Solusi Untuk Atasi Disparitas - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 10 Juli 2018

Solusi Untuk Atasi Disparitas


PESIBAR-Kementerian PPN/Bappenas bekerja sama dengan pemerintah Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI) akan menggelar Indonesia Development Forum (IDF) 2018 pada ( 10-11 Juli 2018) di Jakarta.

IDF 2018 akan mengusung tema “Pathways to Tackle Regional Disparities Across the Archipelago”, dan merupakan kelanjutan dari IDF 2017 yang bertema “Fighting Inequality for Better Growth.

Melanjutkan tema tahun lalu, pada tahun 2018 ini kita akan membahas bagaimana mengatasi disparitas di berbagai daerah di nusantara, mengingat banyak hal yang telah dicapai oleh pemerintah Indonesia dalam setahun terakhir ini.

IDF merupakan wadah bagi para pihak untuk bertemu dan memberikan solusi langsung bagi pemerintah Indonesia untuk menurunkan disparitas antar daerah,yang menjadi prioritas Presiden Joko Widodo saat ini.

Pemerintah Indonesia berharap mendapatkan pengetahuan, pengalaman, dan fakta yang sesuai dari seluruh pemangku kepentingan sebagai masukan bagi penyusunan RPJMN 2020-2024 mendatang.

Tidak hanya menampilkan paparan dari para ahli dan akademisi, IDF 2018 juga membuka peluang bagi pemangku kepentingan untuk menonjolkan cerita sukses di tingkat lokal yang dapat diadopsi di skala nasional.

Kami ingin mencari terobosan baru dari para ahli dan akademisi, baik dari dalam maupun luar negeri, mengenai kemiskinan dan disparitas yang telah diuji di komunitas, sehingga menjadi pembelajaran dan insipirasi bagi daerah lain.


Bupati Pesisir Barat diwakili oleh Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina,SP.MH menghadiri acara Indonesia Developent forum Tahun 2018 pada hari Selasa (10/7/2018) di hotel Rizt cariton Mega Kuningan Jakarta.

Menghadapi tantangan perekonomian global pemerintah Indonesia selalu terbuka menerima masukan dari berbagai pihak perencanaan dan pengawasan yang ketat terhadap program prioritas serta pelibatan pemangku kepentingan yang lebih luas diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan inklusif, daya saing, dan SDM berkualitas.

Presiden Jokowi terus mendorong pembangunan infrastruktur sebagai salah satu langkah pemerataan ekonomi,khususnya di timur Indonesia. Kita harus mulai menyesuaikan struktur ekonomi regional yang dapat menjawab masalah disparitas saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah Australia yang melalui KSI telah berkontribusi dalam penyelenggaraan forum yang menyediakan informasi, masukan, dan solusi inovatif dari para pemangku kepentingan.

Acara tersebut  diselenggarakan oleh  Kementerian PPN/Bappenas bekerjasama dengan Australia Depertement of Foreign  affairs and Trade  yang me gusung tema " Pathways to  Tackle Regional Disparity  Across the Archipelago " dengan tujuan sebagai platform bagi praktisi pembangunan untuk bertukar ide dan Pemikiran baru dalam mengatasi permasalahan pembangunan .


Acara Indonesia Developent  forum 2018 dihadiri oleh Wakil Presiden Yusup kalla beserta  Menteri Kehutanan , Menteri Dalam Negri Menteri,Menteri Pendaya Gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Mentri  Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,Kepala  Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Gubernur Jawa Timur, Bupati Pronorogo, Narasumber dari university Australia dan 41 Wali Kota /Bupati se Indonesia.

Dalam sambutannya Wakil Presiden Yusup Kalla mengharapkan kepada Bupati/Wali Kota seluruh Indonesia untuk bisa mengatasi problem pembangunan yang ada di daerah masing - masing,  sebagaimana kita ketahui bersama.

Bahwa dalam pelaksanaan pembangunan  di indonesia terdapat adanya ketimpangan dalam pembangunan terutama di daerah terisolir baik pembangunan infrastruktural maupun dibidang lainnya.

Maka dari itu yusup kalla mengharapkan kepada seluruh Kepala Daerah Bupati/ wali kota se- Indonesia untuk bisa segera mengatasi ketimpangan  pembangunan di  daerahnya masing-masing.

Supaya pembangunan dimaksud bisa   setara   terhadap daerah lain baik dalam Negri maupun Manca Negara.pungkasnya (Editorlambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad