Pentingnya Pendidikan Dalam Dunia Pendidikan - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 16 Juli 2018

Pentingnya Pendidikan Dalam Dunia Pendidikan



LAMBAR- Pendidikan bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia yang bermoral, membentuk manusia Indonesia yang cerdas dan rasional,membentuk manusia yang inovatif dan suka bekerja keras, optimis dan percaya, dan berjiwa patriot.

Dengan demikian pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang dapat mengintegrasikan pendidikan dengan pendidikan yang dapat mengoptimalkan perkembangan seluruh dimensi anak baik dari ranah kognitif, fisik, sosial-emosi, kreativitas dan spiritual harus seimbang. 


Pendidikan dengan model pendidikan seperti ini berorientasi pada pembentukan anak sebagai 
manusia yang utuh,dan pendidikan yang, padahal pendidikan yang di tuntut saat ini adalah 

Pembelajaran yang berpusat pada aktivitas peserta didik (Student Centris) dalam suasana yang lebih demokratis, adil, manusiawi,menyenangkan, membangkitkan minat belajar.

Merangsang timbulnya inspirasi, imajinasi, kreasi, inovatif dan semangat hidup dengan demikian secara tidak langsung pendidik yang hanya mengedepankan aspek kognitif saja sudah membunuh karakter anak.

Dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik akan menjadikan kualitas peserta didik menjadiunggul tidak hanya dalam aspek kognitif, namun juga dalam karakternya anak yang unggul dalam karakter akan mampu menghadapi persoalan dan tantangan dalam hidupnya.


Seharusnya pendidikan saat ini harus berpusat pada peserta didik, dan sebagai pendidik kita harus bisa membuat anak agar bisa berfikir secara kritis dan analitis.

Dengan begitu kita secara tidak langsung akan menumbuhkan karakter anak untuk bisa berkreasi dengan adanya pendidikan di dalam dunia pendidikan maka generasi dimasa depan yang terjun dalam dunia politik akan terhindar dari korupsi dan bisa menjadi pemimpin yang lebih mengedepankan rakyatnya,sehingga bisa menjadi pemimpin yang berakhlak mulia, jujur, bertanggung jawab.

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat  melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) terus tingkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Daerah Terluar.

Tertinggal, dan Terpencil (3T) Tahun 2018,Pelepasan putra-putri terbaik Lambar itu dilaksanakan di Ruang Rapat Pesagi Kantor Bupati oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus ,Senin (16/7/2018).
Selain Bupati Lambar turut hadir,Asisten Bidang Perekonomian Ir. Nata Djudin Amran, orang tua wali calon mahasiswa dan calon mahasiswa ADiK Daerah 3T Tahun 2018,orang tua calon mahasiswa dan siswa.

Kepala Disdikbud Lambar Bulki Basri menyampaikan dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Pengumuman Hasil Seleksi ADiK Tahun 2018,Surat Direktur Kemahasiswaan kementrian Riset Teknologi dan pendidikan Tinggi Direktorat Jendral Pembelajaran dan kemahasiswaan No 1983/B3.2/KM/2018 Prihal tindak lanjut penetapan Calon Mahasiswa ADiK Daerah 3T/ADEM/TKI .
Kemudian pelaksanaan tes seleksi ADiK tanggal 17 April 2018 di SMKN 1 Liwa Kecamatan Balik Bukit Lambar dengan jumlah peelserta sebanyak 50 orang peserta yang lulus 22 orang dengan rincian Universitas Bengkulu 4 orang , Universitas Jember 5 orang , Universitas Padjajaran 1 orang , universitas Dipenogoro 1 orang , universitas Negeri Malang 1 orang , Politeknik Banjar Masin 2 orang , Politeknik Banjar Bali 1 orang .

Lanjut Universitas Pendidikan Indonesia 1 Orang , Politeknik Negeri Sriwijaya 2 Orang , Universitas Negeri Jogjakarta 1 Orang , Universitas Sriwijaya 1 Orang Dan Universitas Sultan Agung Titrayasa 1 Orang Serta Universitas Mulawarman 1 orang

Selanjutnya tindak lanjut setelah pengumuman setelah penerimaan mahasiswa ADik daerah 3T adalah tanggak 17 - 24 Juli 2018 Calon Mahasiswa ADiK Daerah 3 T sudah berada di kota provinsi atau kota yang di tetapkan sebagai Center point oleh masing-masing provinsi untuk persiapan ke perguruan Tinggi Negeri Tujuan. Tangga 25  Juli -15 Agustus 2018 pelaksanaan mobilisasi calon mahasiswa ADik daerah 3T Tahun 2018 ke PTN tujuan untuk melakukan registrasi .

Terus , saat melakukan registrasi Setiap calon mahasiswa 3T Tahun 2018 wajib membawa dokumen kelengkapan registarsi meliputi surat pengantar dari kemristekdikti , STTB atau ijasah asli dan rapor asli.

Bupati Lambar Parosil Mabsus  berpesan bagi para calon mahasiswa dan siswa-siswi SMA untuk memanfaatkan kesempatan belajar dengan semaksimal mungkin“Manfaatkan kesempatan tersebut dengan maksimal, kuliahlah hingga selesai.

Kami ingin kelak para mahasiswa yang study di luar sana atas program pemerintah kabupaten membawa nama harum Lambar disana kami tidak bermimpi adik-adik semua pulang tanpa membawa hasil yang menggembirakan,”harapnya.

Begitu juga dengan siswa/i yang sekolah di SMA . “Kami pun berharap prestasi terukir di SMA, sehingga SDM Lambar menjadi kebanggan masyarakat Lampung,”pintanya.

Selanjutnya Untuk anak-anak  yang telah di terima, mereka akan menjadi penjaga terdepan diruang tamunya negeri ini,  jadi selayaknya teras terdepan dan ruang tamu ini harus lebih baik agar citra bangsa diluar negeri bisa diangkat.

“adik-adik inilah yang diharapkan jadi tulang punggung memperbaiki daerah terdepan, kami menyadari bahwa ini tidaklah mudah, dan pasti banyak kendalanya namun peran kalian sangat dibutuhkan ketertinggalan adik-adik kita ini memperoleh akses pendidikan yang berkualitas.

Adalah merupakan kesalahan kita semua. untuk itu kita harus bertekad bahwa ini bisa dilakukan, semua peserta didik pasti memiliki potensi yang bisa digali dan ditingkatkan.

Asalkan kita memiliki tekad dan kemauan yang besar. ini adalah tantangan para rektor bagaimana mendidik agar sukses sesuai dengan waktunya”ujarnya (Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad