E-Government Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kabupaten - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 27 November 2018

E-Government Dalam Mewujudkan Good Governance Di Kabupaten

Pelatihan Sumber Daya Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 Yang Dibuka Langsung Oleh Assisten Bidang Administrasi Umum Ir. Noviardi Kuswan, Di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (28/11/2018).

LAMBAR-Menyadari betapa pentingnya arti mewujudkan kepemerintahan yang baik, maka aparatur negara dituntut harus mampu meningkatkan kinerja,sasaran yang menjadi prioritas adalah mewujudkan pelayanan masyarakat yang efisien dan berkualitas, sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing. Oleh karena itu, dalam hal ini diperlukan perhatian pemerintah untuk melakukan perubahan-perubahan secara signifikan melalui manajemen perubahan menuju ke arah penyelenggaraan kepemerintahan yang baik.

Salah satu upaya untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik adalah mempercepat proses kerja serta modernisasi administrasi melalui otomatisasi di bidang administrasi perkantoran, modernisasi penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat melalui E-Government sebagai salah satu aplikasi dari teknologi informasi,masalah utama yang dihadapi dalam implementasi otonomi daerah adalah terbatasnya sarana dan prasarana komunikasi informasi untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada masyarakat, agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pengelolaan pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat dapat menjadi lebih efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Pelatihan Sumber Daya Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 Yang Dibuka Langsung Oleh Assisten Bidang Administrasi Umum Ir. Noviardi Kuswan, Di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (28/11/2018).

Oleh karena itu, dalam penyelenggaraan pemerintahan menuju good governance serta da­lam rangka melaksanakan penyelenggaraan otonomi daerah, maka pengembangan dan imple­mentasi E-Government merupakan alternatif yang strategis dalam rangka mengkomunikasikan informasi secara dua arah antara pemerintah de­ngan masyarakat dan dunia usaha dan antar pe­merintah itu sendiri.Artinya,E-Government dapat diartikan sebagai kumpulan konsep untuk semua tindakan dalam sektor publik (Baik Di Tingkat Peme­rintah Pusat Maupun Pemerintah Daerah) yang melibatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mengoptimalisasi proses pelayanan publik yang efisien, Istilah Good Governance sendiri muncul bersamaan dengan program-pro­gram yang didukung lembaga luar, namun tidak berarti kegiatan yang dilaksanakan bukan kegia­tan yang merupakan aspirasi masyarakat.

Keinginan masyarakat untuk memperoleh peme­rintahan yang baik (Good Governance) sudah ada sejak dulu. Jadi adanya Tata Pemerintahan yang baik bukan merupakan kondisi yang diharapkan dari luar namun menjadi impian masyarakat banyak,pada hakekatnya tujuan tata kepemerintahan yang baik (Good Governance) adalah tercapainya kondisi pemerintahan yang dapat menjamin kepentingan atau pelayanan publik secara seimbang dengan melibatkan kerjasama antar semua komponen pelaku (Negara, Masyarakat, Lembaga-Lembaga Masyarakat, Dan Pihak Swasta).

Pelatihan Sumber Daya Komunikasi Dan Informasi Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 Yang Dibuka Langsung Oleh Assisten Bidang Administrasi Umum Ir. Noviardi Kuswan, Di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (28/11/2018).

Dengan demikian,paradigma tata kepemerintahan yang baik menekankan arti penting kesejajaran hubungan antara institusi negara, pasar, dan masyarakat. Semua pelaku harus saling mengetahui apa yang dilakukan oleh pelaku lainnya serta membuka ruang dialog agar para pelaku saling memahami perbedaan-perbedaan di antara mereka.melalui proses tersebut diharapkan akan tumbuh konsensus dan sinergi dalam penerapan program-program tata kepemerintahan yang baik di masyarakat.

Dengan demikian,Komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan Good Government salah satunya dengan ketersediaan data yang up to date atau E-Government , berkaitan dengan hal tersebut Pemkab Lambar melalui Dinas Kominfo memberikan pelatihan sumber daya komunikasi dan informasi Kabupaten Lampung Barat tahun 2018 yang dibuka langsung oleh Assisten Bidang Administrasi umum Ir. Noviardi Kuswan,  di Aula Dinas Kesehatan, Rabu (28/11/2018)dengan Narasumber Ganjar Jatino,SE.,M.AP.

"Teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat dewasa ini, telah mendorong percepatan di berbagai bidang. seperti halnya mencari dan berbagi informasi saat ini sangatlah mudah didapatkan seiring dengan berkembangnya teknologi internet dan jaringan. Dengan adanya dukungan perangkat lunak diimbangi  pula dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi berserta perangkat kerasnya yang dapat diwujudkan dengan E-Government yang menjadi bagian penting dari aspek kebutuhan dan kehidupan" ungkap Noviardi. 

Pemerintah menyambut baik kegiatan ini karena, kebutuhan masyarakat akan pentingnya komunikasi dan informasi sudah sangat besar, sehingga pemerintah daerah Kabupaten Lampung Barat melalui unit satuan kerja (satker) yang membidangi masalah komunikasi untuk segera memberikan solusi guna membantu memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut, khususnya untuk pengembangan SDM di bidang komunikasi dan informasi.
Terakhir, pihaknya berpesan kepada para peserta pelatihan bahwa,  peran mereka sangat penting dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, terutama dalam penyampaian informasi pemerintah maupun sebaliknya dari masyarakat kepada pemerintah dan ia berharap pelatihan ini akan lebih meningkatkan ketrampilan teknis dan kemampuan administrasi bagi para SDM bidang komunikasi dan informasi yang ada di Lampung Barat ini.(Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad