Berkah Ramadhan,Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 30 Mei 2018

Berkah Ramadhan,Memperbaiki Diri Menjadi Lebih Baik

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam,Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Dibulan Ramadhan Ini,sungguh adalah bulan yang penuh berkah,artinya mendatangkan kebaikan yang banyak.

Kebaikan yang diperoleh umat Islam di bulan Ramadhan bisa meliputi ukhrowi dan duniawi.

Coba kita lihat di bulan Ramadhan ini begitu banyak kebaikan ukhrowi yang diperoleh setiap muslim,di antara keberkahan tersebut adalah dengan menjalankan Shiyam ramadhan akan mendapatkan pengampunan dosa yang telah lalu.

Keberkahan lainnya lagi adalah dalam menjalankan shalat malam (Shalat Tarawih),Itu juga adalah sebab pengampunan dosa,begitu pula pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari 1000 bulan,yaitu lailatul qadar.

Inilah di antara keberkahan ukhrowi yang bisa diperoleh,Namun ada satu sisi kebaikan lainnya,yang mana ini tidak kalah pentingnya.

Yaitu bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri sehingga selepas bulan Ramadhan seseorang bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Pada malam pertama bulan Ramadhan syetan-syetan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satu pun pintu yang tertutup, ketika itu ada yang menyeru”.

 “Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan/maksiat berhentilah”. Allah memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadhan”

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

Al Qodhi ‘Iyadh mengatakan, “Hadits di atas dapat bermakna, terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu Jahannam sebagai terbelenggunya setan-setan sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan dan mulianya bulan tersebut.

” Lanjut Al Qodhi ‘Iyadh, “Juga dapat bermakna terbukanya pintu surga karena Allah memudahkan berbagai ketaatan pada hamba-Nya di bulan Ramadhan seperti puasa dan shalat malam.Hal ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Di bulan Ramadhan,orang akan lebih sibuk melakukan kebaikan daripada melakukan maksiat,Inilah sebab mereka dapat memasuki surga dan pintunya.

Sedangkan tertutupnya pintu neraka dan terbelenggunya setan, inilah yang mengakibatkan seseorang mudah menjauhi maksiat ketika itu.

Sampai-sampai karena terbuka lebarnya pintu kebaikan ini, para ulama katakan bahwa pahala amalan apa saja di bulan Ramadhan pun akan berlipat ganda.(Editor Lambar)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad