Informasi Sangat Penting Ini Kata Asisten III - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 30 Agustus 2018

Informasi Sangat Penting Ini Kata Asisten III


PESIBAR-Informasi peranannya sangat besar bagi kehidupan dalam berbagai bidang, seperti politik,ekonomi,sosial,budaya,pertahanan dan lain sebagainya. Dalam kehidupan manusia, teknologi informasi berfungsi untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan manusia.

Dampak dari teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi sebuah sefinisi sementara yang kuat, dan ini menstransformasi aktivitas ekonomi dan social.

Kunci yang penting dari jaringan teknologi dalam masyarakat informasi adalah teknologi membantu kita untuk membuat koneksi-koneksi baru.


Koneksi-koneksi dimana tantangan tradisional menerima apa yang mungkin, dan ketika hal tersebut menjadi mungkin.

Perkembangan masyarakat informasi telah menjadi bagian penting untuk masyarakat informasi sebagai ekonomi kecil yang terbuka di dalam pengembangan jaringan ekonomo global, dimana pengetahuan berbasis pada inovasi yang menjadi kunci sumber dari penopang keuntungan yang kompetitif.

Inovasi teknologi dapat menyokong secara nyata untuk memberikan akses yang lebih baik kepada layanan kesehatan, pendidikan, informasi dan pengetahuan, sebagaimana juga menawarkan variasi sarana yang lebih luas dimana masyarakat dapat berkomunikasi, sehingga mendukung promosi pemahaman yang luas dan peningkatan kualitas kehidupan warga dunia.


Asisten III Bid.Administrasi Umum  Husni Aripin,S.Ip.,Mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan kebutuhan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis,tugas pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) menyediakan akses informasi publik bagi pemohon informasi.

Sesuai dengan amanat pasal 13 UU NOMOR 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, pemerintah kabupaten pesisir barat sebagai salah satu badan publik telah membentuk pejabat pengelola informasi.

Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang¬undangan.

Hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggung jawabkan.

Hak untuk memperoleh informasi dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan public, partisipasi masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan informasi publik.

Dengan keberadaan undang-undang tentang keterbukaan informasi publik sangat penting,sebagai landasan hukum yang berkaitan yaitu hak setiap orang.

Untuk memperoleh informasi,kewajiban badan publik menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu.

Biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana,pengecualian bersifat ketat dan terbatas kewajiban badan publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan informasi.

Selanjutnya setiap badan publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan badan publik tersebut untuk masyarakat luas.

Lingkup badan publik dalam undang-undang ini meliputi lembaga eksekutif,yudikatif, legislatif serta penyelenggara negara lainnya yang mendapatkan dana dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN)/anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan mencakup pula organisasi nonpemerintah.

Baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, seperti lembaga swadaya masyarakat, perkumpulan, serta organisasi lainnya yang mengelola atau menggunakan dana yang sebagian atau seluruhnya bersumber dari apbn/apbd, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.

kabupaten pesisir barat sebagai badan publik wajib menyediakan, memberikan dan menerbitkan informasi publik.

Oleh karena itu, dengan adanya pejabat pengelola informasi dan dokumentasi di kabupaten pesisir barat dapat memberikan layanan informasi kepada pemohon informasi sesuai dengan tupoksinya. (Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad