Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Polres Lambar - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 30 September 2018

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Polres Lambar



LAMBAR- Sebagai dasar negara Republik Indonesia, Pancasila mengandung makna yang sangat penting bagi perjalanan kemerdekaan negeri ini.

Mengandung 5 sila dasar negara di antaranya, Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.


Kelima sila dasar negara tersebut, menjadi pedoman seluruh rakyat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Namun, seiring dengan arus modernisasi yang terus melekat dalam kehidupan masyarakat, semangat dan nilai-nilai Pancasila rasanya sudah mulai hilang dari peredaran, khususnya bagi generasi pemuda saat ini.


Belum lagi, pengaruh kekuatan global yang kian merasuk, sehingga generasi penerus bangsa harus mampu membentengi diri agar tidak mudah terpengaruh.

Momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober menjadi salah satu saat yang tepat bagi generasi pemuda, untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila.


Nilai-nilai itulah yang kemudian kita maknai sebagai sumber kekuatan dan energi untuk membangun kembali jati diri bangsa ini dengan melakukan perubahan yang lebih baik. Lalu, bagaimana ikhtiar dan usaha untuk melakukannya.

Polres lamabr menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di halaman apel Mapolres  pada Senin (01/10/2018) pukul 08.00 wib dengan tema”Terapkan Pancasila dalam kehidupan kita”. Dalam pelaksanaan upacara peringatan hari kesaktian Pancasila,Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur’.  


Pemperingati hari Kesaktian Pancasila ini bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakapolres Lampung Barat Kompol,Reza,SH.MH. dan bertindak sebagai perwira upacara Kasat Sabhara Iptu Mulyadi, bertindak.

Sebagai komandan upacara KBO Narkoba Ipda Jamalion dan di hadiri Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasi, kanit dan seluruh anggota Polres Lampung Barat berikut PNS Polri.

“Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 01 Oktober, harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu sendiri.Hal ini penting khususnya bagi generasi muda bangsa sekarang,” ungkap Wakapolres Lambar


Upacara yang diisi dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan terutama pahlawan revolusi yang gugur dalam membela kemuliaan Pancasila sebagai dasar Negara RI.

Dalam kesempatan itu Waka Polres Lambar menyampaikan amanat Kapolres Lampung Barat mengatakan, kita semua telah membaca sejarah, bahwasannya partai komunis mengadakan pemberontakan untuk memporakporandakan negara indonesia yang berdasarkan pancasila, tepatnya 30 september 1965. memang partai komunis indonesia mempunyai tujuan ingin mengganti ideologi negara pancasila dengan ideologi komunis,”ucap Waka. 


Tapi kita hendaknya bersyukur kepada allah swt, karena rahmat-nya yang maha kuasa telah diberikan bangsa indonesia,

Sehingga dengan rasa persatuan dan kesatuan ABRI dan POLRI bersama masyarakat yang setia kepada pancasila, maka rencana yang jahat yakni PKI bisa dihancurkan dengan waktu yang singkat dibawa pimpinan bapak soeharto,”terang waka.


Dengan demikian geromobolan PKI serta antek-anteknya hancur di tanah tercinta berkat kesiapan dan kebersatuan bangsa indonesia. bahkan sampai sekarang jangan sampai faham-faham komunis tumbuh di negara indonesia tercinta. 

Maka kami yakin negara akan menjadi tentram dan sejahtera. sebenarnya selain yang kami sebutkan diatas ada banyak lagi nilai positif yang dapat kita petik dari pancasila dan dari sejarah hari kesaktian pancasila ini. mari kita terapkan pancasila, cintai bangsa indonesia, bahasa dan budaya indonesia agar negara indonesia kita dapat menjadi aman, damai, tentramdan sejahtera,” jelas Waka.(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad