Ini Kata Parosil - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 16 Juli 2018

Ini Kata Parosil



LAMBAR- Indonesia dikenal sebagai Negara agraris yang berarti Negara yang mengandalkan hasil dari sektor pertanian dan sektor perkebunan sebagai sumber mata pencaharian maupun sebagai penopang pembangunan.

Namun produktivitas perkebunan masih jauh dari harapan,faktor penyebab kurangnnya produktivitas perkebunan bisa dikarenakan lahan perkebunan yang semakin sedikit dan bisa pula dikarenakan sumber daya manusia yang masih rendah dalam mengolah lahan perkebunan.

Sehingga hasil dari perkebunan tersebut tidak maksimal,mayoritas petani dan pekebun di Indonesia masih menggunakan dan menerapkan sistem manual dalam pengolahan lahan perkebunannya padaha sektor perkebunan diharapkan bisa menjadi salah satu sektor yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di Kabupaten lampung barat.

Perkebunan adalah segala kegiatan yang mengusahakan tanaman tertentu pada tanah dan/atau media tumbuh lainnya dalam ekosistem yang sesuai mengolah dan memasarkan barang dan jasa hasil tanaman tersebut.


Dengan bantuan ilmu,pengetahuan dan teknologi, permodalan serta manajemen untuk mewujudkan kesejahteraan bagi pelaku usaha perkebunan dan masyarakat.

Mengingat kegiatan itu bukan kegiatan Pemkab Lambar saja, tetapi pada dasarnya hajat masyarakat di Bumi Beguai Jejama Sai Betik, yang artinya efek dari Festival itu sendiri pada akhirnya kepada masyarakat di untuk sektor perkebunan kopi Lambar yang menjadi usaha mayoritas masyarakat.

Oleh Karena itu, pihaknya berpesan khusus kepada para peratin dari 131 pekon dan lima lurah, terutama bagi para peratin yang hadir pada acara rapat itu, untuk mulai menyampaikan kepada warga masyarakat masing - masing, supaya menghadiri festival kopi nanti Festival ini menjadi sarana pembelajaran masyarakat tani kopi Lambar, yang nanti dapat diterapkan dalam pengembangan di sektor pertanian kopi,

Lanjut Bupati Lampung Barat Parosil Mabsu menghadiri rapat Evaluasi Persiapan Festival Kopi Kabupaten Lampung Barat,akan dilaksanakan Tanggal 21- 23 Juli Kampung Kopi, Pekon Rigisjaya dan Pekon Gungung Terang Kecamatan Airhitam.

Minggu 15/07,selain  Bupati Lambar Turut Hadir Wakil Bupati Hi. Mad Hasnurin, Asisten Bidang Perekonomian Lambar Ir. Nata Djudin Amran dihadiri  Kepala OPD  dan maupun staekholder yang terlibat lainnya. 

Bupati menyampaikan bahwa, pada perhelatan festival kopi nanti seyogyanya semua masyarakat terhusus pentani kopi se-Lambar dapat ikut serta dalam acara itu .(Editorlambar.Com) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad