Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Ini Kata Wakil Bupati Lambar - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 17 September 2018

Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Ini Kata Wakil Bupati Lambar



LAMBAR- Pola konsumsi pangan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi seseorang.

Hal ini disebabkan karena kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang.

Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit terkait gizi, maka pola konsumsi pangan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi pangan Beragam, Bergizi seimbang, dan Aman (B2SA).


Guna memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA),setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelompok masyarakat perlu melakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus menerus .

Untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta mengubah pola konsumsi pangan masyarakat menuju B2SA.

Dalam rangka mempercepat pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan B2SA,pemerintah kabupaten lambar,menyelenggarakan sosialisasi dan promosi melalui “Lomba Cipta Menu Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal”.


Lomba tersebut dimaksudkan agar setiap individu yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga sehari-hari dapat menyajikan menu yang beragam, bergizi seimbang, dan aman.

Tujuan diselenggarakannya Lomba Cipta Menu B2SA berbasis sumber daya lokal adalah untuk Meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi panganB2SA untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

Membangun budaya keluarga untuk mengonsumsi aneka menu makanan B2SA untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar rumah (pekarangan).

Sasaran Kegiatan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan sumberdaya lokal adalah untuk percepatan penganekaragaman kosumsi pangan berbasis sumberdaya local dengan peserta anggota Tim Penggerakk PKK Kelurahan se-kecamatan yang merupakan juara I Lomba Cipta Menu tingkat kecamatan.


Wakil Bupati Lampung Barat  Drs.Mad Hasnurin Membuka  Secara Resmi Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan Lomba Kue Cita Rasa Antar KWT Tahun 2018 Di GSG Nata Maghga Pemkab Lambar,  Senin(17/9/2018).

Acara dihadiri Setdakab Lambar Akmal Abdul Nasir, S.H., Para Asisten Dan Staf Ahli Bupati,Beberapa Kepala OPD,Forkopimda, Ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus, Ketua Pengurus GOW Gurti Mad Hasnurin, Ketua Dharma Wanita Irma Akmal Abdul Nasir, dan Peserta.

Wakil Bupati Lambar Drs.Mad Hasnurin Menyampaikan Salah  satu faktor penting yang mempengaruhi terwujudnya sumberdaya manusia yang berkualitas adalah konsumsi pangan.


Bukti empiris menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia sangat ditentukan oleh status gizi yang baik, dan status gizi yang baik ditentukan oleh jumlah asupan pangan yang dikonsumsi.

Selanjutnya, masalah gizi yang terjadi pada masa tertentu akan menimbulkan masalah pembangunan di masa yang akan datang. saat ini hampir seluruh negara di dunia menghadapi berbagai bentuk permasalahan gizi, baik kekurangan gizi maupun kelebihan gizi, baik gizi makro maupun gizi mikro.

"Masalah gizi yang saat ini menjadi fokus perhatian pemerintah diantaranya stunting, yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. di indonesia, sekitar 37% (hampir 9 juta) anak mengalami stunting. 

Stunting disebabkan oleh faktor multi dimensi dan tidak hanya disebabkan oleh faktor gizi buruk yang dialami oleh ibu hamil maupun balita, namun juga terhadap remaja putri", ujarnya.

Selanjutnya salah satu upaya pemerintah daerah kabupaten lampung barat melalui dinas ketahanan pangan kabupaten lampung barat untuk mendukung diversifikasi  konsumsi  pangan  adalah secara rutin memasyarakatkan lomba cipta menu beragam, bergizi .

Seimbang dan aman (lcm b2sa) dan lomba cita rasa kopi antar kwt se-kabupaten lampung barat  yang bekerjasama dengan TP PKK  kabupaten lampung barat dan darma wanita persatuan kabupaten lampung barat.

Kemudian khusus untuk lomba kue cita rasa kopi tahun 2018 yang diikuti oleh kwt binaan dinas ketahanan  pangan  dimaksudkan agar muncul ikon kue khas lampung barat bercita rasa kopi sesuai dengan ciri khas lampung barat.

Sebagai daerah penghasil kopi di luar gedung serba guna ini juga diadakan bazar yang dikuti oleh kelompok wanita tani (kwt) binaan dinas ketahanan pangan, "Di harapkan agar kita semua  dapat melihat sekaligus membeli produk yang diSelanjutnya ibazar tersebut",imbuhnya.

Ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus Menyampaikan keberhasilan dalam proses pembentukan sumber daya manusia diantaranya ditentukan oleh keberhasilan memenuhi kecukupan pangan dan perbaikan pola konsumsi pangan.

Perbaikan pola konsumsi pangan melalui penganekaragaman pangan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), guna menunjang hidup sehat, aktif, dan produktif.

 Untuk itu,  "Maka perlu upaya  secara terus menerus untuk merubah pola konsumsi masyarakat ke arah pola konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (b2sa). upaya tersebut tidak mudah karena terkait dengan perilaku  masyarakat sehingga perlu melibatkan semua pemangku kepentingan terkait.

Sementara itu laporan ketua pelaksana Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir.Rusdi Menyampaikan dasar pelaksana dari kegiatan adalah Peraturan menteri pertanian no 43/Permentan/OT.140/10/2009.

Tentang gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokalParaturan Bupati Lambar No.20 tahun 2011 tentang gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal di kabupaten Lambar.

Dengan sasaran dari kegiatan adalah Peserta Lomba cipta menu terdiri dari dharma wanita persatuan OPD berjumlah 28 dan 15 TP-PKK  kecamatan Se-kabupaten Kab.Lambar.,

Peserta Lomba kue cita rasa kopi adalah KWT Binaan dinas ketahanan pangan sebanyak 34 KWT yang Ada di kab.Lambar. Adapun Dewan juri terdiri dari TP PKK Kab.Lambar, Persatuan Ahli gizi Kab.Liwa, Ahli tata boga, Ahli kuliner, Pengusaha Kue Kab.Lambar.

Terakhir, Pemenang Lomba cipta menu dan kue cita rasa kopi tahun 2018 ini menjadi 3 ketegori adalah kategori tingkat TP-PKK Kecamatan, Ketegori Tingkat DWP- OPD, Kategori tingkat kelompok wanita tani (KWT).(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad