Lastarikan Tanam Pohon - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 07 November 2018

Lastarikan Tanam Pohon



LAMBAR-Fungsi utama dari pohon adalah untuk menghasilkan oksigen yang berguna untuk manusia bernafas,kita pasti pernah merasakan ketika sedang berjalan dan sinar matahari sedang terik-teriknya, jika kita menemukan pohon pasti kita akan berteduh untuk sementara.

Pada saat berteduh di bawah pohon akan merasa sejuk, itu dikarenakan efek oksigen yang dihasilkan oleh pohon tersebut,selain menghasilkan oksigen untuk hidup manusia, manfaat dari pohon juga adalah untuk menyerap karbon dioksida atau CO2, Karena memang berkebalikan dengan manusia, pepohonan bernafas dengan menyerap CO2 dan melepaskan oksigen (O2).


Artinya,membutuhkan 96 batang pohon untuk menyerap CO2 yang dihasilkan oleh satu orang dalam waktu satu tahun. Selain itu, pohon juga berfungsi untuk menyerap bau dan gas polutan, serta menyaring partikular-partikular dari udara menggunakan daun dan kulit.

Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari pepohonan ataupun tumbuhan hijau bagi kita semua. Oleh karena itu perlunya gerakan untuk menanam pohon,menanam pohon bukan berarti kita harus menanam pohon yang dengan besar tetapi mulai dari menanam tunasnya terlebih dahulu karena dari gerakan kecil ini manfaatnya akan kita terima di masa depan.

Dengan demikian,Pemerintah Kabupaten Lampung Barat  akan melakukan penanaman pohon (Besok) yang bertempat di Kecamatan Lumbok Seminung dan Kecamatan Batu Berak ,Jum'at (9/11/2018).

Kegiatan ini rencananya akan dihadiri langsung oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lambar Burlianto Eka Putra, SH di ruang kerjanya Kamis (8/11/2018).

Masih kata Burlianto menambahkan bahwa "Penanaman ini adalah wujud langkah dari pelaksanaan Program Kabupaten Konservasi dan Tangguh Bencana, sebagaimana diketahui bahwa Lampung Barat mayoritas wilayahnya adalah wilayah Hutan Lindung sehingga harus dilestarikan serta mengurangi lahan-lahan terbuka agar Bumi Skala Brak ini semakin hijau", jelasnya.

Manfaat penanaman pohon selain untuk penghijauan yaitu untuk mencegah adanya bencana, karena pohon masih menjadi penopang yang sangat baik bagi bumi. Pohon dapat menyimpan air,  mencegah tanah longsor, mencegah banjir dan sebagai sumber oksigen, maka dari itu menanam pohon dapat mencegah dari dampak bencana yang lebih besar, sehingga sangat sesuai dengan program Kabupaten Konservasi dan Tangguh bencana yang telah dicanangkan.

Terakhir,  dalam pelaksanaan penanaman pohon ini Bupati mengharapkan kesediaan seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam penanaman pohon di seluruh wilayah untuk mewujudkan Kabupaten Konservasi dan Tangguh bencana tersebut. (Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad