Mantap Kabupaten Konservasi Lambar Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 08 November 2018

Mantap Kabupaten Konservasi Lambar Gelar Aksi Tanam Pohon Serentak



LAMBAR -kegiatan menanam pohon benar-benar menjadi suatu gerakan moral dalam masyarakat, sehingga akhirnya menanam menjadi suatu kebutuhan bersama.

Berhasilnya kegiatan-kegiatan ini tentunya tidak lepas dari partisipasi aktif semua pihak, baik dari pemerintah, masyarakat ataupun pengusaha. Oleh karena itu, kehadiran dan sumbangsih berbagai pihak dalam pembangunan kehutanan dan perbaikan lingkungan sangat diperlukan.


Tujuan kegiatan untuk mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan penyerapan karbondioksida, polutan lainnya serta mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor serta meningkatkan pendapatan masyarakat melalui pemenuhan bahan kayu.

Sedangkan sasaran yaitu menjadikan seluruh lahan kritis baik di dalam dan di luar kawasan hutan menjadi hijau sehingga dapat memberikan perlindungan, estetika, ekonomi dan lingkungan, dan menjadikan kegiatan menanam pohon menjadi budaya di masyarakat.


Dengan demikian,penanaman pohon serentak seluruh kecamatan di laksanakan hari ini , Jum'at (9/11). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut bahwa Lambar di kukuhkan sebagai Kabupaten Konservasi serta bersamaan dengan Hari Cinta Puspa dan Hari Satwa Nasional.

Kegiatan ini di pusatkan di dua kecamatan yaitu Lumbok Seminung yang di wakili oleh Asisten Bidang Perekonomian Ir. Natadjudin Amran dan Asisten Bidang Administrasi Umum Ir. Noviardi Kuswan di Batu Brak.


Selanjutnya, Kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan ini merupakan upaya jangka panjang. hasil kegiatan ini baru dapat kita rasakan manfaatnya di masa depan yaitu menikmati kualitas lingkungan yang semakin baik. Mencanangkan Kabupaten Lampung Barat sebagai kabupaten konservasi adalah perwujudan dari Misi pertama yaitu.

 "mengembangkan wilayah melalui pembangunan infrastruktur secara berkeadilan, dengan memperhatikan aspek mitigasi bencana dan berwawasan lingkungan” dalam rangka mencapai visi Lampung Barat yaitu ”terwujudnya Kabupaten Lampung Barat yang Hebat dan sejahtera”. 

Kegiatan konservasi yaitu melakukan perlindungan sistem penyangga kehidupan pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya.

Pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. program yang akan dilaksanakan program jangka pendek dengan meningkatkan tutupan lahan/vegetasi.

Sedangkan program jangka menengah dengan cara meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan konservasi dan terakhir program jangka panjang terciptanya budaya konservasi.

Target keberhasilan pembangunan kabupaten koservasi yaitu lingkungan/Alam  lestari dan masyarakat sejahtera. (Ir-Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad