Intensifikasi Dan Perluasan Tanaman Kopi Di Sentra Prodoksi Kopi - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 09 Juli 2018

Intensifikasi Dan Perluasan Tanaman Kopi Di Sentra Prodoksi Kopi



LAMBAR- Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang merupakan perkebunan rakyat Salah satu jenis kopi yang ditanam oleh masyarakat dan memiliki pangsa pasar yang baik adalah kopi arabika yang lazim ditanam di daerah dataran tinggi.

Salah satu jenis kopi yang memiliki harga jual yang lebih tinggi di pasar internasional adalah kopi specialty yang merupakan kopi yang mempunyai citarasa bersifat khas, Pangsa pasar kopi sepsialty masih terbuka, terutama dengan bergesernya preferensi konsumen utama kopi.

Oleh sebab itu untuk memanfaatkan peluang tersebut maka pemerintah kabupaten lambar,pada tahun 2018 ini berupaya mendorong peningkatkan produksi melalui Program intensifikasi Kopi Specialty bertujuan meningkatkan produksi kopi spesialti nasional di sentra produksi .

Selain aspek perbaikan produksi perlu juga didukung dengan aspek pemasaran sehingga petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari hasil perkebunannya , Secara perseorangan petani sulit berhubungan secara langsung karena produksi yang terbatas, perusahaan pengolahan kopi membutuhkan supply pengiriman dalam jumlah besar.

Kelembagaan petani adalah sesuatu yang perlu diperkuat, sehingga petani secara kolektif dapat memasok biji kopi dalam jumlah besar, sehingga dapat berhubungan langsung dengan perusahaan pengolahan dan memperoleh harga yang lebih baik.

kegiatan intensifikasi dan perluasan kopi. Untuk kegiatan intensifikasi para petani akan mendapatkan Pembenah Tanah Organik, Pupuk NPK, Pupuk Organik, Gunting Pangkas dan Attractant.

Senin (10/7/2018),yang Bertempat dihalaman kantor kecamatan Air Hitam,acara Penyerahan bantuan pupuk kegiatan intensifikasi tanaman kopi tahun 2018 “Non subsidi”jenis NPK ,dari 325 orang penerima  10 Pekon Se-Kecamatan Air Hitam.

Hadir dalam acara tersebut,Bupati lambar Hi. Parosil Mabsus, S.Pd ,wakil bupati Hi.Mad hasnurin,ketua DPRD lambar Edi Novial, s.kom.

Tri umariyani,Yedi ruhyadi, SP,Ahmad hikami , Ismet inoni,jaimin,Bripka Johan yr,Ipda Haryono,Brippol LW Pakpahan, ME Hasibuan,.
Ketua kelompok tani 10 Pekon,10 peratin sekecamatan Air hitam.Serta warga masyarakat sekecamatan Air Hitam yang turut menghadiri.

Penyerahan Bantuan tersebut Langsung secara simbolis oleh Bupati lambar Lambar Hi.Parosil Mabsus,Spd.kepada beberapa pekon yakni ,Pekon Sinarjaya 33 orang,pekon Sidodadi 32 orang.

Pekon Sukajadi 32 orang,Pekon Sri menanti 32 orang, Pekon Sukadamai 33 orang,Pekon Manggarai 32 orang,Pekon Gunung terang 32 orang,Pekon Sumber alam 33 orang, Pekon rigis jaya 33 orang,Pejon Semarang Jaya 33 orang.

Masih kata Bupati,ada beberapa hal yang harus diperbaiki untuk semakin meningkatkan produksi kopi.Dia bilang,pembenahan tersebut bisa dimulai dari perbaikan tata kelola seperti dari masa penanaman hingga proses pasca panen, pembukaan lahan baru dan peremajaan pohon kopi yang sudah tua dan tidak layak produksi.

"Strategi untuk meningkatkan produksi tersebut dengan cara intensif edukasi kepada petani kopi dan kerja sama antar pemerintah yang sungguh-sungguh untuk mendukung perkopian yang ada dikabupaten lampung barat ini,"(Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad