Gotong Royong Kunci Sukses Terbangunnya Posyandu - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Jumat, 25 Mei 2018

Gotong Royong Kunci Sukses Terbangunnya Posyandu


LAMBAR-Posyandu kini memiliki gedung baru dengan fasilitas yang representatif. Terbangunnya gedung tersebut, tak lain berkat semangat gotong royong warga pekon setempat yang tinggi hingga akhirnya terwujud gedung yang bagus.

Posyandu kini mulai menawan. Maklum, posyandu yang berlokasi di pekon Wates kecamatan Balik Bukit kabupaten lampung Barat telah dibalut dengan pagar barunya yang dibangun dari alokasi Dana Desa.
“keberadaan posyandu sangatlah penting sebagai pusat kegiatan kesehatan masyarakat”.

“Ini sebelumnya gak ada pagarnya, namun aspirasi warga yang dituangkan dalam musyawarah menyimpulkan bahwa pemagaran guna kondusifitas dan kenyamanan posyandu kami utamakan,”
 .
Menurutnya, keberadaan posyandu sebagai upaya mensinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan warga, sangat perlu ditunjang dengan sarana yang memadai.

Dari mulai perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga hingga kesejahteraan sosial kegiatan di gedung itu di laksanakan.

Menurut Pj. Peratin pekon watas Nazron, pembangunan pagar gedung posyandu ini menelan biaya 86 juta lebih, dengan ukuran panjang 90 meter, lebar 1,4 meter dan 2 meter, terletak di pemangku watas timur, dengan pola padat karya tunai diharapkan selesai sebelum idul fitri 1439 H. 

Selain itu, sambung  Camat, pembangunan tersebut juga merupakan perwujudan tujuan dari Gotoroyong yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat, salah satunya di bidang kesehatan.

Selain pembangunan pagar, di wilayahnya juga melakukan perbaikan akses lingkungan dan drainase. Hal itu menunjukan bahwa kekompakan masyarakat tidak hanya memicu keswadayaan melainkan juga pemerataan pembangunan.
“Alhamdulillah, di lingkungan kami selama program ini berjalan cukup banyak sarana publik yang di perbaiki dan di bangun,”ucapnya.

Camat juga berharap, program tersebut harus dipertahankan.Pasalnya,dirinya menilai cukup efektif dan mampu menghidupkan kembalinya tradisi gotongroyong warga.

Masih kata Camat BalikBukit Junaidi Samsari,mengatakan,“Alhamdulillah, di akhir tahun ini kita memiliki gedung baru untuk pelayanan Posyandu. Semoga, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kemaslahatan bersama,” katanya, kepada Editor Lambar (25/5/2018) dikantor kecamatan.

Pada kesempatan itu,ia juga berterima kasih kepada Dinas Perlindungan Anak,Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga kabupaten lambar,yang memberikan dukungan serta bantuan berupa peralatan pelayanan Posyandu seperti alat timbang bayi, papan info,dan sejumlah poster yang berkaitan dengan kegiatan Posyandu.

Lanjud Camat mengharapkan bulan puasa tidak membuat semangat kerja aparat kendur, bahkan harus lebih meningkat, terlebih lagi kegiatan pembangunan fisik di pekon yang bersumber dari Dana Desa 20 % sudah diserap, kalau dalam anggaran pelaksanaannya di bulan ini, maka harus segera diselesaikan tegas junaidi.

Hal ini dimaksudkan agar pertanggungjawaban dana 20 % tahap 1 segera selesai dan dapat melanjutkan tahapan 40 % berikutnya, jadi jangan ditunda tunda.

Artinya Kesempatan monitoring evaluasi yang dilaksanakan jajaran pemerintah kecamatan juga di dampingi bhabinkamtibmas Brigpol. Wayan S.

Camat sangat mengapresiasi kinierja pekon walaupun bulan puasa tapi tetap melaksanakan tugas dengan baik.(Editor Lambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad