Acara Penerimaan Tenaga Nusantara Sehat Ini Kata Agus Istiqlal - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 16 November 2018

Acara Penerimaan Tenaga Nusantara Sehat Ini Kata Agus Istiqlal


PESIBAR- Fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) adalah penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer,prioritas ini didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. 
Penguatan yankes primer mencakup tiga hal: Fisik (Pembenahan Infrastruktur), Sarana (Pembenahan Fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (Penguatan Tenaga Kesehatan). 

Dengan Penguatan Pelayanan Kesehatan Primer adalah garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif melalui pendidikan kesehatan, konseling serta skrining (Penapisan).


“Kami membuka kesempatan bagi tenaga kesehatan di seluruh Indonesia untuk turut ambil bagian dalam program ini. Mari bergabung bersama kami mewujudkan cita-cita bersama untuk Indonesia yang lebih sehat”.Kesehatan adalah investasi terbaik untuk masa depan bangsa yang lebih cerah.untuk mewujudkannya maka diperlukan penguatan akses pelayanan kesehatan di daerah. 

Kementerian Kesehatan mengajak para generasi muda untuk berperan serta memperkuat kesehatan terutama di daerah terpencil melalui program penempatan tenaga kesehatan yang berbasis tim (Team Based).Program ini merupakan upaya Pendayagunaan secara khusus Tenaga Kesehatan berbasis tim.yang bertugas selama 2 (Dua) tahun.

Dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan,Daerah Bermasalah Kesehatan.

Ini merupakan sebuah upaya peningkatan pelayanan kesehatan mencakup preventif, promotif,dan kuratif dengan melibatkan lima jenis tenaga kesehatan,yang berjumlah 22  orang tenaga kesehatan.yaitu dokter, perawat, bidan, ditambah dukungan dari dua tenaga kesehatan lainnya seperti tenaga kesehatan gizi, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga analis kesehatan/ahli teknologi laboratorium medik, tenaga kefarmasian dan tenaga kesehatan masyarakat yang akan ditempatkan ke pelosok nusantara.

Nusantara Sehat merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh Pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. 

Dengan demikian,ketersediaan tenaga kesehatan yang memadai merupakan salah satu faktor pendukung dalam percepatan pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang baik sebagai salah satu tujuan pembangunan nasional serta dalam upaya mendukung pelayanan jaminan kesehatan nasional.

Oleh karena itu,dengan adanya tenaga nusantara sehat bisa menanggulangi masalah kesehatan di kabupaten pesisir barat khususnya di puskesmas lemong, puskesmas pulau pisang dan puskesmas bengkunat belimbing.

Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.H.Agus Istiqlal, S.H.,M.H .,menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada kementerian kesehatan yang telah menempatkan tenaga khusus kesehatan individu dan Tim, dalam mendukung program Nusantara sehat di kabupaten pesisir barat.

Karena program Nusantara sehat, diyakini mampu meningkatkan jumlah, jenis, sebaran dan mutu tenaga,karena melibatkan berbagai profesi tenaga kesehatan terlatih Alenia Nusantara sehat juga merupakan program kementerian kesehatan yang berfokus pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK),Ucapnya.

Masih kata Bupati, pemerintah kabupaten pesisir barat menaruh harapan kepada tenaga Nusantara sehat yang baru datang agar betul-betul mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab serta mampu membawa perubahan kabupaten pesisir barat kearah yang lebih baik dalam rangka menanggulangi masalah kesehatan.

Acara penerimaan tenaga Nusantara sehat yang bertempat di Or Batu Guhri,Jum,at (16/11/2018) Hadir dalam acara tersebut,kepala pusat perencanaan dan pendayagunaan SDM Kesehatan kementerian kesehatan atau yang mewakili.

Wakil bupati pesisir barat;ketua, wakil ketua dan anggota DPRD kabupaten pesisir barat,unsur forkopimda kabupaten pesisir barat dan kabupaten lampung barat,sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator dilingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat,dan para tenaga khusus individu dan Tim Nusantara sehat (Ir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad