Acara Pembukakan Pembekalan Wirausaha Tenaga Kerja Mandiri Bupati Sarankan - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 25 September 2018

Acara Pembukakan Pembekalan Wirausaha Tenaga Kerja Mandiri Bupati Sarankan



PESISIR BARAT- Pengembangan sumber daya manusia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan di masing-masing sector,Sementara kondisi struktur ketenaga kerjaan terjadi pergeseran yang cukup menonjol, yaitu dari dominasi sektor pertanian ke sektor industri utamanya di daerah perkotaan.


Untuk itu melalui program pemberdayaan tenaga kerja mandiri mempunyai arti penting dan strategis dalam upaya mengantisipasi dan mengatasi masalah penganguran.

Bupati DR.Drs.H.Agus Istiqlal.SH.,MH.,mengatakan Situasi ketenaga kerjaan dikabupaten pesisir barat (Pesibar),saat ini, dihadapkan kepada berbagai permasalahan yang cukup kompleks,diantaranya lapangan kerja di sektor formal sangat terbatas, kemampuan dan keterampilan angkatan kerja terdidik pada umumnya tidak sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Hal ini juga diperparah dengan adanya kondisi yang menonjol yakni adanya kecenderungan kurang berminatnya angkatan kerja muda terdidik untuk memasuki dunia usaha sebagai lapangan kerja utama.


Oleh karena itu, melalui pelatihan Kegiatan Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri khususnya bagi penciptaan wirausaha mandiri ini dapat lebih siap memasuki pasar kerja.

Masih kata Bupati,menambahkan kerja di sektor Wirausaha Mandiri masih luas dan mampu memberikan tingkatan pendapatan dan kehidupan yang lebih layak dan baik.Sektor ketenagakerjaan dihadapkan pada tantangan dan permasalahan yang cukup berat,

Diantaranya semakin berkembangnya pemilihan dan penggunaan tenaga kerja semakin selektif dan kompetitif serta persaingan dunia usaha semakin ketat.

Maka dari itu untuk menjawab seluruh tantangan dan permasalahan tersebut, diperlukan investasi Sumber daya manusia melalui kegiatan, pembinaan yang mengarah kewirausahaan. Melalui kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dapat membentuk kader-kader wirausaha baru yang mandiri dan akhirnya menjadi profesional.


Pada umumnya tujuan kegiatan tenaga kerja adalah terciptanya lapangan kerja dan tersedianya tenaga kerja yang berkompeten serta mampu bersaing di dunia kerja, dalam menunjang program pengembangan penghidupan berkelanjutan (P2B).

Lanjut Bupati,sasaran program pengembangan penghidupan berkelanjutan (p2b) adalah tenaga kerja rentan yaitu masyarakat pengangur, setengah penganggur, korban PHK,calon TKI yang gagal berangkat, TKI purna, TKI bermasalah, tenaga kerja muda, tenaga kerja disabilitas, tenaga kerja lansia dan keluarga miskin.

Adapun data  tentang tenaga kerja kabupaten pesisir barat yang sampai saat ini masih berjumlah 79.051 (tujuh puluh sembilan ribu lima puluh satu)  yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten pesisir barat.

Di harapkan,dengan adanya program penciptaan wirausaha baru tenaga kerja mandiri melalui pola pendampingan dapat mengurangi jumlah penganguran di kabupaten pesisir barat dan meningkatnya lapangan kerja/lapangan usaha bagi masyarakat di kabupaten pesisir barat.

Bupati,berpesan kepada pendamping agar dapat memberi pembekalan kepada peserta wirausaha baru mulai dari perencanaan usaha, deskripsi usaha, produk/barang dan jasa yang dihasilkan analisis daya saing,rencana penganggaran, rencana pengolahan, rincian pembiayaan sampai dengan pembukuan.

Sederhana supaya dapat di ketahui perkembangan usaha yang dijalankan oleh wirausaha kedepannya.Bupati berharap kepada para peserta pembekalan untuk dapat mengikuti dan memperhatikan dengan serius.

Arahan-arahan dari pendamping supaya bisa dijadikan bekal untuk memulai usaha baru para peserta nantinya mampu menerapkan ilmu yang didapat dan mampu meningkatkan.

Kemampuannya serta dapat melakukan akselerasi untuk peningkatan ekonomi yang diikuti oleh peluang wirausaha.

Selasa (25/9/2018) yang bertempat di Pekon Ulu Kru,Hadir dalam acara pembekalan wirausaha tenaga kerja mandiri tersebut, wakil bupati pesisir barat,ketua, wakil ketua dan anggota DPRD.

Sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator dilingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat,Narasumber dan pendamping pembekalan wirausaha tenaga kerja mandiri melalui pola pendampingan,peratin pekon ulu krui kecamatan way krui,para peserta pembekalan tenaga kerja mandiri.(Editorlambar.Com)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad