Bupati Mengatakan Kerukunan Antar Umat Beragama Sangat Penting - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 16 November 2018

Bupati Mengatakan Kerukunan Antar Umat Beragama Sangat Penting



LAMBAR- Kerukunan antar umat beragama adalah suatu kondisi sosial ketika semua golongan agama bisa hidup bersama tanpa menguarangi hak dasar masing-masing untuk melaksanakan kewajiban agamanya,masing-masing pemeluk agama yang baik haruslah hidup rukun dan damai.

Karena itu kerukunan antar umat beragama tidak mungkin akan lahir dari sikap fanatisme buta dan sikap tidak peduli atas hak keberagaman dan perasaan orang lain,Tetapi dalam hal ini tidak diartikan bahwa kerukunan hidup antar umat beragama memberi ruang untuk mencampurkan unsur-unsur tertentu dari agama yang berbeda ,sebab hal tersebut akan merusak nilai agama itu sendiri.

Kerukunan antar umat beragama itu sendiri juga bisa diartikan dengan toleransi antar umat beragama. Dalam toleransi itu sendiri pada dasarnya masyarakat harus bersikap lapang dada dan menerima perbedaan antar umat beragama.Selain itu masyarakat juga harus saling menghormati satu sama lainnya misalnya dalam hal beribadah, antar pemeluk agama yang satu dengan lainnya tidak saling mengganggu.


Kerukunan antar umat beragama adalah suatu bentuk hubungan yang harmonis dalam dinamika pergaulan hidup bermasyarakat yang saling menguatkan yang di ikat oleh sikap pengendalian hidup dalam wujud,Saling hormat menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya, Saling hormat menghormati dan berkerjasama intern pemeluk agama, antar berbagai golongan agama dan umatumat beragama dengan pemerintah yang sama-sama bertanggung jawab membangun bangsa dan Negara., Saling tenggang rasa dan toleransi dengan tidak memaksa agama kepada orang lain. Jum,at (16/11/2018).

Dengan demikian kerukunan antar umat beragama merupakan salah satu tongkat utama dalam memelihara hubungan suasana yang baik, damai, tidak bertengkar, tidak gerak, bersatu hati dan bersepakat antar umat beragama yang berbeda-beda agama untuk hidup rukun ,dalam Safari jum'at dilakukan sebagai wujud silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Silaturahmi tersebut dapat memberi hikmah yaitu pemerintah dapat langsung melihat kebutuhan masyarakat agar dilakukan perbaikan. 


Selain itu,  Masyarakat juga dapat langsung memberikan masukan kepada pemerintah agar apa yang diberikan pemerintah sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat, dalam kesempatan kali ini Safari dilaksanakan di Masjid Al-Muttaqin Kecamatan Lumbok seminung sekaligus menyerahkan bantuan berupa karpet dan jam digital untuk masjid.

Menurut Parosil "Sinergi antar seluruh unsur dengan menyatukam umat, ulama dan umaro agar pembangunan dapat berjalan lancar dan kerjasama seluruh stakeholder dapat menjaga persatuan dan kesatuan agar kedamaian serta ketenangan dapat terpelihara" jelasnya. 
Diharapkan seluruh umat dapat menjaga toleransi khususnya dalam pesta demokrasi yang akan segera dilaksanakan. Terakhir,  Bupati mengajak seluruh masyarakat agar dapat meningkatkan semangat kerja agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Safari Jum'at kali ini dihadiri oleh Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. Natadjudin Amran,  Assisten bidang Administrasi umum Ir. Noviardi Kuswan, Staff Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesra Ruspan Anwar, SH, Kapolres Lambar AKBP Doni Wahyudi, S.IK, Dandim 0422 Lambar Letkol Adri Nurcahyo, beberapa kepala OPD, Uspika Kecamatan dan masyarakat setempat.(Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad