Konservasi Dan Bersih Bersih Wisata Air Terjun Waylalaan - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 18 Oktober 2018

Konservasi Dan Bersih Bersih Wisata Air Terjun Waylalaan



Editorlambar.Com- Taman Wisata Alam merupakan suatu kawasan hutan yang memiliki potensi sumberdaya lannkap dan potensi wisata yang baik, seperti,keragaman topografi, hidrologi,flora dan fauna, pemandangan alam serta aksesibilitas yang mudah,Saat wisata Air Terjun Way Lalan pekon Kanpung Baru Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus secara optimal.

Sehingga perlu pemanfaatan sumberdaya dan ruang yang ada. Pengembangan zonasi pemanfaatan wisata dibuat berdasarkan hasil analisis kesesuaian potensi  biofisik lahan dan potensi obyek dan atraksi wisata alam yang ada pekon Kanpung Baru Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus,penataan lanskapnya mengacu pada konsep dasar taman wisata alam.

Sebagai suatu kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk tujuan pariwisata alam (wisata alam) dan disesuaikan dengan kondisi biofisik kawasan dan keragaman obyek dan atraksi wisata alam. Zona yang dapat dikembangkan ialah zona intensif, zona semi  intensif dan zona ekstensif. Ruang yang dapat dikembangkan ialah ruang penerimaan dan pelayanan, ruang wisata inti, ruang wisata penunjang dan ruang konservasi. 


Oleh karena itu, agar potensi sumberdaya alam ini dapat tetap terjaga dan terlindungi maka diperlukan perencanaan yang baik terhadap langkap tersebut melalui suatu upaya penataan yang tepat maupun penyusunan program-program pengembangannya yang sesuai .

Pada  Kamis (18/10/2018)di wisata Air Terjun Way Lalan pekon Kanpung Baru Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten Tanggamus,telah dilaksanakan kegiatan Konservasi dan Bersih Sungai Waylalaan.

Hadir dalam kegiatan tersebut,Hj. Dewi Handajani SE. MM.,Bupati Tanggamus, Mayor Inf Suhada Erwin Kasdim 0424/Tanggamus/Mewakili Dandim, Drs. Hamid Heriansyah Lubis Plh. Sekda Kabupaten. Tanggamus, Ir. Joko Santoso Anggota DPRD Prov. Lampung, Hj. 
Retno Noviana Damayanti SE. Kadis Pariwisata KabupatenTanggamus, SyamdJuniston Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Tanggamus, Manaf CSR. PT. Tirta Investama Tanggamus, Kapten Inf Juliani Abri Danramil 424-03/Kta,Ipda Dahlan Polres Tanggamus, Abdul Gofur Ketua Pokdarwis Airnaningan, Ketua Pokdarwis Waylalaan, 25 orang Anggota jajaran Kodim 0424 /Tanggamus dan diikuti sekitar 100 orang  masyarakat Tanggamus. 


Buapti Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE. MM.menyampaikan, sanagat mengapresiasi kegiatan ini kususnya pada Dinas pariwisata Kabupaten Tanggamus yang telah menyelenggarakan kaegiatan ini, untuk melestarikan destinasi wisata yang ada dikabupatenTanggamus, harapannya kegiatan ini menjadi motivasi kepada kita semua OPD yang ada di Kabupaten Tanggamus mari kita sama sama membangun.

Kedepan program- program provinsi yang ada di Kabupaten Tanggamus semoga akan segera direalisasikan dan dimaksimalkan dalam sinergitas pembangunan hal ini sesuai dengan slogan  Ratu ( Ramah,  Amanah,  Tangguh, Unggul )penekanan saya kepada semua pihak agar dapat bekerja sama dan partisipasi dalam menjaga dan melestarikan wisata yang ada.

Sehingga destinasi wisata yang ada aman, nyaman dan unggul hal ini mudah mudahan dapat mengdongkrak wisatawan baik dari dalam maupun luar provinsi Lampung,  kepada semua OPD yang ada dikabupaten tanggamus ,bupati  tidak ingin kegiatan kegiatan yang ada diborogram masing Dinas hanya copy paste dari program progeam sebelumnya.


Ia berharap setiap program yang dibuat oleh dinas harus menjadi pembeda dari program yang lainnya sehingga program program unggulan yang menjadi khas unggulan dari kabupaten Tanggamus, kepada insan pers dan wartawan mari kita buat berita positif tentang destinasi wisata yang ada di kabupaten Tanggamus,karena peran Pers,Medialah yang dapat mengeksplor destinasi wisata Kabupaten Tanggamus sehingga dapat menarik wisatawan baik nasional bahkan sampai manca Negara,Ucapnya. 

Acara dilanjutkan penanaman Pohon secara Simbolis oleh Ibu Hj. Dewi Handajani SE. MM.,Bupati Tanggamus beserta rombongan.

Plh.  Sekda Kabupaten Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis,menambahkan dalam interaktif mentampaikan Dinas pariwisata agar bekerja sama dengan steakholder yang ada agar kedepan kalau ada kegiatan ceremonial maupun expo harus ada manfaat bagi masyarakat Tanggamus.

Sebagai contoh pada kegiatan expo jangan hanya ceremoni pembukaan dan penutupan saja sehingga setiap selesai kegiatan tidak hanya pengumuman stand pemenang saja,akan tetapi ada hasil dari kerjasama dengan mikro UKM dengan toko toko seperti Indomaret dan alfamaret atau mini market dan swalayan yang ada di Provinsi Lampung. 

Dilanjutkan diskusi Interaktif Destinasi Wisata Kabupaten Tanggamus bersama Pengelola Pokdarwis Waylalaan dan Pokdarwis Air Naningan bersama Bupati beserta Rombongan dan Bersih Bersih Sungai Air terjun Way Lalaan,Destinasi Wisata Air Terjun Waylalaan ini sangat bagus akan tetapi tingkat pengelolaannya yang belum maksimal serta  keamanan dam kenyaman bagi pengunjung yang kurang memadai sehingga kurang diminati oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar Provinsi Lampung.(Tim)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad