Marak Bencana Alam, Parosil Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 28 November 2018

Marak Bencana Alam, Parosil Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan


Bupati Lambar Beserta Rombongan Meninjauan Lokasi Longsor Di Kelurahan Fajar Bulan Kecamatan Way Tenong, Hari Kamis (29/11/2018). 

LAMBAR-Bupati Lampung Barat,meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaannya di tengah ketidakpastian akan terjadinya bencana alam "Masyarakat diimbau tetap meningkatkan kewaspadaan menghadapi potensi banjir,longsor,". "Potensi hujan selama Maret 2018 masih akan tetap tinggi. Sesuai prediksi BMKG, curah hujan dengan intensitas tinggi berpotensi terjadi bagian tengah hingga timur,Barat ,Selatan.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan kondisi tanah yang sudah jenuh air sehingga mudah terjadi banjir dan longsor. Sementara itu, daerah-daerah yang dilintasi atau berada di sekitar garis khatulistiwa akan mengalami kekeringan. Hal itu berdampak pada tingginya potensi kebakaran hutan dan lahan,Bupati juga mengingatkan potensi gempa bumi yang sewaktu-waktu bisa terjadi. "Untuk itu masyarakat agar terus waspada. Kenali lingkungan sekitarnya. Jangan lengah. Bencana dapat terjadi kapan saja," ucapnya.

Masih kata Bupati menilai, pengaruh ulah manusia juga cukup signifikan dalam peningkatan bencana alam. Tingginya laju kerusakan hutan, lahan kritis, kerusakan lingkungan, degradasi sungai, lemahnya implementasi tata ruang membuat lingkungan sekaligus masyarakat menjadi rentan. Sehingga perlu upaya keras dalam memulihkan kembali kualitas lingkungan.Parosil menegaskan, pengurangan risiko bencana harus menjadi investasi pembangunan dan bagian dari kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. "Sayangnya pengurangan risiko bencana masih terpinggirkan dalam kehidupan kita sehari-hari," ujar dia.

Dengan demikian,Bupati Beserta Rombongan,meninjauan lokasi longsor di Kelurahan Fajar Bulan Kecamatan Way Tenong, pada Hari Kamis (29/11/2018) dalam peninjauan ini bupati didampingi oleh Kepala Bappeda Ir.Okmal dan Kepala BPBD Maidar,SH.musibah longsor dengan lebar  sekitar 50 Meter, kedalaman sekitar 25 Meter tersebut satu rumah milik Adit warga setempat  hancur terbawa longsor, sementara saat ini satu rumah warga lainnya milik Sasmita kini kondisinya terancam.

Selanjutnya, ia pun menyampaikan untuk antisipasi bencana agar seluruh OPD meningkatkan kewaspadaan terhadap titik rawan bencana dan mengharapkan seluruh aparat di wilayah kecamatan dan pekon serta seluruh masyarakat melakukan koordinasi aktif sehingga bencana dapat dihindarkan.

Gerusan tanah di lokasi tersebut diharapkan dapat segera diperbaiki, dalam kesempatan tersebut Parosil pun mengharapkan tindakan segera sehingga kerusakan dapat ditanggulangi, ia memerintahkan OPD terkait agar dapat berkoordinasi dalam setiap antisipasi dan kerusakan akibat bencana yang ada dan  segera melakukan tindakan percepatan perbaikan lokasi longsor agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah salah satunya dengan mengerahkan personil agar perbaikan dilakukan.(Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad