Kegiatan Jambore Kabupaten Lambar . - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 01 Mei 2018

Kegiatan Jambore Kabupaten Lambar .


LAMBAR- Jambore Literasi  kabupaten lambar tahun 2018 merupakan ajang apresiasi bagi para siswa dan guru yang telah berhasil menaklukan tantangan membaca.

Jambore Literasi ini merupakan salah satu kegiatan literasi yang dilakukan dikabupaten lampung barat (Lambar)kegiatan ini dilakukan oleh seluruh peserta jambore.

Dengan  tujuan dari kegiatan ini yaitu mengembangkan imajinasi dalam bentuk tulisan, melatih kemampuan menulis cepat, dan mengekplorasi ide/gagasan.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan sepenggal cerita yang belum tuntas dalam satu paragrap untuk dibaca kemudian peserta menuliskan kelanjutan cerita dalam beberapa kata.

Sesuai dengan imajinasi sendiri, peserta yang berhasil menyelesaikan tulisan sesuai dengan ketentuan akan mendapatkan bendera.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengenalkan filosofi berbagai jenis permainan tradisional dengan melatih kekompakan, kerjasama, dan kecermatan serta mengekspresikan kegembiraan.
Setiap peserta membuat review dari cerita yang telah dibacanya berdasarkan jenis review yang sudah dipilih.

Peserta yang berhasil menyelesaikan review sesuai dengan ketentuan akan mendapatkan bendera Tujuan dari kegiatan ini yaitu.

Melatih kemampuan peserta membaca sebuah naskah cerita, melatih kemampuan peserta dalam menulis review dari naskah yang telah dibacanya.

Permainan ini dilakukan dalam beberapa kelompok, kemudian setiap kelompok akan memilih salah seorang untuk menjadi wakil dalam lomba.

Peserta lain dalam kelompok akan menjadi supporter bagi temannya yang bermain, dan kelompok yang menunjukkan keunggulan dalam permainan akan mendapatkan bendera.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu melatih jiwa kepemimpinan, dan mengeksplorasi kemampuan memecahkan masalah.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus Menghadiri sekaligus Membuka Acara Jambore Literasi Kabupaten Lampung Barat Tahun 2018 Dibumi Perkemahan TNBBS Kubu Perahu.

Selasa (1/5/2018) Malam Pukul 19.45 WIB. Dalam Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Lampung Barat Drs.Mad Hasnurin.

Unsur Muspida, Forkopimda, Sejumlah Kepala OPD Dan seluruh Penggiat Literasi Yang Berasal Dari  Berbagai Provinsi Lampung.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus Mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para panitia dan penggerak literasi lampung barat atas partisipasinya.

Sehingga pada malam hari ini bersama-sama kita dapat melaksanakan kegiatan jambore literasi kabupaten lampung barat yang pertama kalinya dilaksanakan.

Indonesia yang tengah mengejar mimpi untuk menjadi negara maju, harus mendorong seluas-luasnya anak-anak sekolah untuk berkembang.

Di sinilah penggerak literasi berperan untuk menjadi bekal mengerahkan potensi yang ada potensi dalam mengelola perpustakaan dan menggerakkan masyarakat untuk gemar membaca dan menulis.

"Jika kita mendengar kata literasi,secara umum masyarakat menganggap bahwa lieterasi adalah sesuatu yang berkaitan dengan keinginan membaca dan menulis.

Karena disatu sisi fenomena gerakan literasi ini memang berupaya untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis masyarakat melalui berbagai program.

Pemerintah kabupaten lampung barat memiliki kewajiban menjadikan masyarakat cerdas melalui kebiasaan membaca dan menulis.

Untuk itu pemerintah kabupaten lampung barat sangat konsen terhadap pembentukan lampung barat sebagai gerakan literasi daerah", Ujarnya.

Selanjutnya jambore literasi ini adalah kegiatan berkumpulnya para peserta untuk sharing tentang pengalamannya masing-masing.

Sehingga bisa bertukar ilmu dan pengalaman dalam meningkatkan budaya literasi di sekolah dan lingkungan masing-masing.

Jambore ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada pegiat literasi dan pengelola perpustakaan yang ujungnya agar mereka dapat meningkatkan kiprahnya.

Melakukan berbagai inovasi dan kreasi dalam menggerakan minat baca masyarakat di kabupaten lampung barat.

Masih kata Bupati mengharapkan gerakan literasi mulai ditingkatkan kepada seluruh lapisan masyarakat karena merupakan hak setiap orang untuk belajar sepanjang hayat.

Dengan meningkatkan kemampuan literasi masing-masing individu diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup baik itu secara individu.

Keluarga maupun dalam masyarakat,Membaca harus menjadi suatu kebutuhan bagi kita semua karena bisa menambah pengetahuan.

Sehingga generasi muda di kabupaten lampung barat dapat menjadi generasi yang memiliki budaya gemar membaca agar menjadi generasi yang unggul, Pungkasnya.(Ir/EDitorLambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad