Mantap Lampung Barat Raih Juara Kontes Kopi Tingkat Nasional - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 19 Oktober 2018

Mantap Lampung Barat Raih Juara Kontes Kopi Tingkat Nasional



LAMBAR- Guna mendorong dan mengembangkan kopi-kopi spesial asli kabupaten lampung Barat,AEKI atau Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia kembali mengadakan event berjudul 'The Best Indonesian Coffee'di Filosofi Kopi.

Kabupaten Lampung Barat,memiliki Misi untuk meningkatkan produksi serta kualitas kopi lambar di mata pasar internasional.

Kita ingin petani kita dapat meningkat kesejahteraannya dengan cara meningkatkan kualitas serta daya saing sumber daya manusianya dalam produksi kopi, Kopi Special diolah dengan cara khusus,mulai dari pengolahan perkebunan hingga menjadi biji mentah. Salah satu cara yang paling kenal dari proses pembuatan Specialty Coffee adalah “Petik Merah”.


Pengertian dari petik merah adalah sebuah metode pencabutan buah kopi dari pohon dengan cara dipetik satu persatu yang hanya dipilih dari buah kopi yang sudah matang Hal ini kemudian membuat biji kopi yang dihasilkan dari buah merah ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) memeriahkan Kontes Kopi Specialty Indonesia (KKSI) ke-10,KKSI telah dilaksanakan sejak tahun 2008 oleh Pranoto Soenarto selaku Vice Chairman AEKI.

Kali ini pelaksanaannya bersamaan dengan acara International Coffee Conference on Climate Change and Soil Degradation (IC4SD) di di Kampung Jago, Filosopi Kopi,Sleman Yogyakarta.Kita harapkan dengan KKSI maka kualitas kopi kabupaten lampung Barat akan semakin meningkat.


Dalam Kontes tersebut,Kopi Spesialti Indonesia yang ke-10 dilaksanakan pada 17-19 Oktober 2018 di Kampung Jago,Filosopi Kopi,  Sleman Yogyakarta.telah diadakan sejak tahun 2008.

Oleh Pranoto Soenarto selaku Vice Chairman Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI). Setiap tahun Pranoto berasama ahli kopi lainnya mencicipi kopi-kopi terbaik khas Indonesia dan setiap juri menilai kualitas kopi tanpa mengetahui dari mana kopi tersebut berasal dan akan diumumkan di akhir acara.

Dari perlombaan tersebut Alhamdullah putra daerah kabupaten lampung barat atas nama Jamaludin yang berasal dari Talang Panjang, Kecamatan Gedung Surian kabupaten lampung Barat (lambar).


Membuktikan produk unggulan dan bersaing dengan 190 kontestan lain yang berasal dari seluruh Indonesia,ia memperoleh Juara ke III dalam kontes tersebut, Kopi yang di suguhkan untuk para juri merupakan Kopi Robusta Liwa varietas Tugu Sari Honey Proses yang memperoleh nilai score cupping 88,38 sebagai kopi spesialty Indonesia.

Dalam Kemenangan Jamaludin diharapkan dapat memacu semangat para petani Kopi di Lampung Barat agar tetap meningkatkan kualitas serta daya saing Kopi Robusta agar dapat mempertahankan cita rasa yang dihasilkan kopi tersebut.

Karena dengan kualitas kopi yang unggul maka akan meningkatkan harga jual kopi sehingga membantu perekonomian para petani,  dan kembali lagi ke slogan Kabupaten Lampung Barat " Indonesia Negeriku, Lampung Barat Kopiku". (Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad