Peran TNI dan Komponen Lainnya dalam Bela Negara Guna Mengawal Keutuhan NKRI - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 06 September 2018

Peran TNI dan Komponen Lainnya dalam Bela Negara Guna Mengawal Keutuhan NKRI



PESIBAR-Negara mempunyai sifat-sifat khusus yang merupakan manifestasi dari kedaulatan yang dimilikinya dan yang hanya terdapat pada negara saja serta tidak terdapat pada asosiasi atau organisasi lainnya.

Demikian pula dengan warga negara Indonesia semua terikat dalam komunitas dan organisasi bernama NKRI,sebagai bagian dari komunitas asosiasi negara, warga negara dituntut memiliki loyalitas terhadap negaranya.

Secara lebih jauh,hubungan negara dan warga negara terjelma secara lebih jelas dalam koridor adanya hak dan kewajiban.NKRI,seperti juga negara-negara lainnya di jagad raya ini, memiliki kewajiban terhadap warga negaranya.

Kewajiban negara terhadap warga negara adalah memberikan kesejahteraan hidup maupun keamanan lahir batin,Negara harus dapat menjamin hak-hak mendasar dan harkat martabat yang dimiliki warga negara sebagai manusia.


Secara legal formal, kewajiban negara terhadap warga negara Indonesia tercantum dalam pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 meliputi mewujudkan cita-cita dan tujuan negara.

Sebaliknya negara juga berhak atas konsesi tertentu dari warganya dalam wujud loyalitas terhadap negara. Telah diatur di dalam UUD 1945.

Adanya hak serta kewajiban warga negara dalam sistem ketatanegaraan. Dari perspektif tertentu, hak dan kewajiban warga negara yang diterakan dalam UUD 1945 tersebut dapat pula dilihat sebagai kewajiban yang harus dipenuhi negara terhadap warganya.

Rapat Koordinasi Antisipasi Bencana Alam dan Persiapan Pengamanan Pilperatin 2018, di 4 Kecamatan Wilayah Hukum Polsek Pesisir Tengah, dengan Tema "TNI - Polri menjadi Penjuru di Bidang Pertahanan dan Keamanan - Penegak Hukum di NKRI “.

Oleh Polsek Pesisir Tengah dan Koramil 03 Pesisir Tengah,Kamis (6/9/2018) yang bertempat di Aula Rumah Makan Ceria Laay Pekon Laay Kecamatan Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).


Hadir dalam Rapat Koordinasi Antisipasi Bencana Alam dan Persiapan Pengamanan Pilperatin 2018, di 4 Kecamatan Wilayah Hukum Polsek Pesisir Tengah.

Dengan Tema "TNI - Polri menjadi Penjuru di Bidang Pertahanan dan Keamanan - Penegak Hukum di NKRI “ Tersebut,Kapolsek Pesisir Tengah Kompol. M. Daud, SH.,Danramil 0422-03 Pesisir Tengah Kap. Arm. Sahabudin.

Kementrian PU Pengawas Jalinbar  Polman, 4 Camat Pesisir Tengah,Ketua Apdesi Pesisir Barat,Para Peratin dari 4 Kecamatan Wilayah  Pesisir Tengah,Para Babhinkamtibmas  - Babhinsa Wilayah Koramil 03 Pesisir Tengah.

Ketua Apdesi Pesisir Barat mengatakan ,dalam kehidupan ketatanegaraan kita, peran TNI dalam bela negara telah jelas yaitu sebagai alat pertahanan negara di bidang pertahanan. 

Dalam peran sebagai alat pertahanan negara tersebut, TNI menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara kebijakan politik negara yang dimaksud adalah kebijakan dan keputusan politik pemerintah bersama-sama Dewan Perwakilan Rakyat.

Yang dirumuskan melalui mekanisme hubungan kerja antara pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat. Dalam hal ini,TNI mengikuti politik negara yang mengutamakan prinsip demokrasi, supremasi sipil,HAM, ketentuan hukum nasional, dan juga hukum internasional yang sudah diratifikasi.

Masih kata ketua Apdesi menambahkan,Kami mendukung Kapolsek Pesisir Tengah dan Danramil Pesisir Tengah dalam rangka Mepertahankan dan menjaga Kamtibmas serta Penegakkan Hukum di NKRI Khususnya di Kabupaten Pesisir Barat.

Serta akan mendukung kegiatan Antisipasi bencana alam bahkan untuk kegiatan seterusnya dan seperti yang disampaikan oleh Kapolsek Pesisir Tengah dan Danramil Pesisir Tengah.

Untuk kegiatan Antisipasi Bencana Alam bukan hannya sekedar Seremonial saja bahkan harus di Dril dan disimulasikan oleh Masyarakat di Pekon dan Kecamatan.

Sehingga sewaktu waktu terjadi Bencana Alam, Masyarakat dapat mengetahui rute jalan titik kumpulan penyelamatan.(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad