Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, 11 April 2018

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)


PROPINSI-Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).
Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2019 dengan tema memantapkan pertumbuhan yang berkualitas berdaya saing dan berkeadlian.
Musrenbang berlangsung di Swiss-Belhotel, Bandar Lampung, Rabu siang, (11/4/2018).
Dalam kesempatan tersebut Bupati Lampung Barat mendapat penghargaan  pembangunan daerah Saibumi Rua Jurai.

Dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah tahun 2018 kategori kabupaten terbaik II Kabupaten Lambar yang di serahkan Oleh Kemendagri Tjahjo Kumolo.

Dalam acara tersebut selain Mendagri , Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas juga turut menghadiri Musrenbang RKPD Lampung.

Nantinya, dia akan memberikan arahan terkait penyusunan RKPD Provinsi Lampung Tahun 2019 Sebelumnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan mengembangkan peningkatan nilai tambah dalam sektor industry Selain itu, mempermudah perizinan untuk menarik investor lebih banyak.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan Provinsi Lampung yang terletak di antara dua pusat pertumbuhan yaitu Sumatera dan Jawa maka memiliki peluang pertumbuhan yang lebih cepat.

Oleh karena itu harapannya Provinsi Lampung dapat mengedepankan prinsip yang mendorong tercapainya keserasian efektif dan efisiensi dalam pembangunan agar dapat mendorong pembangunan lebih cepat lagi.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lampung, Taufik Hidayat  menjelaskan.

Rancangan akhir RKPD 2019,akan menguraikan tentang permasalahan pembangunan daerah, prioritas pembangunan daerah, program/kegiatan prioritas pembangunan.

Indikator program/kegiatan, lokasi, dan pagu indikatif berdasarkan OPD provinsi yang dipilah sumber pendanaannya dari APBD Provinsi, APBN, dan sumber pendanaan lainnya.

" Ikut juga menyelaraskan program atau kegiatan prioritas pembangunan Provinsi Lampung dengan prioritas dan sasaran.

Pembangunan nasional, serta usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang kabupaten/kota," ujarnya.

Masih kata Taufik menjabarkan, dalam menyusun rancangan RKPD Provinsi Lampung tahun 2019, proses perencanaan dengan pendekatan politik.

Dilakukan dengan meminta masukan pokok pikiran DPRD Provinsi Lampung.  " Sebagai upaya pemerintah daerah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pembangunan.

Sejak tahap awal perencanaan, baik dalam perspektif pendekatan perencanaan secara teknokratik maupun partisipatif," jelasnya.

Sementara itu Kabag Humas Dan Protokol Sekdakab Lambar Surahman SIP menyampaikan Dalam Musrenbang RKPD Provinsi Lampung.

Sekedar diketahui ,Bupati Lambar Parosil Mabsus mendapatkan penghargaan yang di serahkan langsung oleh Mendagri rabu siang, (11/4/2018) Bupati  mendapat penghargaan  pembangunan daerah Saibumi Rua jurai.

Dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah tahun 2018 kategori kabupaten terbaik II Kabupaten Lambar yang di serahkan Oleh Kemendagri Tjahjo Kumolo. (Ir/EditorLambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad