk apel satu bulan sekali, terkait tugas bhabinkamtibmas dan sudah di dukung dengan anggaran dan setiab bulanya sudah di berikan, tolong dilaksanakan kewajibanya bertugas dengan baik, jangan sampai ada pelanggaran,”tegas Kapolres.

Selain itu Kapolres Lampung Barat menyampaikan terkait satgas nusantara kepada bhabinkamtibmas mudah-mudahan dalam pelaksanaan pilpres dan pileg tahun 2019 dapat berjalan dengan aman dan kondusif.


Dari itu kapolres memerintahkan bhabinkamtibmas untuk melaksanakan kegiatan di pekonya dan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan di buat laporan dan didukung dengan dokumentasi yang ada,”harap Kapolres.

Untuk anggota yang Beragama muslim kapolres mengajak untuk memakmurkan masjid, begitu juga beragama lain supaya bisa memakmurkan tempat ibdahnya masing-masing. Saya minta laporan kegiatan bhabinkamtibmas di laksanakan nanti akan kita anev polsek mana yang tidak melaksanakan. Begitu juga dari sat intelkam dan satreskrim yang berpakaian preman dapat melaksanakan penggalangan.


Kapolres juga berpesan kepada anggota Bila ada giat di kampung bisa mengabari langsung lewat telfonya, isya allah kapolres akan bisa hadir, dan terkait kendaraan dinas silahkan pakai, bila yang belum dapat segera di data. Dan segala sesuaktu kegiatan di wilayah harus melalui prosedur, apapun itu kegiatannya sehingga ada sesuaktu bisa di pertanggujawabkan, terkait anggaran desa tolong di awasi jangan sampai ada anggota yang ikut main.

Bila ada sesuaktu yang ingin di sampaikan lebih baik langsung sampaikan ke kasat binmas, atau kesaya langsung. disini saya bekerja bicara organisasi polri khusus polres lampung barat bila ada permasalah tolong sampaikan, dan saya siap menampung saran kritik demi kemajuan kedinasan kita.

Sekali lagi Saya ucapkan trimakasih kehadirannya, mohon keterbukaan rekan-rekan demi kemajuan organisasi. Perhatikan kesehatan kita apa lagi sekarang musim penghujan, bina hubungan yang baik dengan masyarakat dan aparat pekon serta dinas terkait.

Terkait Tunjangan kinerja, kita sebagai umat beragama sedekahkan sebagian harta kita ke fakir miskin orang terlantar, biar semua jadi berkah, bila ada sisa tabung untuk masa depan anak-anak. Jangan berbuat yang aneh-aneh. saya minta setiap kegiatan anggota polisi harus didokumentasikan,”tutup Kapolres.

Kegiatan di lanjutkan dengan pemberian sarana kontak kepada perwakilan masing-masing polsek di berikan langsung oleh Kapolres Lampung Barat kepada bahbinkamtibmas sebagai alat pendukung untuk melaksanakan dinas di lapangan. (Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad