Gelar Aneka Lomba, Momentum Peringati HLH Sedunia - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 07 Agustus 2018

Gelar Aneka Lomba, Momentum Peringati HLH Sedunia



LAMBAR- Pemerintah Kabupaten lampung Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup  menggelar Lomba Dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH).

Sedunia,Selasa (7/8/2018) di Gor Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit.

Dengan mengusung tema “ Kendalikan Sampah Plastik “diharapkan,Sebagai Perwujudan Komitmen Bersama Seluruh Pihak Dalam Upaya Mengatasi Bahaya Sampah Plastik.

Ada aksi nyata setiap masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut utamanya dalam mengelola lingkungan.


Tema Ini Mengandung Arti Motivasi Kerja Sekuat Tenaga Untuk Atasi Sampah Juga Kerja Yang Sistematis Dalam Mengurangi Sampah,Mengolah Sampah.

Dan Melakukan Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Melalui Kegiatan Daur Ulang, Atau Dikenal Dengan Istilah 3r (Reduce, Reuse,Dan Recycle) Serta Yang Penting Adalah Upaya Bersama Antara Pemerintah, Masyarakat Dan Dunia Usaha. 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Asisten Bidang Perekonomian Ir. Nata Djudin Amran,Kepala DLH Kabupaten Lambar Drs.Syaekuddin, M.M.,mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah awal menanamkan sejak dini kepada anak untuk mencintai lingkungan.


“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sejak dini,” katanya.

Dengan mengikuti kegiatan tersebut sudah sepatutnya yang hadir merasa bangga atas kontirbusi dan keikutsertaan mendukung lingkungan hidup sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009,Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup .

Dengan alam yang menjadi satu-satunya tempat yang dihuni oleh manusia ,dengan pertumbuhan penduduk dan pembangunan ekonomi yang terus berlangsung, membuat ekosistem bumi mendekati titik kritis.

Alam memiliki esensi sebagai penjaga keseimbangan antara kepentingan manusia dan semua makhluk hidup lainnya di dunia. Fungsi itu dapat tercapai apabila kawasan di darat dan laut tetap terjaga kelestariannya.

Ditambahkannya,melestarikan lingkungan hidup ini bukan saja tanggung jawab pemerintah, tapi kita semua, masyarakat dan pelaku usaha.

Dengan telah ditanam sejak dini kecintaan anak -anak terhadap lingkungan hidup,tentunya akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat dimasa yang akan datang.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia bertujuan menyadarkan semua pihak untuk ikut bertanggung jawab merawat bumi sekaligus menjadi pelopor perubahan dan penyelamat bumi dan lingkungan hidup.

Ia mengajak  seluruh hadirin untuk memanfaatkan momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2018 untuk memosisikan kawasan di bumi sebagai modal utama pembangunan nasional menuju masyarakat sejahtera dan berkelanjutan.

Lanjutnya, peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia diselenggarakan dengan berbagai  “gerakan lingkungan hidup”.

 “Kami mengajak semua pihak untuk berpartisipasi menjaga sumber daya alam Indonesia terutama di bumi agar dapat bermanfaat secara berkelanjutan .

Salah satu bentuk tanggung jawab Pemkab kabupaten lampung Barat,dalam menanggulangi permasalahan di atas.

yaitu dengan memberikan pengetahuan dan penyadaran sejak usia dini tentang pentingnya kelestarian lingkungan melalui media pendididkan lingkungan.

Melalui momentum hari lingkungan hidup sedunia dibulan agustus yang bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan indonesia yang ke-73  ini, diharapkan dapat menambah semangat kita untuk senantiasa memperbaiki diri dalam berperilaku adil terhadap lingkungan.

Khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai bagian dari pada iman,dengan lingkungan yang bersih dari sampah, dapat meningkatkan kenyamanan dalam beribadah.

Dan perilaku ini diharapkan terus berlanjut hingga menjadi suatu kebiasaan dan budaya untuk ditularkan kepada lingkungan sekitarnya.

”Sesuai dengan tema hari lingkungan hidup sedunia tahun 2018 “kendalikan sampah plastik”.dengan harapan peringatan hari lingkungan hidup ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Karena lingkungan hidup yang kita tempati sekarang adalah titipan untuk anak cucu kita, atau generasi mendatang.  Jika anak sudah dididik sportif sejak kecil, saat anak itu nanti menjadi pemimpin akan menjadi pemimpin yang baik.,”katanya.

Terus ditambahnya  kalau kita tanamkan hal yang baik, maka akan menjadi pribadi yang baik, begitu juga dengan disiplin, kita ajarkan sejak dini sehingga sudah terbiasa untuk selalu menjaga lingkungannya.

Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2018,Kabupaten lampung Barat melaksanakan kegiatan edukasi dan komunikasi masyarakat di bidang lingkungan hidup.

Yang diisi dengan aneka lomba,Dengan harapan peserta dapat mengikuti lomba sesuai ddengan tingkatan dengan sebaik-baiknya serta tim juri penilai dapat bekerja dengan seobjektif mungkin,(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad