Kode Etik Jurnalistik PWI - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 18 Juli 2018

Kode Etik Jurnalistik PWI



LAMBAR-Bila kita berbicara perkembangan,kata dasar dari perkembangan ini adalah kembang kembang pastinya yang dimaksut adalah perubahan dimana perubahan bersifat positif atau menjadi lebih baik secara nyata.

Dimana perubahan yang dimaksut dari waktu ke waktu dari dulu hingga sekarang mungkin kata asosiasi ini tidak jarang lagi kita dengar asosiasi adalah suatu perkumpulan yang memiliki satu tujuan satu cita-cita, banyak contoh asosiasi yang ada di Indonesia ini dan salah satu nya adalah yang berhubungan dengan tulisan ini yaitu PWI.

PWI adalah singkata dari Persatuan Wartawan Indonesia yang dimana di dalam nya adalah orang-orang yang memiliki tujuan yang sama,yakni,mencapai cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Terwujudnya kehidupan Pers Nasional yang merdeka profesional ,bermartabat, dan beradab terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat,akurat,dan benar,dan terwujudnya tugas pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan public.

PWI inilah yang jadi bahasan didalam makalah ini, bagaimana perkembangan asosiasi wartawan PWI ini dalam system politik dan apa saja perkembangan wartawan PWI sebagai kekuatan politik dalam system politik Indonesia.

Menurut salah satu anggota PWI kabupaten lambar (x) mengatakan, perkembangan adalah serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman dan terdiri atas serangkaian perubahan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.

Menurut X,perkembangan adalah perubahan yang sistematis, progresif dan berkesinambungan perubahan-perubahan yang dialami individu menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya.

Masih kata X,perkembangan adalah proses atau tahapan pertumbuhan ke arah yang lebih maju Artinya adalah pola perkembangan individu yang berawal pada konsepsi dan terus berlanjut sepanjang hayat dan bersifat involusi ,perkembangan adalah adanya pemunculan sifat-sifat yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa perkembangan itu adalah perubahan, dimana perubahan bersifat positif atau menjadi lebih baik secara nyata,dimana perubahan yang dimaksut dari waktu ke waktu dari dulu hingga sekarang. Perkembangan akan terus berlanjut seterusnya bahkan hingga mengakhiri hayatnya, Perkembangan memiliki pengertian yang lebih bersifat berubah secara berkala dan terus-menerus. Perkembangan juga bisa merubah individu ke arah yang lebih baik dan menjadi individu yang lebih sempurna dari waktu ke waktu.

Lanjut X,waktu berbincang-bingcang menambahkan pengertian asosiasi adalah suatu perkumpulan bersama beberapa individu yang memiliki ikatan,asosiasi ini banyak terjadi pada lingkungan sosial atau di masayarakat.Namun ada juga asosiasi yang terbentuk dalam suatu bidang seperti halnya olahraga, ada asosiasi sepakbola, asoasiasi bulu tangkis, asosiasi basket atau lainnya .

Memgingat negara Republik Indonesia adaslah negara berdasarkan atas hukum sebagaimana diamanatkan dalam penjelasan Undang-undang Dasar 1945.

Seluruh wartawan Indonesia menjunjung tinggi konstitusi dan menegakkan kemerdekaan pers yang bertanggung jawab, memtuhi norma-norma profesi kewartawanan, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, serta memperjuangkan ketertiban duni berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial berdasarkan pancasila.

Maka atas dasar itu, demi tegaknya harkat, martabat, integritas, dan mutu kewartawanan Indonesia serta bertumpu pada kepercayaan masyarakat, dengan ini Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menetapkan Kode Etik Jurnalistik yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh seluruh wartawan Indonesia.

Dengan sesungguhnya salah satu perwujudan kemerdekaan negara republik indonesia adalah kemerdekaan mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan sebagaimana diamanatkan oleh pasal 28 Undang-undang Dasar 1945,Oleh sebab itu kemerdekaan pers wajib dihormati oleh semua pihak tutupnya.(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad