Wah Mantap RSUD Alimuddin Umar - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 01 Juli 2018

Wah Mantap RSUD Alimuddin Umar


LAMBAR-RSUD Alimuddin Umar Resmi Menyandang Akreditasi Paripurna,prioritas layanan kesehatan tentunya faktor terpenting dalam sebuah rumah sakit.

Seperti halnya di Rumah Sakit Umum Alimuddin Umar kabupaten lampung barat (Lambar)terus menambah beberapa jenis pelayanan kesehatan pasien,Langkah yang harus di lakukan dalam Akreditasi .

Dengan status Akreditasi paripurna itu,sedianya RSUD Alimuddin Umar kabupaten lampung barat telah memenuhi seluruh standar yang menjadi bahan penilaian surveyor.

Dengan kata lain, RSUD Alimuddin Umar meraih tingkatan Bintang 5,Ini sungguh sebuah hal yang patut dibanggakan dan patut menjadi contoh bagi RS lain,predikat ini merupakan pengakuan  untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

Survei akreditasi Paripurna yang telah di jalani merupakan amanah dari undang-undang rumah sakit yang wajib dilaksanakan semua rumah sakit Untuk mencapai tingkat Paripurna, suatu rumah sakit harus lulus penilaian kerja dengan nilai ratarata minimal 80 persen.

Yaitu kelompok standar pelayanan berfokus pada pasien, kelompok standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien rumah sakit dan sasaran milenium development goals,tujuan akreditasi Paripurna adalah meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dengan pelayanan yang berstandar internasional.

Diantaranya rumah sakit lebih menghormati hak-hak pasien dan melibatkannya dalam proses perawatan sebagai mitra,selain itu dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat bahwa rumah sakit telah melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan berdasarkan keselamatan pasien.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar, Lampung Barat, resmi menyandang status bintang lima (Terakreditasi Tingkat Paripurna), dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Predikat tersebut ditandai dengan diterimanya sertifikat akreditasi oleh Direktur RSUD Alimuddin Umar dr. Widyatmoko Kurniawan, S.Pb., yang diserahkan oleh Sekretaris KARS Dr. Adrian Jusuf Kilima mewakili Ketua KARS Dr. Sutoto, M.Kes., di gedung KARS Jakarta  belum lama ini.

Wawan-sapaan Widyatmoko Kurniawan, Minggu (1/7) mengungkapkan, perjuangan untuk mendapatkan predikat bintang lima cukup panjang, dimana sebelumnya nilai dari 15 bab yang di survey oleh pihak KARS di RSUD Alimuddin Umar,  hanya mampu menghasilkan status akreditasi bintang empat (Tingkat Utama). 

Selanjutnaya, pihak rumah sakit mengajukan remidial (Perbaikan) dan pihak KARS melakukan survey terfokus, kemudian pihak KARS telah mengumumkan hasil dimana 15 bab yang di survey telah terpenuhi, sehingga RSUD Alimuddin Umar berhak menyandang akreditasi Paripurna.

,”Alhamdulillah untuk sertifikat bintang lima sudah kita terima, kami sampaikan ucapan terimakasih kepada bupati dan wakil bupati yang terus memberikan pembinaan, serta kepada seluruh kepala OPD yang telah berkoordinasi dengan baik, serta tentunya seluruh SDM yang ada di RSUD Alimuddin Umar, yang terus bekerja keras melakukan pembenahan untuk bisa meraih akreditasi yang diharapkan ini,” ungkapnya.

Dijelaskannya, akreditasi paripurna sendiri merupakan akreditasi tertinggi yang dikeluarkan KARS selaku lembaga independen pelaksana akreditasi rumah sakit yang juga bertanggungjawab kepada Menteri Kesehatan RI. 

”Akreditasi bintang satu sendiri disebut lulus perdana, bintang dua disebut tingkat dasar, bintang tiga disebut tingkat madya, bintang empat disebut tingkat utama dan bintang lima disebut tingkat paripurna,” katanya.

Terus dia, proses yang dilakukan saat persiapan akreditasi meliputi pengembangan SDM dengan berbagai kualifikasi, penyempurnaan dokumen standar prosedur operasional, melengkapi berbagai fasilitas unit layanan dan lain-lain. 

"Dengan telah terakreditasi paripurna maka pelayanan harus menjadi lebih baik dan cepat dengan memperhatikan keselamatan pasien dan petugas. Serta tentunya administrasi menjadi lebih baik. Dan kami berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan kepada pasien,”  imbuhnya (Editor Lambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad