Serap Pengetahuan Ini Kata Sekda Pesibar - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 08 Agustus 2018

Serap Pengetahuan Ini Kata Sekda Pesibar


PESIBAR- Kedatangan para mahasiswa Mahasiswa KPM Iain Metro akan memberikan wartan tersendiri di kabupaten pesisir Barat, Meraka akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pembedayaan Mayarakat (KKN-PPM) di masyarakat.

Secara langsung,Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.H. Agus Istiqlal, S.H.,M.H. yang diwakil Sektaris Daerah (Sekda) Drs.Azhari.M.M.,memberikan sambutan dan apresiasi kepada mahasiswa yang akan menggelar kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Menurut Sekda, KKN tidak saja menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki, tapi juga peluang bagi masyarakat setempat untuk menyerap pengetahuan dan pengalaman baru dari para mahasiswa.


Para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan KKN ini untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah dimiliki dari berbagai program studi, di empat (4) kecamatan dan 39 pekon sangat potensial.

Bahkan kita berharap ini yang harus mampu dilihat oleh mahasiswa,untuk bagaimana mengembangkan potensi-potensi yang ada.


kita menyadari betapa pun besar potensi warga, kalau kemampuan sumber daya manusianya kurang, tidak akan bisa optimal,” kata Drs.Azhari.M.M.,menjelaskan.

Karena itu,Sekda menilai keberadaan Mahasiswa KPM IAIN Metro sangat strategis dalam upaya mengembangkan kualitas SDM masyarakat setempat,bantuan mahasiswa berupa pembinaan dan penyuluhan, menurutnya sangat penting.

Mahasiswa sebagai kaum intelektual silakan menyampaikan kepada masyarakat.Sehingga yang tidak tahu menjadi tahu dan yang sudah tahu menjadi lebih paham tentang bagaimana mereka dapat memanfatkan potensi-potensi yang ada,” pesannya.

Ini yang harus kita persembahkan kepada masyarakat di mana mahasiswa melaksanakan KKN.Jadi KKN jangan sekadar sebagai kewajiban, namun harus betul-betul dimanfaatkan sebagaimana wujud dari KPM IAIN Metro,yaitu pengabdian kepada masyarakat,harus benar-benar dibuktinyatakan.Ini yang harus diperhatikan, ucapnya berpesan.

Selanjutnya,sebagaimna telah disampaikan oleh perwakilan dari civitas akademika iain metro bahwa sebanyak 393 mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan kuliah.

Pengabdian masyarakat di kabupaten pesisir barat ini. dari jumlah tersebut, maka pihak iain metro telah membagi peserta kpm menjadi 40 kelompok yang tersebar di empat (4) kecamatan dan 39 pekon.

Dalam hal ini,pemerintah kabupaten pesisir barat Bupati yang diwakil Sektaris Daerah (Sekda) Drs.Azhari.M.M.menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini.

Karena akan membantu dalam melaksanakan program pembangunan daerah sebagaimana yang telah disusun dalam RPJPD dan RPJMD kabupaten pesisir barat,Katanya.

Masih kata Sekda,Berharap kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan kuliah pengabdian masyarakat agar dapat melakukan identifikasi permasalahan pada masyarakat terutama yang berada di pekon-pekon.

Yang merupakan tempat pelaksanaan kpm iain metro tahun 2018,keberadaan para mahasiswa sekalian diharapkan akan menjadi pendorong untuk mempercepat proses pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat ditingkat pekon.

Selain itu,diharapkan pula agar para mahasiswa  dapat membantu  dalam mengatasi berbagai kendala yang ada tengah-tengah masyarakat yaitu dengan melakukan pemberdayaan terhadap berbagai potensi yang telah berkembang.

Pada masyarakat dalam rangka menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik
selain itu diharapkan pula para mahasiswa peserta kpm untuk dapat lebih meningkatkan kepedulian dan empati kepada permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Sesuai dengan tugas dan fujngsi para mahasiswa yaitu sebagai pelaku.

Acara Penyambutan Mahasiswa KPM iain metro tersebut turut dihadiri, rektor institut agama islam negeri metro yang dalam hal ini diwakili oleh bapak wakil rektor i iain metro (Dr.Suhairi,MH).

Ketua, wakil ketua dan anggota DPRD pesisir barat,pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrator dilingkungan pemerintah kabupaten pesibar.

kepala PPM iain metro dan para dosen pembimbing mahasiswa KPM,para camat dan peratin se-kecamatan krui selatan,kecamatan pesisir selatan, kecamatan ngambur dan kecamatan ngaras,(9/8/2018) yang bertempat di halaman Sekretariat Daerah .
(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad