Kepala BPIP Puji Pelaksanaan Festival Kebangsaan Lampung Barat - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 14 November 2018

Kepala BPIP Puji Pelaksanaan Festival Kebangsaan Lampung Barat



LAMBAR- Dalam melestarikan budaya yang dalam hal ini diimplementasikan dalam sebuah kegiatan festival sebagai sarana pencitraan dan pelestarian budaya.

Melalui proses perencanaan program komunikasi yang baik dan terarah akan mampu menghasilkan sebuah program festival budaya yang efektif  sebagai sebuah sarana pencitraan di dalam pelestarian budaya. Festival sebagai bagian dari kegiatan Public Relations, diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan bagi pihak-pihak terkait sebagai sarana pencitraan budaya.

Festival merupakan sarana komunikasi yang penting untuk membangun, memberdayakan, dan pengakuan suatu identitas budaya.  Karenanya, sebagai sebuah sarana komunikasi, maka sudah selayaknya sebuah event festival direncanakan melalui proses perencanaan strategis komunikasi agar dapat berjalan dengan efektif .


Budaya, merupakan sebuah produk sosial yang dapat dinyatakan sebagai,Gaya hidup yang relative khusus dari suatu kelompok masyarakat –yang terdiri atas nilai-nilai, kepercayaan, artifak, cara berperilaku, serta cara berkomunikasi- yang ditularkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Dengan menyadari akan fenomena dan dampak globalisasi terhadap eksistensi kebudayaan lokal dalam rangka kekuatan unggulan daerah dalam berkompetisi memasuki persaingan-persaingan global, maka diperlukan sebuah program pelestarian dan pengembangan kebudayaan guna memperkokoh ketahanan budaya bangsa.

Dalam konteks pemahaman tersebut, kegiatan pokok yang perlu ditempuh antara lain adalah upaya pencitraan budaya melalui strategi perencanaan dan pengelolaan yang sistematik, pengemasan produk-produk kebudayaan yang menarik dan tepat sasaran.

Guna disebarluaskan kepada seluruh lapisan masyarakat baik nasional maupun internasional dalam upaya pelestarian budaya dan menumbuhkan kebanggaan masyarakat akan kebudayaannya sendiri.

Dengan demikian dalam Kehadiran Plt Kepala BPIiP Prof. Dr. Hariyono,  M. Pd dalam pagelaran Festival Kebangsaan, Rabu (14/11) sekaligus meresmikan Lapangan Sukarata untuk mengenang perjalanan Ir. Soekarno di Sumber Jaya pada 14 November 1952 silam. 

Prof. Hariyono menyampaikan bahwa "kegiatan ini sebagai perekat hubungan semua elemen yang ada di Lampung Barat khususnya dan Indonesia umumnya,  dan membina Bhineka Tunggal Ika serta dapat mengamalkan Pancasila agar Lampung Barat menapaki peradaban yang lebih maju dan lebih jaya serta selalu aman wilayahnya untuk selanjutnya", jelas Hariyono.

Dalam sambutannya Prof. Hariyono menyampaikan bahwa "kegiatan ini sebagai perekat hubungan semua elemen yang ada di Lampung Barat khususnya dan Indonesia umumnya,  dan membina Bhineka Tunggal Ika serta dapat mengamalkan Pancasila agar Lampung Barat menapaki peradaban yang lebih maju dan lebih jaya serta selalu aman wilayahnya untuk selanjutnya", jelas Hariyono.

Sesuai dengan Icon Festival Kebangsaan Lampung Barat tahun ini adalah Ir. Soekarno yang merupakam pencetus pertama Pancasila sebagai dasar negara maka seluruh lapisan masyarakat.

Diharapkan dapat melestarikan Pancasila dan perjalanan perjuangan Bung Karno penuh dengan nilai-nilai luhur kebangsaan,  jiwa heroik dan semangat patriotisme yang patut menjadi teladan bagi seluruh elemen bangsa,

Ir. Soekarno yang merupakam pencetus pertama Pancasila sebagai dasar negara maka seluruh lapisan masyarakat diharapkan dapat melestarikan Pancasila dan perjalanan perjuangan Bung Karno penuh dengan nilai-nilai luhur kebangsaan,jiwa heroik dan semangat patriotisme yang patut menjadi teladan bagi seluruh elemen bangsa,dengan Festival Kebangsaan ini dapat berkibar dan menjadi resonansi bagi daerah lain sehingga dapat bertanggungjawab membina kebangsaan bersama, tutupnya.(Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad