Sosialisasi Gerakan Membangun (Gerbang) Desa Saburai . - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 24 April 2018

Sosialisasi Gerakan Membangun (Gerbang) Desa Saburai .


PESIBAR- Program gerakan membangun (Gerbang) desa saburai merupakan salah satu program unggulan pemerintah provinsi lampung dalam mengentaskan kemiskinan di desa-desa tertinggal, yang dimulai sejak tahun 2015.

Keberhasilan pelaksanaan program pembangunan,sangat ditentukan oleh bagaimana upaya para pelaku pembangunan dalam merencanakan,melaksanakan dan mengevaluasi penyelenggaraan pembangunan.

Terutama dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk mencapai hasil yang berkualitas dan berkesinambungan.

Asisten Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat,Ir,Nirmala Lingga Kasuma MP.Mengatakan pelaksanaan kegiatan gerbang desa saburai dapat terselenggara dengan baik apabila dalam proses pelaksanaannya senantiasa memperhatikan aspek perencanaan.

Pelaksanaan, pelaporan, aspek koordinasi, keterpaduan,dan kesinambungan, antara penyelenggara pemerintahan kabupaten,dengan pekon penerima program gerbang saburai dan fasilitator desa.
Sehingga hasil pembangunan sejalan dengan RPJMD kabupaten pesisir barat serta sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan angka indeks kemajuan desa.
Masih kata Lingga,mengharapkan agar kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dapat mencapai hasil yang maksimal dan tepat sasaran.

Untuk itu beberapa hal yang perlu mendapat perhatian, terutama bagi para pelaksana program gerbang saburai.

Setiap perkembangan pelaksanaan pembangunan perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi terhadap dampak dan manfaat dari program pembangunan tersebut.

Melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait  sehingga pelaksanaan kegiatan yang memiliki kesamaan tujuan, sasaran, lokasi  dan kesinambungan program, dapat saling melengkapi.

Mencari upaya pemecahan masalah yang timbul pada saat pelaksanaan kegiatan, baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat pekon.

Terutama kepada koordinator wilayah dan fasilitator desa,bahwasanya program gerbang saburai ini memang program pemerintah provinsi dan dibiayai dari APBD provinsi lampung.
                                  
Akan tetapi wilayah kerja dan lokasi sasaran berada di kabupaten pesisir barat, karenanya agar selalu berkoordinasi dengan OPD terkait, dalam hal ini dinas pemberdayaan masyarakat dan pekon, serta pihak kecamatan setempat.

Agar pada saat pelaksanaan kegiatan tidak berubah arah dari maksud dan tujuan utama program gerbang saburai, sehingga output yang dihasilkan pun akan berkualitas dan memiliki manfaat bagi penerima sasaran.Selasa (24/4/2018) yang bertempat di GSG Selalaw labuhan jukung .

Hadir dalam sosialisasi tersebut, wakil bupati pesisir barat,ketua dan anggota DPRD kabupaten pesisir barat,kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa provinsi lampung,sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pelaksana di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat.

Para narasumber pembinaan sosialisasi program gerbang saburai tahun 2018,koordinator wilayah dan fasilitator desa program gerakan membangun (Gerbang) desa saburai kabupaten pesisir barat,para camat, para peratin dan TPK pekon penerima program gerbang desa saburai tahun 2018.(Ir/EditorLambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad