Literasi Dilambar Dinilai Berkembang Pesat - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 06 Agustus 2018

Literasi Dilambar Dinilai Berkembang Pesat



LAMBAR- Literasi di Indonesia sangat berkembang pesat, dengan adanya teknologi, pengetahuan dan komunikasi bisa diakses.

Dalam beragam bentuk,Empat fokus dalam dunia literasi yang harus dikembangkan yaitu bersikap kritis, kreatif, komunikasi, kolaborasi, serta “selalu menambah keterampilan .

Masyarakat Indonesia merapatkan barisan untuk mengembangkan gerakan literasi menjadi gerakan bersama,diharapkan pula akses bacaan yang bermutu tersedia,serta ada kolaborasi dengan berbagai pihak, dan yang paling penting adalah menjadi teladan.


Program literasi ini bisa menjadi inspirasi dandukungan semangat bagi anak-anak Indonesia untuk gemar membaca,gemar membaca menjadi salah satu kunci penting meningkatakan kecerdasan dan pengembangan budaya sosial sebuah masyarakat.

Gerakan cerdas literasi mesti terus didorong agar menjadi kebiasaan di tengah keluarga dan lingkungan, mulai dari orangtua sampai dengan lingkungan .

Dengan tuntutan dan tantangan di era demokratisasi dan otonomi daerah telah terjadi perubahan paradigma pembangunan dari sentralistik menjadi partisipatif.


Pembangunan memberikan kesempatan lebih luas dan terbuka bagi aspirasi masyarakat di tingkat lokal melalui forum komunikasi antar pemangku kepentingan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan.

Solusi yang muncul dari masyarakat adalah dengan meningkatkan keterlibatan orang tua terkait literasi di rumah dan membentuk kelompok belajar baca yang bisa diakses oleh anak-anak di desa.

Gerakan literasi keluarga dan masyarakat ini adalah salah satu aksi untuk meningkatkan kemampuan baca khusus nya kelas bawah .


Di tengah gempuran era digital seperti sekarang, budaya membaca anak harus makin ditegakkan.

Karena dengan membaca, akan lahir generasi penerus bangsa yang berwawasan luas, toleran dan memiliki karakter yang tangguh,demi tegaknya budaya baca anak-anak.

Sekolah Lestari merupakan satu Anugerah Alam Sekitar yang membudayakan pendidikan alam sekitar dengan menerapkan nilai murni alam sekitar dalam aspek pengurusan, kurikulum.

kokurikulum dan penghijauan secara berterusan bagi mewujudkan amalan hidup yang selaras dengan konsep pembangunan lestari.

Pendidikan alam Sekitar ialah pembelajaran untuk memahami interaksi manusia dengan alam sekitar dan bagaimana alam sekitar diuruskan dengan bijaksana.

Dan bertanggungjawab ke arah kelestarian hidupan di bumi,Proses ini melibatkan pendidikan tentang alam sekitar, melalui alam sekitar dan untuk alam sekitar.

Sejajar dengan misi Sekolah Jenis Kebangsaan Menuju Pekon Literasi Pembangunan Lamban Baca tingkat pemangku/RT di seluruh Pekon PadangTambak kabupaten Lampung Barat.

Pengetahuan dalam memelihara dan memulihara alam sekitar serta berpontensi untuk mengurus sumber alam dengan berkesan dan efektif.

Program  LESTARI di Pekon Padang Tambak,menekankan pada pentingnya pelestarian ekosistem Leuser dan konservasi yang berharga serta keanekaragaman hayati yang terdapat di dalam ekosistem tersebut.

Hal ini penting karena Indonesia sudah memberikan komitmen program ini juga penting bagi masyarakat khususnya kabupaten Lambar yang penghidupannya tergantung  ekosistem Leuser dan mengandalkan jasa lingkungan yang diperoleh dari ekosistem tersebut.

Lastari Lambar dipekon Padang Tambak "Menuju Pekon Literasi -Pembangunan Lamban Baca tingkat pemangku/RT di seluruh Pekon Padang Tambak.

Hal ini terwujud berkat kerjasama antara Bupati kabupaten lampung Barat,Hi.Parosil Mabsus, Yayasan Rebung Cendani Ester Jusuf, Ibu Partinia, Peratin Pekon Padang Tambak Kurnaidi Naidi, Forum Literasi Lambar Tersebut.

Hasil donasi dan kepedulian orang-orang  Jakarta kepada program literasi yang ada dikabupaten lampung Barat (lambar).

kerja ini merupakan hasil serangkai pertemuan dan lokakarya antara Tim LESTARI dan mitra mitranya di Jakarta,berbagai lokakarya diadakan di lanskap-lanskap LESTARI, berbagai kegiatan yang telah terbukti efisien dan efektif akan terus dilanjutkan.

Kegiatan-kegiatan tersebut diorganisasi menjadi sejumlah kecil inisiatif prioritas yang saling beririsan per lanskap,hal ini dilakukan untuk mendorong integrasi yang lebih baik antar komponen teknis.

Sehingga bisa memberikan dampak yang cukup besar.program ini Non APBD,Hasil donasi dan kepedulian orang-orang  Jakarta kepada program literasi kabupaten lampung barat Hebat.(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad