Warga Bandung,Keluhkan Harga Bahan Membuat Opor Lebaran - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 11 Juni 2018

Warga Bandung,Keluhkan Harga Bahan Membuat Opor Lebaran


BANDUNG-Dalam hitungan hari seluruh umat muslim Indonesia akan merayakan lebaran,tentu saja di hari spesial itu opor dan gule menjadi hidangan wajib keluarga,kira-kira berapa uang yang harus disiapkan untuk membuat dua sajian itu

Di hari ke-27 puasa ini tim Editor Lamba, melakukan penelusuran ke Pasar Induk Ciroyom, Kota Bandung, untuk mengetahui sejumlah harga kebutuhan pokok menjelang lebaran terutama bahan membuat opor ayam dan gule sapi.

Harga daging sapi segar di tempat ini relatif stabil sejak pertama puasa hingga menjelang lebaran yakni Rp 100-120 ribu per kilogram,sementara untuk daging sapi beku dibanderol Rp 80 ribu per kilogram.

Berbeda dengan daging sapi, daging ayam justru kembali merangkak naik pada kisaran Rp 40-45 kilogram,padahal sebelumnya di pertengahan puasa pemerintah berhasil menekan harga hingga Rp 32-36 ribu per kilogram setelah mengeluarkan produk daging ayam beku seharga Rp 22,5-33 ribu tergantung berat.
Sekarang mulai naik lagi karena permintaan mulai banyak,mudah-mudahan enggak naik lagi harganya sampai lebaran nanti,kata salah seorang pedagang ayam Romli, Selasa (12/6/2018) pagi.

Selain dua hal pokok itu, tentu saja opor dan gule tidak bisa lepas dari santan,di pasar ini harga kelapa parut tidak terpengaruh musim dan tetap pada kisaran Rp 14 ribu per kilogram.

Begitu juga dengan bumbu racik giling yang masih tetap pada kisaran Rp 3-4 ribu,Kalau bumbu masih normal, Rp 3 ribu tanpa cabai dan Rp 4 ribu pakai cabai,Itu untuk satu kilogram ayam atau daging, kata Yul pedagang bumbu racik giling.

Yul,mengatakan untuk bumbu pelengkap rata-rata harga masih di kisaran normal,hanya saja kenaikan terjadi pada cabai keriting merah yang semula Rp 30 ribu menjadi Rp 46 ribu per kilo.

"Bawang putih juga naik jadi Rp 34 ribu,biasanya hanya Rp 26 ribu per kilo,"ucapnya.

Meski bumbu racik giling sudah mewakili berbagai kebutuhan untuk opor dan gule, tapi rasanya kurang lengkap jika tidak memakai serai, daun jeruk dan daun salam,untuk tiga jenis bumbu penyedap itu cukup ditebus dengan harga Rp 2-5 ribu tergantung kebutuhan. (Editor Lambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad