Program Nusantara Sehat Ini Kata Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 28 September 2018

Program Nusantara Sehat Ini Kata Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir



LAMBAR-Kesehatan merupakan investasi yang mendukung pembangunan nasional untuk itu  pemerataan akses kesehatan melalui ketersediaan fasilitas pelayanan dan tenaga kesehatan.

Yang memadai harus terus diupayakan,guna menjawab tantangan tersebut maka Kementerian Kesehatan menyelenggarakan program “Nusantara Sehat”

program “Nusantara Sehat” bertujuan memperkuat pelayanan kesehatan primer untuk mewujudkan Indonesia Sehat melalui peningkatan jumlah,sebaran, komposisi, dan mutu tenaga kesehatan.

Program Nusantara Sehat melibatkan sejumlah tenaga kesehatan seperti dokter, bidan, perawat, tenaga kefarmasian, tenaga kesehatan lingkungan, analis kesehatan, dan tenaga kesehatan masyarakat di dalam satu tim kerja.

Dengan mengirim tenaga kesehatan secara tim maka pelayanan kesehatan bisa lebih optimal karena menggunakan pendekatan yang terintegrasi bukan sekedar kuratif seperti yang selama ini telah dilakukan selama ini namun juga mengedepankan aspek preventif dan promotif.


Hal ini diperlukan untuk mengamankan kesehatan masyarakat dan daerah yang paling membutuhkan sesuai dengan visi dan misi.

Yang tertuang dalam Nawa Cita,Tidak semua tenaga kesehatan yang mendaftar bisa langsung dikirim karena ada proses seleksi terlebih dahulu.

Untuk melihat kesiapan baik secara fisik maupun mental mengingat masa tugas yang akan mereka jalani,bagi tenaga kesehatan yang lolos seleksi akan mendapatkan pembekalan berupa keahlian medis dan non-medis.

Yang mencakup pelatihan kepemimpinan, manajerial, dan komunikasi, serta pemahaman terhadap budaya-budaya lokal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lambar Akmal Abdul Nasir menyambut Tim Nusantara Sehat angkatan 10 Kabupaten Lampung Barat 2018 yang di dampingi oleh Perwakilan Tim Pemdamping Tenaga Kesehatan Nusantara,Amir Su'udi S.KM, M. Kes, Jum'at (28/9/2018) di Ruang rapat Kagungan pemkab Lambar. 


Dalam acara tersebut hadir  tim pendamping tenaga kesehatan nusantara Amir Suudi,S.Km,M. Kes dan tim nusantara sehat yang berjumlah 17 orang dari berbagai daerah di nusantara,camat,serta Kepala Puskesmas.

Tim nusantara sehat ini dibagi di 3 puskesmas yaitu Puskesmas Pagar Dewa sebanyak 5 orang dengan jenis tenaga perawat,bidan, gizi, kesehatan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Puskesmas Bandar Negeri Suoh sebanyak 6 orang dengan jenis tenaga farmasi,bidan,kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat dan ahli teknologi laboratorium medik.

Puskesmas Srimulyo sebanyak 6 orang dengan jenis tenaga perawat, apoteker, kesehatan masyarakat,ahli teknologi laboratorium medik, gizi, dan kesehatan lingkungan.
tim nusantara sehat ini ditugaskan di tempat tersebut selama 2 tahun.

Masih kata sekdakab lambar akmal abdul nasir menyampaikan selamat datang kepada tim nusantara sehat angkatan 10 di kabupaten lambar tahun 2018 dengan Harapan adanya program nusantara sehat.

Dapat memberikan sumbangsih terhadap layanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Lampung Barat dan akan memberikan semacam pencerahan bagi masyarakat di  dan pekon srimulyo  dan lampung barat umumnya mengenai pelayanan kesehatan", imbuhnya. 

Berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2018 tentang penugasan khusus tenaga kesehatan dalam mendukung program nusantara sehat.

Sehingga tujuan dari program nusantara sehat adalah untuk menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan.

Menangani masalah kesehatan sesuai kebutuhan daerah, meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas, memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan,meningkatkan dan melakukan pemerataan pelayanan.

"Kepada camat untuk membantu kepala puskesmas agar dapat saling tolong menolong kepada masyarakatnya.  Kepada tim yang turun kelapangan agar di lengkapin indetitasnya karena mereka belum mengetahui daerah tersebut" tutupnya (Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad