Pentingnya Peran Guru Dalam Pengembangan Minat, Bakat Dan Kreativitas Siswa - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 06 Oktober 2018

Pentingnya Peran Guru Dalam Pengembangan Minat, Bakat Dan Kreativitas Siswa



TANGGAMUS- Untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal bagi anak didik tidaklah mudah sebagaimana yang dipikirkan,akan tetapi perlu adanya berbagai faktor pendukung termasuk peran guru.

Dalam usaha membangkitkan minat serta mengembangkan bakat dan kreativitas anak didik untuk mencapai tujuan pendidikan.

Bakat dan minat serta kreativitas anak didik adalah termasuk salah satu faktor yang sangat penting untuk mendorong keberhasilan pelaksanaan suatu pendidikan.

Bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain,namun hasilnya justru lebih baik,Minat merupakan dorongan atau keinginan dalam diri seseorang pada objek tertentu dan Kreativitas adalah sebagai suatu proses untuk menghasilkan hal yang baru.

Secara teori seperti itulah hal yang harus mampu dikembangkan oleh seorang guru dan disinilah peran guru juga berpungsi selain mengajarkan materi di dalam kelas guru juga harus mampu memberikan ekstrakurikuler kepada siswanya.


Ekstrakurikuler adalah kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas,umumnya di luar jam belajar kurikulum standar,bila faktor ini kurang diperhatikan.

Biasanya membawa akibat kepada murid tidak dapat mencapai tujuan pendidikan secara baik bahkan sering dianggap suatu hambatan bagi seorang guru dalam menyampaikan pelajaran terhadap pendidikan di sekolah.

Dalam usaha mengembangkan bakat dan minat serta kreativitas anak didik perlu adanya serangkaian peraturan pembinaan,latihan dan dorongan bahkan hukuman yang sifatnya sistimatis terjadwal dan berencana agar segala yang dimilik sertiap anak didik dapat menjadi aktual serta berfungsi dengan sebaik-baiknya.

Sesuai dengan peran guru yaitu salah satunya memberikan bimbingan kepada siswanya untuk meneruskan bakat yang disukai.

Membiarkan seorang anak berkembang sendiri,biasanya dapat menyebabkan perkembangannya tidak menjadi sempurna,kemampuan berpikir kritis akan berubah menjadi berpikir ragu-ragu dan berubah menjadi sikap pembosan bahkan acuh terhadap tugas rutin yang diberikan di sekolah.


Sebagai salah satu usaha dalam mengembangkan bakat, minat dan kreativitas anak didik di sekolah, guru perlu untuk melakukan berbagai macam usaha dengan cara penerapan disiplin sekolah, pelatihan keterampilan.

Memberikan motivasi dalam belajar melalui pemberian hadiah dan penghargaan bagi setiap peserta didik yang mempunyai prestasi,berdasarkan suatu kenyataan bahwa bakat,minat dan kreativitas merupakan salah satu faktor yang sangat penting diperhatikan oleh setiap guru dalam mengajar di sekolah, guna untuk mencapai pelaksanaan tujuan pendidikan di sekolah secara baik.

Apabila faktor ini diabaikan begitu saja, biasanya akan membawa pengaruh sulitnya untuk mencapai hasil pelaksanaan,sebagai dasar, tujuan, dan pedomannya.Untuk merealisasikan hal tersebut, terutama dalam dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, pemerintah sudah melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan salah satu adalah di dalam sektor pendidikan.

Dalam mengikuti kemajuan perkembangan pendidikan, pemerintah telah berusaha memberikan petunjuk dan penyuluhan kepada para guru sejak dari jenjang pendidikan keluarga maupun sekolah dan masyarakat harus dapat memperhatikan bakat agar setiap anak didik dapat mencapai tujuan pendidikan yang optimal.

Sabtu (6/10/2018) kegiatan"Parade Nusantara"Mengangkat Tradisi kearifan lokal Gelar Sendratari Tiga Provinsi yang bertempat di Rest Area Taman Gisting.


Hadir Dalam Acara kegiatan tersebut , Asisten III Bidang Administrasi.Kabupaten Tanggamus Drs. H.Firman Gani, Kepala dinas kebudayaan Kabupaten Tanggamus H. Gadung Hartadi ,Reihan Sekcam Kecamatan Gisting.

Para kepala OPD Se-kabupaten ,Tanggamus,Camat dan Uspika Kecamatan Gisting,Para kepala SPLB se-kabupaten Tanggamus,Kepala sekolah se-kecamatan . Gisting dan diikuti 339 siswa SD.SMP.MTS.SMA dan SMK se-kecamatan Gisting.

Ketua panitia H.Gandung Hartadi kepala dinas kebudayaan kabupaten tanggamus,mengatakan,dari dana kegiatan ini berasal dari APBN kabupaten Tanggamus Tahun 2018.

Kegiatan ini untuk mengembangkan bakat apresiasi orisinalitas Bagi kalangan siswa agar generasi kedepan dalam hal ini dinas pendidikan dalam mempertahankan seni batik menumbuhkembangkan minat bagi seluruh generasi muda melalui lintas pendidikan di dalam berkreasi mengembangkan budaya daerah yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Pelaksanaan lomba-lomba ini dilaksanakanSabtu ( 6/10/2018) yang bertempat di rest area gisting diikuti oleh perwakilan 20 Kecamatan kurang lebih 339 yang terdiri dari dinas pendidikan SD SMP MTS SMA dan SMK.


Masih kata Ketua ,Kesempatan ini Tentunya banyak hal yang harus kita ambil hikmahnya karena kebudayaan di saat ini bukan hanya merupakan bagian dari pada pendidikan saja.

Para undangan yang hadir disini adalah semua tokoh-tokoh pendidikan kita memahami kebudayaan itu adalah membudayakan pola pikir di dalam proses belajar mengajar akan tetapi sekarang dengan adanya undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan kita lebih besar bertanggung jawab.

Sesuai undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan salah satunya adalah mengangkat bahwa batik merupakan kebanggaan nasional dan menjadi warisan budaya yang telah kita rasakan kemudian bapak-ibu sebagai bahan kita di dalam kegiatan parade Nusantara ini sebenarnya dimulai sejak tanggal 1 Agustus 2018.

Yang selalu diawali dengan pawai budaya dilanjutkan dengan festival dan dilanjutkan dengan desain batik hari ini dan pergelaran Seni gerak tari 3 Provinsi kebudayaan punya mimpi bahwa kegiatan ini adalah sambung-menyambung dari tingkat nasional Kabupaten Tanggamus tidak pernah tidur di dalam kegiatan nasional seperti yang diselenggarakan tahun tahun yang lalu.


Dinas Kebudayaan ikut menjaga nama baik dan prestasi di tingkat nasional yaitu di nusantara Expo pada tahun yang lalu kemudian kemarin juga kita mengikuti Batam bersama-sama dengan Bappeda dan dinas pariwisata.

Alhamdulillah pada tahun 2018 ini kita juga mendapatkan juara terbaik di Batam bersama semangat Kabupaten Tanggamus dan kemarin terakhir ada di Jakarta tepatnya adalah Tangerang Selatan Kita mengikuti semua kegiatan yang setiap tahun kita ikuti dan ternyata Tanggamus luar biasa pada saat itu kalau kabupaten kemarin bisa dibilang adalah yang paling megah pada saat itu.

Dalam kesempatan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan yaitu Melawai,melawai merupakan bagian daripada tanggung jawab Dinas Kebudayaan dalam mengangkat kembali tradisi tradisi daerah Lampung pesisir Kabupaten Tanggamus yang sudah punah.

Yaitu tentang gotong royong dan Saya yakin Kabupaten Tanggamus ke depan tidak akan mudah mencapai tujuan Tanpa kegotongroyongan kita maka yang sudah punah dalam tradisi Lampung pesisir Tanggamus salah satunya adalah Melawai kita angkat kembali Melawai yang ada di masyarakat Tanggamus.

Dalam mencari ikan baik itu di Muara Maupun di laut dalam rangka persiapanmasyarakatnya dan dilanjutkan dari Melawai itu ada kegiatan Istighosah dan dilanjutkan dengan kedua yaitu arak-arakan dari 17 marga yang ada di Kabupaten Tanggamus para hadirin mari kita sama sama menyesuaikan yang akan dilaksanakan kegiatan nanti bertempat di muara indah dan taman kota kota agung pada tanggal 9 Oktober 2018 ini dan kita akan merasa bangga apa bila kegiatan ini dapat di lestarikan di kemudian hari.

Lanjut Asisten III Bidang Administrasi Kabupaten Tanggamus Drs. H. Firman Gani menyampaikan kepada kepala dinas Kebudayaan Kabupaten Tanggamus yang telah berperan aktif turut serta membangun dalam mencerdaskan komunitas seni se Kabupaten Tanggamus.

Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pelaku seni kriya desain batik dalam kegiatan yang dapat memberikan apresiasi seni melalui karya desain batik dan sendratari 3 provinsi ke depan saya berharap kegiatan ini dapat berkesan dapat mengangkat budaya Kabupaten Tanggamus.

Baik di tingkat regional nasional dan internasional kegiatan yang kita laksanakan ini selain untuk sarana hiburan juga sebagai sarana untuk mencintai seni dan budaya daerah kita masing-masing tentunya secara tidak langsung akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Tanggamus Karna Salah satu tujuan Pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Tanggamus selain pembangunan di bidang fisik kita juga akan sumber daya manusia.

Melestarikan budaya bertujuan agar budaya kita tidak tergeser dengan budaya negara lain dan kelak anak cucu kita akan tetap menikmati hasil Cipta Rasa dan Karsa pendahulunya dan sebagai bagian dari generasi muda karena kita semua juga harus ikut melestarikan kebudayaan negeri kita tersebut kita membutuhkan sumber daya manusia yang handal di bidang nya Maka sebagai langkah awal saya mengajak Kita semua  dalam sendratari 3 Provinsi ini.

Sebaik baiknya harapan saya selalu Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Kegiatan ini dapat memenuhi harapan sebagai wadah seni untuk mampu lebih maju dan mampu bersaing dalam prestasi.(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad