Bupati Ingatkan ADD Harus tepat Sasaran - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 09 Mei 2018

Bupati Ingatkan ADD Harus tepat Sasaran


PESIBAR- Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.H. Agus Istiqlal, S.H.,M.H.jelaskan bahwa sebagai kabupaten, pesisir barat memiliki berbagai potensi untuk dikembangkan.

Tentunya dengan dukungan dari semua pihak sangat diharapkan baik dari pemerintah pusat dan provinsi yang berupa alokasi anggaran dan bantuan lain.

Dalam rangka percepatan pembangunan di kabupaten pesisir barat ini,seluruh peserta sosialisasi terutama para peratin.

Yang merupakan ujung tombak pelaksanaan pengelolaan anggaran dana desa (ADD) yang diprogramkan oleh pemerintah.

Selain itu, diharapkan kepada para peserta sosialisasi pada saat ini agar mengikuti soosialisasi ini sampai dengan selesai.

Sehingga dapat menambah pemahaman dalam  pengelolaan anggaran dana desa (ADD) yang lebih efektif dan efesien dalam pelaksanaanya.

Masih kata Bupati, kepada para peratin se-kabupaten pesisir barat bahwa dari tahun ke tahun pengalokasian anggaran dana desa terus mengalami peningkatan.

Hal ini menunjukkan bentuk perhatian pemerintah terhadap desa/pekon dalam  melaksanakan program pembangunan  sesuai dengan kewenangan desa/pekon.
Artinya pada tahun anggaran 2017 alokasi dana pekon yang bersumber dari apbd kabupaten pesisir barat yang berjumlah rp. 43.635.616.000,-(empat puluh tiga milyar enam ratus tiga puluh lima juta enam ratus enam belas ribu rupiah).

Sementara untuk tahun ini (2018) dialokasikan sebesar rp. 43.898.757.000,- (empat puluh tiga milyar delapan ratus sembilan puluh delapan juta tujuh ratus lima puluh tujuh ribu rupiah).

Dana desa ini yang bersumber dari apbn yang pada tahun sebelumnya (2017) sebesar rp. 92.417.906.000,(sembilan puluh dua milyar empat ratus tujuh belas  juta sembilan ratus enam ribu rupiah).

Mengalami  kenaikan yang sangat signifikan (Tahun 2018).

Menjadi sebesar rp. 98.950.577.000,-(sembilan puluh delapan milyar sembilan ratus lima puluh juta lima ratus tujuh puluh tujuh ribu rupiah).

Sedangkan untuk dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah sebesar rp. 1.063.495.200,-(satu milyar enam puluh tiga juta empat ratus sembilan puluh lima ribu dua ratus rupiah).

Akan dibagi ke-116 pekon yang ada di 11 kecamatan se-kabupaten pesisir barat pada tahun anggaran 2018 ini.
Dalam pengelolaan dana desa kita tidak boleh terlepas dari rambu-rambu yang telah ditetapkan baik berupa petunjuk teknis maupun petunjuk pelaksanaan yang dimulai dari perencanaan,pelaksanaan, dan pelaporan.

Dengan mengedepankan musyawarah dan kontrol masyarakat dalam pengelolaan dana desa yang diwujudkan melalui pemberian .

Hak masyarakat terhadap informasi serta peningkatan kapasitas dan kompetensi pengelola baik dalam administrasi, organisasi.

Maupun manajemen serta bekerja sesuai prosedur dapat menghindari penggunaan anggaran yang tidak tepat sasaran.

Penggunaan dana desa untuk tahun anggaran 2018 difokuskan untuk program kegiatan yang bersifat lintas bidang.

Program kegiatan lintas bidang antara lain bidang kegiatan produk unggulan desa atau kawasan perdesaan, bumdesa atau bumdesa bersama.

Embung dan sarana olahraga desa sesuai dengan kewenangan desa. pelaksanaan prioritas penggunaan dana desa wajib dipublikasikan oleh pemerintah desa di ruang publik yang dapat diakses oleh masyarakat desa.

Kepada seluruh peratin untuk melakukan koordinasi dengan pendamping profesional dan SKPD Terkait,  tingkatkan kapasitas diri dan pahami peraturan perundang-undangan.

Yang terkait dengan pelaksanaan dana desa sebagai jembatan menuju pemahaman yang lebih baik untuk kemajuan pekon dan sumber daya manusia yang ada di kabupaten pesisir barat.

Rabu (9/5/2018) yang bertempat di GSG Selalaw Labuhan Jukung ,Hadir dalam acara itu,
wakil bupati pesisir barat,ketua dan anggota DPRD kabupaten pesibar,unsur forkopimda kabupaten pesibar dan kabupaten lambar.

Sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator dilingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat.

Para narasumber sosialisasi dan pembinaan pelaksanaan dana desa dan alokasi dana pekon  di kabupaten pesisir barat,para camat, lurah dan peratin se-kabupaten pesisir barat. (Editor Lambar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad