Penyusunan Standar Operasional Prosedur (Sop) - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Senin, 07 Mei 2018

Penyusunan Standar Operasional Prosedur (Sop)


PESIBAR- Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses.

Penyelenggaraan aktivitas organisasi, bagaimana dan kapan harus dilakukan,dimana dan oleh siapa dilakukan,secara umum SOP terdiri atas dua SOP,yakni.

SOP administratif adalah prosedur standar yang bersifat umum dan tidak rinci dari kegiatan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang aparatur atau pelaksana dengan lebih dari satu peran atau jabatan.

Penyusunan SOP sebenarnya cukup mudah, karena kegiatan di SOP merupakan kegiatan yang sudah dilaksanakan sehari-hari dalam pelaksanaan pekerjaan.

Menganalisa tugas dan fungsi organisasi (dengan fokus pada unit organisasi terendah sebagai unit operasional),mengidentifikasi output final (End-product).

Mengidentifikasi aspek kegiatan output final dengan merumuskan aspek kegiatan keseluruhan (makro) dan parsial (Mikro) yang ada di awal (Pra), pada saat (In) dan setelah (Pasca) dari output final.
Merumuskan judul SOP-AP dengan menggabungkan aspek kegiatan output final (SOP Makro dan SOP Mikro)

Mengidentifikasi seluruh judul SOP-AP (Makro dan Mikro) dengan mengelompokkan sesuai tingkat struktur organisasinya.

Keseluruhan judul SOP-AP inilah yang merupakan kebutuhan riil SOP pada unit kerja yang bersangkutan.

Salah satu uraian tugas Sub Bagian Program yaitu Menyiapkan bahan dan melaksanakan penyusunan laporan.
Output final adalah  laporan,Kegiatan utama adalah menyusun,dengan memperhatikan output final dan aktivitas yang dilakukan maka judul SOP yang disarankan adalah SOP Penyusunan Laporan.

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses.

Penyelenggaraan aktivitas organisasi, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

Asisten III Mengatakan,Penyusunan SOP sebenarnya cukup mudah, karena kegiatan di SOP merupakan kegiatan yang sudah dilaksanakan sehari-hari.

Dalam pelaksanaan pekerjaan,berikut materi dalam Bimbingan Teknis dalam menyusun SOP.

Dalam rangka mencapai salah satu tujuan nasional sebagaimana tercantum dalam pembukaan undang-undang dasar 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Maka aparatur pemerintahan sebagai unsur utama sumber daya manusia aparatur pemerintahan mempunyai peran yang sangat strategis dalam mengemban tugas pemerintahan dan pembangunan.

Sesuai kebijakan peraturan menteri dalam negeri nomor 52 tahun 2011 tentang standar operasional prosedur pemerintah daerah.

Merupakan arah kebijakan pemerintah dalam membangun profil dan prilaku aparatur sipil negara yang memiliki integritas.

Produktifitas dan bertanggung jawab serta memiliki kemampuan memberikan pelayanan prima dengan melakukan perubahan pola pikir (Mind Set).

Dan budaya kerja (culture set) dalam sistem manajemen pemerintah.

Asisten llI Bidang,Administrasi Umum Husni Arifin.S.Ip .,sampaikan bahwa kegiatan penyusunan standar operasional prosedur (sop) tahun anggaran 2018 ini.

Di latar belakangi dalam upaya mewujudkan kinerja pelayanan publik di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat yang terukur.

Dan dapat di evaluasi keberhasilannya dan perlu memiliki pedoman berupa standar operasional prosedur (sop).

kegiatan penyusunan standar operasional prosedur (sop) tahun anggaran 2018 dapat mewujudkan pegawai negeri sipil yang berdaya guna dan berhasil.

Masih kata Asisten III,Guna untuk meningkatkan kemampuan seluruh kepala opd dalam melakukan penataan tata laksana instansi pemerintah yang efektif dan efisien.

Yang diwujudkan dalam bentuk penyusunan dan implementasi standar operasional prosedur administrasi pemerintah (Sop-Ap). 

Adapun salah satu tujuan kegiatan penyusunan standar operasional prosedur (sop)  adalah meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi aparatur sipil pemerintah khususnya di kabupaten pesisir barat yang kita cintai ini.

Pelaksanaan kegiatan ini, Husni harapkan agar dapat mengikuti kegiatan penyusunan standar operasional prosedur (Sop) tahun anggaran 2018.

Dengan serius mengingat pentingnya kegiatan ini, sehingga ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dari kegiatan penyusunan .

Standar operasional prosedur (sop) ini dapat di terapkan dalam impelementasi pekerjaan sehari-hari pada opd masing-masing.

Senin, (7 /5/2018) ,Hadir dalam acara tersebut, pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pelaksana dilingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat.

Para camat se-kabupaten pesisir barat,para narasumber kegiatan penyusunan standar operasional prosedur (sop) tahun anggaran 2018 .(Ir/EditorLambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad