Literasi Untuk Kesejahteraan Rakyat Lambar Ini Kata Partinia Parosil - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 21 November 2018

Literasi Untuk Kesejahteraan Rakyat Lambar Ini Kata Partinia Parosil


LAMBAR- Saat ini gerakan Literasi mulai ditingkatkan kepada seluruh lapisan masyarakat karena merupakan hak setiap orang untuk belajar sepanjang hayat. Dengan meningkatkan kemampuan literasi masing-masing individu diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup baik itu secara individu, keluarga maupun dalam masyarakat. Secara luas, sifat litersi yang memiliki “Multiple Effect” dapat membantu pembangunan berkelanjutan, seperti memberantas kemiskinan, mengurangi angka kematian, pertumbuhan penduduk, dan lain sebagainya.

literasi secara umum adalah kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis. Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis, oleh karena itu, literasi tidak terlepas dari ketrampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan cultural,meskipun literasi merupakan sebuah konsep yang memiliki makna kompleks, dinamis, terus ditafsirkan dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang, namun hakekatnya kemampuan baca tulis seseorang merupakan dasar utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas.


literasi menurut UNESCO adalah seperangkat keterampilan nyata, khususnya keterampilan kognitif membaca dan menulis, yang terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dari siapa serta cara memperolehnya. Pemahaman orang tentang makna literasi sangat dipengaruhi oleh penelitian akademik, institusi, konteks nasional, nilai-nilai budaya, dan juga pengalaman.

Hal yang terpenting dari literasi adalah seseorang harus bebas buta aksara atau melek huruf (Bisa Baca-Tulis) agar mampu memahami semua konsep fungsionalnya. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi apabila telah memperoleh kemampuan dasar ketrampilan bahasa yaitu membaca dan menulis. Salah satu langkah untuk memperoleh kemampuan literasi adalah melalui pendidikan,Pendidikan dan kemampuan literasi adalah dua hal yang sangat penting dalam hidup kita. Kemajuan suatu negara secara langsung tergantung pada tingkat melek huruf di negara tersebut. Oleh karena itulah, orang berpendidikan diharapkan untuk melakukan tugasnya dengan baik.


Dengan demikian,Ketua Tim Gerakan Literasi Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat,Partinia (Ibu Bupati Lambar) dengan tegas meminta semua pihak untuk bekerja bersama mewujudkan Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi. Adapun fokus kerja TIM GLD Lambar adalah pembangunan gerakan Literasi Sekolah, Keluarga dan Masyarakat.,"Ya, soal literasi kita gak main-main ya. Saya akan pimpin langsung gerakan ini. Untuk itu, saya minta semua pihak terkait (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, PMD dll) harus serius mengarap gerakan literasi. TIM GLD akan memantau, mengevaluasi dan melaporkan perkembangan Gerakan Literasi Lambar disemua tingkatan kepada pak Bupati," ujarnya Partinia dalam acara rapat perdana TIM GLD Lambar di Aula RS Bunda, Rabu (21/11/2018).


Selanjut nya, terkait terbit nya Perbup no 19 tahun 2018 terkait gerakan Literasi Lambar, Ibu Partinia meminta semua pihak segera mengimplementasikan isi perbup literasi yang disesuaikan dengan tupoksi dan ruang lingkup nya masing-masing."Semisal, Dinas Pendidikan mengeluarkan surat edaran terkait mengoptimalkan Gerakan Literasi Sekolah (pembentukan Tim GLS dan lain-lain). Begitu juga instasi lain nya. Saat ini di Lambar ada banyak relawan dan komunitas literasi bertumbuhan, ini luar biasa. Mereka itu modal utama pembangunan literasi di Lambar," tambah nya.

Selanjut nya, untuk menumbuhkan dan menyalurkan minat literasi Lambar, TIM GLD juga akan melaksanakan berbagai program kerja terkait pengembangan literasi Lambar dan penyediaan sarana dan prasarana Literas. Diantaranya pelatihan menulis, pendampingan pekon literasi dan lain-lain.(Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad