Bawaslu Dan Satpol PP Lambar Saling Koordinasi Mengawasi APK - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 06 November 2018

Bawaslu Dan Satpol PP Lambar Saling Koordinasi Mengawasi APK



LAMBAR -Menjelang pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten lampung barat (Lambar) telah melalukan pengawasan tahapan kampanye di Kabupaten lambar.

Selain itu,Bawaslu juga sudah melakukan pencegahan sebagai upaya yang dilakukan untuk meminimalisir pelanggaran pada saat penempatan Alat Peraga Kampanye (APK) melalui surat imbauan yang sudah dilayangkan kepada para pimpinan partai politik (parpol) di wilayah kabupaten lambar.

Ketentuan tersebut,menjadi basis Pengawas Pemilu (Panwaslu) melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye oleh peserta pemilu,terkait pemasangan alat peraga baik yang difasilitasi maupun yang tambahan dalam lingkup batasan yang ditentukan oleh KPU sesuai dengan Peraturan Bawaslu tentang Pengawasan Kampanye pemilu bahwa terhadap APK yang di luar yang diatur oleh KPU, Bawaslu berwenang untuk mengatur dan menindak sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan yang berlaku.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten lambar bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan puluhan alat peraga kampanye partai politik dan calon anggota legislatif peserta Pemilu 2019 yang melanggar aturan.

Menurut Ketua Bawaslu Lampung Barat M.Farid Ardiles anggota Bawaslu M.Ishar,mengatakan,  alat peraga kampanye (APK) yang ditertibkan yakni satu baliho, enam spanduk, lima umbul-umbul, 45 bendera, dan delapan rontek.

Pelanggaran didominasi tata cara pemasangan seperti alat peraga kampanye dipaku di pohon, dipasang di tiang yang bukan milik pribadi, dipasang di tempat dilarang seperti tempat ibadah dan tempat pendidikan,serta melanggar SK KPU Kabupaten lampung Barat tentang lokasi pemasangan APK," ujar M.Farid Ardiles Selasa (6/11/2018) yang bertempat di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lampung Barat kecamatan Balik Bukit, kelurahan Way Mengaku.

Ia mengatakan, penertiban APK dilakukan di beberapa kecamatan, Bawaslu Kabupaten lambar masih terus melakukan imbauan secara persuasif kepada peserta pemilu untuk menertibkan sendiri APK yang melanggar untuk dipasang sesuai dengan regulasi sebagaimana diatur," jelas M.Farid Ardiles.

Dengan demikian,bawaslu Lampung Barat melaksanakan Koordinasi dengan Kasat Pol PP beserta jajarannya terkait dengan Ketertiban dan Ketenangan di Pada masa kampanye dan masa tenang dihadiri oleh Ketua Bawaslu Lampung Barat M.Farid Ardiles, Anggota Bawaslu   M. Ishar, Kasat Pol PP Lampung Barat Jaimin serta jajarannya.

Dari hasil koordinasi tersebut ,terkait pelanggaran APK dan Bahan Kampanye maka Bawaslu Lampung Barat akan menyurati Parpol sebelum pelaksanaan penertiban,Bawaslu Lampung Barat dan Satuan Pol PP sepakat untuk terus melakukan koordinasi terkait teknis penertiban APK maupun Bahan Kampanye kedepannya.(Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad