Mantap Terapkan Kedisiplinan Anak Lewat Program Polisi Cilik - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 27 Juli 2018

Mantap Terapkan Kedisiplinan Anak Lewat Program Polisi Cilik



LAMBAR- Membangun pribadi yang disiplin pada anak-anak, tidak mudah. Sehingga orang tua perlu cara-cara tersendiri agar anak memahami disiplin dan menerapkannya pada kehidupannya sehari-hari.

Kepolisian Daerah kabupaten lampung barat, punya program khusus bagi anak-anak untuk menerapkan kedisiplinan sejak dini yang dinamakan program “Polisi Cilik”


Sudah mencanangkan program polisi cilik ini. dasar pemikirannya untuk pembentukan karakter sejak anak-anak, sehingga besarnya itu nanti akan terbawa jadi untuk membentuk atau merubah ke arah lebih baik, bisa disiplin, lebih kompak dan bekerjasama .

Adapun sasaran dalam program polisi cilik ini adalah siswa-siswi mulai di tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) juga ada program serupa, namanya polisi siswa.


Polisi cilik ini tidak hanya diberikan pengetahuan teoritis mengenai kriminal, kehidupan sosial dan lainnya, tetapi dibekali praktek yang mengarahkan pada kedisiplinan, Contohnya baris-berbaris, kemudian ada pengarahan apabila menyeberang di jalan raya seperti apa.

Anak-anak juga diajarkan untuk tidak mudah diajak orang yang tidak dikenal sebagai upaya pencegahan kejahatan penculikan terhadap anak-anak.


Dengan program polisi cilik ini,diharapkan anak-anak bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Artinya,anak-anak bisa lebih waspada dan bisa menjaga dirinya sendiri ketika turun ke lingkungan sekolah atau lingkungan di luar rumahnya.
   
Minimal dia bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri kita berharap dengan program ini akan terbentuk pribadi yang kuat,disiplin, mandiri dan baik. Ini perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak karena mereka adalah generasi penerus bangsa .


Sebanyak  150 siswa siswi   SD mengikuti seleksi Polisi cilik (pocil) yang diselenggarakan oleh Polres Lampung Barat pada Jumat (27/7/2018)anak-anak di kumpulkan di aula januraga untuk mengikuti seleksi tahap awal kegiatan tersebut.

Harapan kita berlanjut makanya kita buat lomba, ada aktualisasi diri, kita buat berkesinambungan. Yang sudah senior kita buat wadahnya ada alumni polcil, kita buat komunitas. Kita buat kakak asuhnya dari paskibra, kita undang juga.


kegiatan di buka langsung oleh Kasat Lantas AKP Yerru Ewandono,S.IK. di dampingi Kanit Lantas dan 4 pelatih pocil yakni Aiptu Wahyudi, Briptu Frans Chaniago, Briptu Ane, Brigpol Rudi.

Kasat Lantas Polres Lampung Barat Mengucapkan terima kasih dan selamat datang di Polres Lampung Barat pada hari ini.


Kita dapat berkumpul di sini untuk melaksanakan seleksi polisi cilik,pesan kami mudah-mudahan adik-adik sekalian dalam mengikuti seleksi nanti dapat aktif dan semangat Tunjukan kemampuan adik-adik kepada panitia.

Selain itu saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Ibu sekalian yang telah mendampingi anaknya untuk mengikuti seleksi Pocil di Polres Lampung Barat.


kegiatan ini kita laksanakan sebagai persiapan untuk  kegiatan utama di bulan September dalam rangka HUT Satlantas.

Dalam perlombaan ini, juri akan memilih kelompok polisi cilik terbaik yang paling kreatif,orisinil dan kompak kalau adik-adik mau ikutan, daftarkan saja sekolahnya untuk menjadi polisi cilik ke Polres setempat.

Dari itu kami terus melakukan pembinaan kepada adik-adik untuk mengikuti seleksi Pocil kami disini bersama dengan rekan-rekan kami yang akan melatih Pocil nanti yang sudah terpilih dan terus akan mendampingi hingga nanti kegiatan HUT satuan lalu lintas di Bandar Lampung dan pagi ini secara resmi seleksi Pocil kami buka.
   
jumlah pendaftar pocil tahun ini sebanyak 150  orang anak,Namun akan disaring kembali menjadi 41 anak saja yang natinya akan menjadi satu regu putra dan putri.

Program Pocil ini merupakan kegiatan pembinaan dalam rangka menanamkan kedisiplinan dan kemandirian bagi anak-anak diusia dini.

Melalui kegiatan LKBB ( Latihan ketrampilan baris berbaris ) mereka akan dilatih kekompakan dalam baris-berbaris mereka juga akan dibekali materi tentang tertib berlalu lintas,"ucap Kasat Lantas.

kami harap Pocil ini nantinya bisa menjadi duta penyebarluasan pendidikan lalu lintas kepada teman-temannya disekolah dan juga masyarakat lainnya.

Sehingga dapat menumbuhkan kesadaran berlalu lintas semenjak dini dan merekapun akan kita tampilkan dalam rangkaian kegiatan polres lampung Barat,Tutup Kasat.(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad