Rakor Desk Pemilihan Umum Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah . - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 07 Mei 2018

Rakor Desk Pemilihan Umum Kepala Daerah Dan Wakil Kepala Daerah .


PESIBAR- Dalam rangka mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilihan Pilgub dan wakil kepala guburnur.

Bupati pesibar,menginisiasi Rapat Koordinasi untuk membangun harmonisasi dan sinergitas dari seluruh stakeholders dalam menyongsong Pilgub dan prisiden secara serentak di Tahun 2018.

Untuk mendapatkan Pilgub dan wakil Pilgub dan prisiden yang berkualitas, memiliki kompetensi, integritas, dan kapabilitas serta memenuhi unsur akseptabilitas.

Rakor ini difokuskan untuk membahas dan memantapkan persiapan pemerintah Daerah dalam memberikan dukungan secara maksimal kepada Komisi Pemilihan Umum.

Dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pilgub serentak sebagaimana dipahami bahwa secara teknis pelaksanaan pilgub yang bertanggung jawab secara formal adalah KPU.

KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dengan jajarannya masing-masing,namun pemerintah Daerah juga berkewajiban dan mempunyai porsi.

Yang signifikan untuk mendukung penyelenggaraan Pilgub Serentak di Tahun 2018 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun pokok pembahasan dalam Rapat Koordinasi adalah hal yang terkait dengan kesiapan regulasi pelaksanaannya.

Dukungan anggaran dan personil,ketersediaan data kependudukan,dukungan keamanan dan ketertiban,penanganan dan penyelesaian sengketa pemilihan,serta berbagai aspek dukungan lainnya.
Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.H. Agus Istiqlal, S.H.,M.H. mengatakan bahwa menurut indeks demokrasi indonesia (IDI).

Angka indeks demokrasi untuk kabupaten pesisir barat pada tahun 2014 ada pada angka 71% ini merupakan nilai yang baik.

Hal ini dapat dicapai karena cukup tingginya tingkat partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pemilu legislatif, pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan presiden dan wakil presiden 2018.
   
Masih kata bupati, indeks demokrasi tersebut perlu kita pertahankan dan tingkatkan pada tahun 2018 dan salah satu faktor yang menjadi point terpenting.

Dalam penghitungan  angka indeks demokrasi adalah dari persentase dari masyarakat yang menggunakan hak pilih dalam pemilihan.

Kepala daerah dan wakil kepala daerah propinsi lampung tahun 2018 ini yang sebentar lagi akan kita laksanakan.

Bupati menambahkan,Desk pilkada merupakan salah satu bagian penting dalam pelaksanaan pilkada  propinsi lampung di kabupaten pesisir barat tahun 2018.

Dengan adanya Tim ini diharapkan dapat melakukan pemantauan menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan.

Sehingga kita dapat menghimpun informasi-informasi penting mengenai kondisi yang berkembang di masyarakat pada saat pelaksanaan tahapan-tahapan pilkada propinsi lampung tahun 2018.

Sehingga pemerintah daerah dapat mengambil keputusan yang cepat dan tepat terhadap permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat.

Tim desk pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah propinsi lampung tahun 2018  mempuyai tugas .

Melakukan pemantauan pelaksanaan pemilihan di wilayah kabupaten pesisir barat.

Menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan-permasalahan yang timbul berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di kabupaten pesisir barat.

Memberikan saran dan mengambil langka-langka yang konkrit terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi.

Pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah propinsi lampung di kabupaten pesisir barat.

Melaporkan dan menginformasikan mengenai pelaksanaan pemilihan kepala daerah tersebut secara berjenjang disetiap tahapan.

Tim desk  pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah propinsi lampung tahun 2018 di kabupaten pesisir barat.

Dalam menjalankan tugasnya bertanggung jawab dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada bupati pesisir barat.

Lanjut bupati, seluruh peserta rakor yang hadir pada hari ini,agar mengikuti kegiatan rakor ini sampai dengan selesai.

Sehingga pendapatkan pengarahan atau informasi yang bermanfaat dalam pelaksanaan tugas materi rakor pada saat ini akan  disampaikan oleh para narasumber.

Yaitu,Dari kapolres lampung barat,dandim 0422 lampung barat, KPU kabupaten pesisir barat dan panwaslu kabupaten pesisir barat.

Bupati,Berharap kepada Tim desk pilkada tingkat kabupaten pesisir barat agar dapat bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Sehingga dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah propinsi lampung pada tanggal 27 juni 2018 nanti dapat berjalan dengan sukses.

Sebagaimana kita ketahui bersama kondisi keamanan di kabupaten pesisir barat ini  merupakan daerah yang aman di provinsi lampung.

Akan tetapi kita harus tetap waspada dan terus memantau perkembangan situasi dan kondisi yang berkembang di masyarakat.

Supaya  tidak terjadi konflik yang berdampak buruk kepada masyarakat yang mendukung calonnya masing-masing.

Lanjut kata bupati,kepada seluruh Tim desk pilkada dikabupaten pesisir barat dan para pemangku dapat bekerjasama dan saling bahu-membahu.

Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah propinsi lampung tahun 2018 tingkat kabupaten pesisir barat.

(7/5/2018),yang bertempat di Aula Lamban Yoso, Pekon Seray ,Hadir dalam acara itu, wakil bupati pesisir barat,ketua dan anggota DPRD kabupaten pesisir barat.

Kapolres lampung barat,dandim 0422 lampung barat,sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator dilingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat.

Ketua kpu kabupaten pesisir barat beserta jajarannya,ketua panwaslu kabupaten pesisir barat,ketua tim desk pilkada kabupaten pesisir barat.

Para camat, peratin se-kabupaten pesisir barat,ketua partai politik se-kabupaten pesisir barat.tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan lsm se-kabupaten pesisir barat.(Ir/Editorlambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad