Mau Lebaran Listrik Korsleting, Rumah Terbakar - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Sabtu, 09 Juni 2018

Mau Lebaran Listrik Korsleting, Rumah Terbakar



LAMBAR-Akibat Korsleting Listrik, Sebuah Rumah Terbakar, terjadi di sebuah rumah yang berada diTalang Air Serut,Pekon.Suka raja, Kecamatan Way tenong Kababupaten Lampung barat.

Penyebab dari kebakaran karena danya korsleting arus listrik,rumah tersebut berada Pekon.Suka raja,sabtu (9/6/ 2018).Sekitar Pkl.11.00.Wib.,Milik Edi yulianto.
kejadian terserbut,pemilik rumah tidak menyadari ,Tiba-tiba melihat percikan api yang dibagian instalasi listrik dibagian atas rumah /plapon dan langsung menyambar matrial bangunan yang terbuat dari kayu dan papan dengan cepat melalap seluruh bagian rumah tersebut sehingga usaha pemilik rumah yang dibantu warga untuk memadamkan api tidak bisa diatasi.
Untuk bantuan petugas  PMK  ( Pemadam kebakaran) unit kecamatan way tenong pada sa'at kejadian tidak diberitahukan Tentang  adanya kejadian Kebakaran tersebut.

Lokasi kejadian kebakaran tersebut sangat jauh letaknya dan jalan/Medan menuju lokasipun sangat tidak memungkinkan dapat dilewati oleh mobil PMK ( Pemadam kebakaran).

Kerugian yang alami pemilik rumah akibat kebakaran, diperkirakan mencapai 30 -40 jut a rupiah ,semua barang ludes terbakar barang berhargapun Habis diantaranya,surat ijasah,KK,KTP ATM BRI STNK BPKB,Uang tunai sebanyak 3 juta rupiah,Handphone 3 buah salon TV Serta peralatan rumah tangga habis tidak tersisa.untuk saat ini pemilik rumah/korban,sementara  masih tinggal dirumah kerabat.

Warga setempat mengatakan atas kejadian musibahini Romzi berharap masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaannya,terlebih lagi,saat ini tengah memasuki pengujung Ramadan,maka masyarakat tentunya sudah bersiap untuk mudik Lebaran.
Dirinya menyebutkan, beberapa tips untuk warga yang ingin kembali ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1349 H. Misalnya, mencabut seluruh kabel dan lampu yang tersambung dengan listrik.
Kecuali lampu yang depan buat penerangan titipan titipkan saja sama yang nggak pulang. Jadi kan listrik bisa dimatiin MCB nya bisa diturunin ntar malam nanti bisa naikin lagi itu, yang penting jadi jangan biarkan itu stop kontak dalam kondisi on,” terang Romzi kepada Editor lambar Lewat Telpon sebelum dia berangkat Mudik,saranya.

Masih kata Romzi ,Kami sarankan sebagai langkah konkret, lebih bagus lagi diadakan konseling dengan lembaga yang punya kompetensi dalam bidang kelistrikan misalnya PLN atau instalatur teknis kelistrikan, karena kita tahu kejadian kebakaran dominan bersumber dari hubungan arus pendek, (Editor Lambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad