Anggota Legislatif Turut Serta Dalam Kampanye Mustafa-Aja - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 22 Mei 2018

Anggota Legislatif Turut Serta Dalam Kampanye Mustafa-Aja

LAMBAR- Menurut Komisioner Panwaslu Kabupaten Lampung Barat, M. Ishar, turut sertanya Anggota Legislatif tanpa izin cuti resmi, menyalahi aturan.

Menjelaskan soal cuti anggota DPRD yang ikut melakukan sosialisasi atau kampanye di pemilihan gubernur dan wakil guburnur (Pilgub) 2018.

Khusus anggota legislatif dan eksekutif wajib cuti jika terlibat kegiatan pasangan calon (Paslon) saat kampanye. Jika tidak dipastikan, melanggar UU Pemilu No 10 Tahun 2016.

Kata dia, setiap anggota DPRD wajib mengajukan cuti atau izin tanpa menggunakan fasilitas negara saat mendampingi atau menjadi juru kampanye untuk paslon yang didukung ataupun diusung.

"Jadi ketentuannya, harus mengajukan cuti tiga hari sebelum kegiatan (sosialisasi/kampanye).

Kalau misalnya, besok kampanye, hari ini baru ajukan cutinya, ya tidak bisa. Harus tiga hari sebelum kampanye,"jelas kata komisioner panwaslu lambar ,M.Ishar kepada Koran Editor (22/5) diruang kerjanya.

Masih kata Ishar,mekanisme permohonan cuti setiap anggota Dewan, diajukan ke pimpinan DPRD. "Kalau tidak ada ketuanya, kan ada pimpinan lainnya (wakil). Kan mereka kolektif kolegial," ujarnya.

Setelah mengajukan surat permohonan izin cuti, lanjut dia, maka pimpinan Dewan mengeluarkan surat keterangan bahwa anggota Dewan yang memohon izin.

Dinyatakan telah disetujui permohonan cuti izin kampanye."Surat itu dikeluarkan oleh pimpinan Dewan.

Nanti surat itu ditembuskan ke KPU dan Bawaslu sebagai bukti, bahwa yang bersangkuta pada tanggal sekian mengajukan cuti.

Jadi tidak terlalu rumit. Tetapi diajukan harus tiga hari sebelum kegiatan kampanye," tutur Ishar Komisioner panwaslu lambar dengan Tegas.

Selasa, (22/5/2018) pukul 14.30 WIB telah dilaksanakan kegiatan kampanye Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung Nomor Urut 4. Hi.

Mustafa - Ahmad Jajuli di Desa Tri Budi Sukur, bertempat di halaman kediaman Bapak Suparyo. 
Walaupun dalam kondisi hujan, peserta yang hadir mencapai 250 peserta. Peserta yang hadir mendapatkan kaos, spesimen dan Nasi kotak. 

Dalam kampanyenya, Jajuli menyampaikan berbagai programnya yang disebutnya KJ4.

Meliputi jaminan kesehatan, jaminan pendidikan,jaminan kesejahteraan,dan jaminan usaha dan kemandirian.

Dalam kampanye ini, turut juga hadir Anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat Fraksi PKS, Sayuti dan Anggota DPRD Provinsi Lampung Akhmadi Sumaryanto. 

Menurut Komisioner Panwaslu Kabupaten Lampung Barat, M. Ishar, turut sertanya Anggota Legislatif tanpa izin cuti resmi, menyalahi aturan.

Pada kegiatan kampanye tersebut, Ishar mengklarifikasi langsung terhadap Anggota Legislatif dimaksud,

Akhmadi maupun Sayuti menyatakan bahwa mereka tidak memiliki izin cuti sebagai Anggota Legislatif. (Editor Lambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad