Seminar Parenting Dengan Tema “Mendidik Dengan Cinta” - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 28 Agustus 2018

Seminar Parenting Dengan Tema “Mendidik Dengan Cinta”



PESIBAR- Seminar Parenting dengan tema Mendidik Dengan Cinta Menjadikan Anak Berakhlak Mulia yang diberikan oleh allah swt.oleh karena itu anak haruslah dirawat, diasuh, dilindungi di bimbing dan dididik sebaik mungkin.

Saat anak dilahirkan dalam keadaan yang lemah dan suci, sementara alam memberikan corak warna terhadap nilai warna terhadap hidup, disinilah yang mengharuskan anak memperoleh pendidikan dari orang tua, Acara Seminar Parenting Dengan Tema “Mendidik Dengan Cinta” Rabu (29/8/2018) yang bertempat GSG Selalaw.


Hadir dalam Acara tersebut, wakil bupati pesisir barat,unsur forkopimda kabupaten lampung barat dan kabupaten pesisir barat,sekretaris daerah, beserta para pejabat tinggi pratama dilingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat.

Ketua Tim penggerak PKK dan ketua dharmawanita persatuan kabupaten pesisir barat, Evi Ghozaly, M.Pd selaku nara sumber,pengurus TP-PKK mulai dari tingkat kabupaten sampai dengan tingkat kecamatan.

Sekdakab pesisir barat DRS.Azhari MM.,mengatakan orang tua adalah salah satu faktor penting yang akan mengantarkan bagaimana masa perkembangan anak,meski genetik orang tua hanya berpengaruh 20% di lingkungan tempat dia belajar,terutama lingkungan pertama kali yakni di lingkungan keluarga yang akan berpengaruh menjadikan dia seperti apa kedepannya.

Dengan demikian orang tua memiliki tugas utama untuk  mendidik para anak-anaknya atau dengan kata lain, dalam relasi antara anak dan orang tua secara kodrat tercukupi unsur pendidikan untuk membangun kepribadian anak dan mendewasakannya.

Untuk itu orang tua menjadi agen pertama dan utama yang akan bertanggungjawab dalam mendidik anak-anaknya agar menjadi orang tua yang baik, mempunyai kepribadian yang kuat dan sikap mental yang sehat serta akhlak yang terpuji.


Masih kata sekdakab, seperti tema seminar pada hari ini, yaitu “mendidik dengan cinta” kita sebagai orang tua harus ikhlas dalam mendidik anak dengan cinta. didiklah anak dengan cinta, cinta itu kasih sayang, cinta itu kejujuran, kebenaran dan cinta itu tulus memberikan perhatian dan kepedulian.

Cinta itu membimbing. memberikan pujian tepat pada tempat dan waktunya akan membawa pengaruh yang sangat besar dalam jiwa anak.

Orang tua yang mendidik anaknya dengan kasih sayang dan penuh cinta akan memberikan kenyamanan dan perasaan yang menyenangkan bagi anak. anak akan merasa terlindungi dan bangga menjadi bagian dari keluarga.


Bahkan, lanjut , Evi Ghozaly, M.Pd selaku nara sumber, ketika libur panjang sekolah, pihak guru harus mengulang kembali pelajaran dan juga pembiasaan-pembiasaan baik. 

"Pengulangan itu karena ternyata di rumah orang tua tidak menerapkan hal yang sama seperti di sekolah. Jadi anak-anak lupa dan terkesan bertingkah bandel lagi,"lanjut Evi.

Masih kata Evi Ghozaly, M.Pd,Seminar ini diselenggarakan karena mengingat pentingnya peran orang tua untuk mendidik anak.

Selain itu, untuk menjalankan program K13 yang menganjurkan agar pihak sekolah dan orang tua siswa dapat berkesinambungan dalam mejalankan program mendidik anak.
Hal itu menunjukan bahwa orang tua mempasrahkan anaknya kepada pihak sekolah. 


Namun tanpa memberikan penerapan yang sama saat di rumah. Diharapkan dengan kegiatan ini, orang tua dan guru dapat beriringan dalam menjalankan setiap program sekolah.

Bunda Evi,menghimbau kepada para peserta agar tidak lelah memberikan pesan-pesan yang baik kepada anak. Seperti tentang shalat, akhlak dan kedisiplinan.

Meskipun pesan tersebut harus berulang sampai nafas tiada.  Karena orang tua adalah penyampai pesan. (Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad