Tim GLD Lambar Dikukuhkan - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 30 September 2018

Tim GLD Lambar Dikukuhkan



LAMBAR-Saat ini gerakan Literasi mulai ditingkatkan kepada seluruh lapisan masyarakat karena merupakan hak setiap orang untuk belajar sepanjang hayat.Dengan meningkatkan kemampuan literasi masing-masing individu diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup baik itu secara individu, keluarga maupun dalam masyarakat.

Secara luas,sifat litersi yang memiliki “Multiple Effect” dapat membantu pembangunan berkelanjutan,seperti memberantas kemiskinan, mengurangi angka kematian, pertumbuhan penduduk, dan lain sebagainya.

Literasi secara umum adalah kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis,Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis,oleh karena itu,literasi tidak terlepas dari ketrampilan bahasa yaitu pengetahuan bahasa tulis dan lisan yang memerlukan serangkaian kemampuan kognitif, pengetahuan tentang genre dan kultural.


Meskipun literasi merupakan sebuah konsep yang memiliki makna kompleksdinamis terus ditafsirkan dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang,namun hakekatnya kemampuan baca tulis seseorang merupakan dasar utama bagi pengembangan makna literasi secara lebih luas.

Saat ini, penggunaan istilah Literasi mulai digunakan dalam arti yang lebih luas, namun tetap merujuk kepada kompetensi atau kemampuan dasar literasi yaitu kemampuan membaca dan menulis. Beberapa istilah yang ada seperti Literasi Informasi, literasi komputer, literasi sains dan lain sebagainya.

Hal yang terpenting dari literasi adalah seseorang harus bebas buta aksara atau melek huruf (bisa baca-tulis) agar mampu memahami semua konsep fungsionalnya. Seseorang dikatakan memiliki kemampuan literasi apabila telah memperoleh kemampuan dasar ketrampilan bahasa yaitu membaca dan menulis.Salah satu langkah untuk memperoleh kemampuan literasi adalah melalui pendidikan.

Pendidikan dan kemampuan literasi adalah dua hal yang sangat penting dalam hidup kita.Kemajuan suatu negara secara langsung tergantung pada tingkat melek huruf di negara tersebut. Oleh karena itulah, orang berpendidikan diharapkan untuk melakukan tugasnya dengan baik.

GLD,Kabupaten Lampung Barat telah terbentuk bahkan telah dikukuhkan oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus bersamaan dengan pencanangan Pekon Literasi dan peresmian Perpustakaan Pekon di pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong.

Sekretaris Tim Gerakan Literasi Daerah Kabupaten Lambar, Drs. Sandarsyah mendampingi Ketua Tim GLD setempat Partinia, S.Pd.mengatakan,Tim ini terbentuk merupakan  perwujudan dari amanah Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 19 Tahun 2018 tentang Gerakan Literasi Daerah (GLD) yaitu dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan GLD, Pemerintah Daerah hendaknya  membentuk Tim GLD yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati,pada 2 Mei2018 yang bertempat di GOR Aji Saka  Kawasan Sekuting Terpadu Liwa.

Masih kata Sandarsyah,tujuan dari Gerakan Literasi Daerah Kabupaten Lambar adalah untuk menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Kegiatan Gerakan Literasi Daerah Kabupaten Lampung Barat didasari tiga perinsip yaitu, Berkesinambungan,Terintegrasi dan Melibatkan semua pemangku kepentingan.dalam mencapai tujuannya Tim GLD Kabupaten Lambar mempunyai Visi yaitu “Membudayakan Membaca Dan Mengembangkan Tulis-Menulis”.

Untuk melaksanakan Visi tersebut telah ditetapkan dua Misi yaitu Pembudayaan Membaca dan Mengembangkan Tulis Menulis,kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Pelayanan Perpustakaan dan Pelayanan Tulis Menulis.

Sedangkan Tim Penggerak yang telah dikukuhkan oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus adalah Partinia, S.Pd (Ketua), Reafrida Yeni, S.Pd (Wakil Ketua I), dan Yusmalasari, S.Si (Wakil Ketua II).
Drs. Sandarsyah (Sekretaris), Drs. Akmal Hakim (Wakil Sekretaris I),Dona Sorenty Moza (Wakil Sekretaris II), dan  Lindawati, S.IP (Bendahara).

Untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Literasi Daerah akan dilakukan oleh enam Bidang yang dikoordinatori oleh Eva Oktarina, S.Pd ( Bidang Pelembagaan dan Pembudayaan), Ervan Wijaya (Bidang Penelitian dan Pengembangan).

Duta Suhanda (Bidang Komunikasi dan Informasi),Drs.Junaidi Jamsari (Bidang Organisasi, Keanggotaan,dan Kemitraan), Nurhadi Sarwo Susilo ( Bidang Pelayanan Perpustakaan), dan A. Suryadi, S.Pd (Bidang Pelayanan Tulis-Menulis), pungkas Sandarsyah. (Editorlambar-Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad