Siapa Bilang Semarak Pulau Pisang Tidak Semarak - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 08 Agustus 2018

Siapa Bilang Semarak Pulau Pisang Tidak Semarak


PESIBAR-Lomba mancing Ikan Tuhuk di laut yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata kabupaten pesisir Barat yang bertempat diPulauPisang.


Kegiatan lomba mancing ini bisa membantu meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

Untuk itu unsur pentahelix yang terdiri dari pemerintah, akademisi, pihak swasta, komunitas, media dan masyarakat, harus bersenergi membantu mendorong iven ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing .


Pada kesempatan yang sama agar ikut promosikan iven ini melalui media social agar iven ini bisa dilihat dunia,” tegas Kepala Dinas Pariwisata kabupaten pesibar Audi Marpi.

kegiatan lomba mancing tersebut, terlebih animo masyarakat cukup besar,bahkan menurut Audi, lomba mancing ini bisa dikembangkan menjadi salah satu destinasti wisata dikabupaten pesibar.

Ia berharap, lomba Mancing ini tak hanya menjadi event tahunan saja, namun digelar secara rutin setiap tiga bulan sekali.Sebab,katanya,animo masyarakat cukup besar untuk ikut lomba mancing kali ini.

Sehingga perlu ada wadah penyaluran hobi bagi masyarakat yang senang memancing.

Dia juga sependapat, lomba mancing ini mampu memberikan daya tarik dan bisa menjadi destinasi wisata tersendiri apabila digelar secara rutin, tentunya akan menarik wisawatan untuk datang dan melihat, bahkan bisa ikut lomba sekaligus.

Sebanyak 33 peserta akan mengikuti lomba memancing ikan Tuhuk (Blue Marlin) di laut sekitar Pulau Pisang, Kamis (9/8,2018).

Ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam Semarak Pulau Pisang 2018 yang dihelat Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat. 

"Malam ini, kami melakukan rapat koordinasi untuk persiapan lomba Ngawil Tuhuk (memancing ikan Tuhuk).

"ujat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat Audi Marpi, Rabu(8/8/2016).kepada Editorlambar.Com.Keahlian para nelayan Pesisir Barat dalam menangkap ikan Tuhuk diturunkan dari generasi ke generasi. 

Ini merupakan salah satu kegiatan dalam even Semarak Pulau Pisang yang digelar 7-9 Agustus 2018 di Pulau Pisang.

Selain itu, berbagai kegiatan yang dilaksanakan di antaranya lomba voli pantai, menyanyi, eksebisi tapis kreasi, dan lomba kreasi suvenir. 

"Lomba voli pantai misalnya, diikuti oleh 32 tim putra, dan 16 tim putri," kata Audi. Tim-tim tersebut berasal dari berbagai daerah di Pesisir Barat, termasuk dari kabupaten sekitar seperti Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. 

Lomba menyanyi (solo song) disambut antusias, terlihat dari banyaknya peserta dan penonton yang menyaksikan.

Pada malam harinya, penyelenggara melakukan pemutaran film pariwisata Surga dari Pesisir Barat yang dipadati oleh penonton.

Puncaknya,Semarak Pulau Pisang akan ditutup oleh Bupati Pesisir Barat pada Kamis malam,dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba.

Dalam penyelenggaraan Semarak Pulau Pisang, Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat berupaya melibatkan masyarakat Pulau Pisang.

"Sejak proses persiapan, kita sudah melakukan pertemuan dengan elemen masyarakat termasuk pihak kecamatan dan pekon, jelasnya. 

Pihak penyelenggara misalnya, memfasilitasi para pemilik perahu untuk membawa pengunjung ke Pulau Pisang.

Begitupula untuk penyediaan sarana prasarana kegiatan lainnya, dititik beratkan menggunakan sumber daya dari masyarakat lokal.(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad