Penyusunan Jadwal Retensi Arsip Ini Kata Stap Ahli Bupati Lambar - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 17 September 2018

Penyusunan Jadwal Retensi Arsip Ini Kata Stap Ahli Bupati Lambar



LAMBAR- Jadwal Retensi Arsip (JRA) adalah daftar yang berisi sekurang-kurangnya jangka waktu penyimpanan atau retensi, jenis arsip,dan keterangan yang berisi rekomendasi.

Tentang penetapan suatu jenis arsip dimusnahkan,dinilai kembali, atau dipermanenkan yang dipergunakan sebagai pedoman penyusutan dan penyelamatan arsip.

Berdasarkan undang-undang  tersebut, JRA wajib dimiliki oleh Pemerintah Daerah, dan ditetapkan oleh pimpinan pemerintah daerah, dalam hal ini adalah Bupati.

Pemerintah Kabupaten lambar sebelumnya telah memiliki Pedoman Jadwal Retensi Arsip yaitu Peraturan Bupati lambar tentang Jadwal Retensi Arsip.


Maka perlu dilakukan revisi terhadap Peraturan Bupati ,telah disusun Pedoman Jadwal Retensi Arsip untuk Urusan Peternakan, Perikanan dan Kelautan,Perhubungan dan Penanaman Modal yang ditetapkan dengan Peraturan Bupati lambar.

Rencananya akan disusun pedoman retensi arsip untuk urusan pemerintahan daerah antara lain pertanian,kehutanan, perindustrian,perdagangan,lingkungan hidup,kearsipan, perpustakaan, koperasi dan usaha kecil menengah, keuangan dan kepegawaian. 

Artinya JRA adalah daftar yang berisi tentang jangka waktu penyimpanan arsip yang dipergunakan sebagai pedoman penyusutan Arsip,penentuan jangka waktu penyimpanan arsip ( Retensi Arsip ) ditentukan atas dasar nilai guna tiap-tiap berkas.

Hal ini disampaikan oleh ketua pelaksana sekaligus Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kegiatan Drs. Sandarsyah mendampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat Drs. Saripan Halim, MM.kepada Editorlambar.Com .

Senen (17/9/2018).Output yang diharapkan dari kegiatan workshop ini adalah tersususunnya JRA substantif masing-masing OPD yang nantinya akan menjadi Peraturan Bupati setelah melalui persetujuan dari Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (17 – 19 September) digelar di Hotel Ono Kelurahan Way Mengaku, kata Ketua Pelaksana Kegiatan Drs. Sandarsyah mendampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat Drs. Saripan Halim, MM.

Kegiatan ini dibuka lansung oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Ruspan Anwar diikuti oleh empat puluh sembilan peserta yang berasal dari Dinas,Badan,Kantor,Bagian Sekretariat Kabupaten, Kecamatan, dan Kelurahan yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

Staf Ahli Bupati Lampung Barat Ruspan Anwar berpesan kepada peserta pelatihan, bahwa pengelola arsip hendaknya selalu berpikir positif. Artinya dalam kegiatan pengelolaan arsip untuk selalu tertib dan berpedoman dengan  aturan yang ada. Masalah Administrasi dan Pengelolaan Kearsipan merupakan suatu hal yang penting dan sangat menentukan serta menjadi tolok ukur kinerja dari Pemerintahan Kabupaten Lampung Barat.

Dengan diadakan kegiatan ini akan terciptanya administrasi pengelolaan arsip dan mekanisme kerja yang baik, oleh karena itu diperlukan keseriusan para peserta untuk mengikuti pelatihan ini.

Selanjutnya dalam laporannya Ketua Panitia mengatakan bahwa maksud dan tujuan penyelenggaraan pelatihan ini adalah untuk memberikan bekal pengetahuan kepada peserta pelatihan bagaimana melakukan penyusunan jadwal retensi arsip Lalu untuk meningkatkan sumberdaya manusia  dalam pengolahan arsip. Terakhir  memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pengolahan arsip.

Narasumber pelatihan ini berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Lampung, dengan tiga materi inti yaitu Pengantar Kearsipan, Pemberkasan Arsip, dan Penyusunan Jadwal Retensi Arsip (JRA).(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad