Genjot Pembangunan Bandara M.Taufik Kiemas - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 19 November 2018

Genjot Pembangunan Bandara M.Taufik Kiemas


PESIBAR-Bandar Udara adalah kawasan di daratan dan/atau perairan dengan batas-batas tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas,naik turun penumpang, bongkar muat barang, dan tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi, yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan, serta fasilitas pokok dan fasilitas penunjang lainnya.

Kebandarudaraan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan bandar udara dan kegiatan lainnya dalam melaksanakan fungsi keselamatan,keamanan,kelancaran, dan ketertiban arus lalu lintas pesawat udara, penumpang, kargo dan/atau pos, tempat perpindahan intra dan/atau antarmoda serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.


Tatanan Kebandarudaraan Nasional adalah sistem kebandarudaraan secara nasional yang menggambarkan perencanaan bandar udara berdasarkan rencana tata ruang, pertumbuhan ekonomi, keunggulan komparatif wilayah, kondisi alam dan geografi, keterpaduan intra dan antarmoda transportasi, kelestarian lingkungan, keselamatan dan keaamanan penerbangan, serta keterpaduan dengan sektor pembangunan lainnya.

Dalam rangka mempercepat operasional Bandara M.Taufik Kiemas, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Perhubungan menggelar audiensi dengan masyarakat setempat, terkait kendala yang perlu diatasi dalam pelaksanaan hal tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Batu Gukhi kantor pemerintah setempat. Senin (19/11)
Kegiatan tersebut dipimpin oleh Bupati DR.Drs.H.Agus Istiqlal.SH.,MP didampingi oleh  Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ir. N.Lingga Kusuma,MP Kepala Dinas Perhubungan dan beberapa kepala OPD .


Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perhubungan Pesibar, menyampaikan bahwa, Bandara M.Taufik Kiemas sudah dilakukan perpanjangan landasan atau runway 1300 meter dengan lebar 30 meter,"Dengan demikian bandara siap diterbangi pesawat komersial, bila hal tersebut telah operasional maka ekonomi di pesibar akan semakin meningkat" Ujar kepala Dinas perhubungan.

Dilanjutkannya, beberapa hari yang lalu direktorat bandara telah meninjau langsung bandara M. Taufik Kiemas. Ada 3 team yang datang meninjau langsung bandara M. Taufik Kiemas."Dari peninjauan itu, ada temuan dari tim direktorat bandara. Diantaranya temuan tersebut adanya gundukan di ujung landasan , dengan tinggi 3 meter dan diameternya 30 meter" ungkapnya.

Terkait hal itu, kepala Dinas Perhubungan mengatakan bahwasannya hal itu sudah diatasi dengan melakukan perataan pada landasan tersebut. Dengan menggunakan alat berat dan hari ini diusahakan selesai,Pada kesempatan itu Bupati pesisir  Barat menyampaikan DR.Drs.H.agus Istiqlal.SH.,MH Kepada Masyarakat bahwasanya pemkab menerima keluhan masyarakat yang terkena penertiban kawasan bandara.

Dikatakan Bupati DR.Drs.H.Agus Istiqlal.SH.,MH Dalam waktu dekat pemkab pesisir Barat akan meninjau Lokasi tersebut dan mencari solusi terbaik untuk masyarakat, Pungkasnya.( Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad