Rapat Paripurna Istimewa DPRD - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 19 April 2018

Rapat Paripurna Istimewa DPRD


PESIBAR- Dirgahayu ke-5 kabupaten pesibar, semoga kabupaten pesisir barat akan menjadi lebih maju dan saling bersinergi demi terwujudnya keberhasilan pembangunan dan kesejahtraan.

Masyarakat sebagaimana yang telah di amanatkan oleh perintis dan para tokoh yang telah berjuang demi terwujudnya pemekaran kabupaten pesisir barat. 
Selanjutny Bupati Pesibar,mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh hadirin yang sempat hadir dalam rangka memperingati HUT ke-5  kabupaten pesisir barat.

Rapat paripurna istimewa DPRD Ini, tidak lain dikarenakan atas dasar kepedulian dan rasa memiliki kabupaten pesisir barat serta merupakan semangat persatuan dalam mewujudkan cita-cita masyarakat di Negeri Para Sai Batin dan para ulama ini.
Bupati Pesisir Barat  Dr.Drs.H. Agus Istiqlal, S.H.,M.H. mengatakan seluruh komponen masyarakat dan penyelenggara pemerintahan serta berbagai pihak untuk menjadikan peringatan hari jadi kabupaten pesisir barat ke-5.

Sebagai momentum dalam mewujudkan semangat kebersamaan, kerja keras, kekompakan dan partisipasi seluruh komponen masyarakat yang ada.
Dengan demikian, apabila hal tersebut sudah kita  lakukan secara bersama-sama, insya-allah berbagai hambatan dalam proses penyelenggaraan prioritas pembangunan kabupaten pesisir barat bisa teratasi.

Masih kata Bupat,Perlu kita renungkan bersama bahwa dalam 5 tahun semenjak lahirnya kabupaten pesisir barat telah mengalami peningkatan secara signifikan di berbagai bidang.
Walaupun demikian harus kita akui bersama bahwa masih banyak berbagai kekurangan yang kita miliki akan tetapi janganlah menjadi hambatan.

Serta tetaplah dipacu dengan semangat yang tinggi sehingga akan mampu merubah pola pikir dan perilaku kehidupan masyarakat pesisir barat menjadi yang lebih baik. 
Pemerintah kabupaten pesisir barat selama tahun 2017 telah menetapkan 8 program prioritas pembangunan kabupaten pesisir barat dalam pelaksanaan.

Pemerintah dan pembangunan, yaitu Peningkatan tata kelola pemerintah dalam upaya percepatan - percepatan reformasi birokrasi dan pelayanan aparatur.
Peningkatan pembangunan sarana dan prasarana penunjang utama dan fasilitas umum,Peningkatan pelayanan dasar dan pendidikan,Peningkatan ketahanan pangan daerah yang berkelanjutan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Pengembangan pariwisata ekonomi kreatif, perdagangan, koperasi dan industri kecil mengah berbasis iptek,meningkatkan keberdayaan dan kesiapan masyarakat daerah dalam persaingan ekonomi global meningkatkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat daerah demi kelancaran.
Pembangunan,dan Percepatan pengembangan sumberdaya energi dan mineral dengan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan serta penanganan bencana yang ramah lingkungan.

Lanjut bupati menambahkan pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan untuk meningkatan kualitas hidup masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.
Dengan demikian maka diharapkan segenap masyarakat kabupaten pesisir barat memiliki kemampuan dan akses dalam memperoleh pendidikan dasar.

Pendidikan di kabupaten pesisir barat merupakan program prioritas yang dilaksanakan dengan kebijakan yang diambil pemerintah daerah.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk bersekolah dan membuka akses kemudahan dalam pelayanan pendidikan dengan tetap meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana infrastruktur.

Adapun program perioritas di bidang pendidikan tahun anggaran 2017 yang lalu, yaitu,pendidikan dasar,perluasan akses pendidikan menengah dan tinggi,pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat ,ucapnya.

Berdasarkan pada tujuan pembangunan daerah dalam pelaksanaan urusan kesehatan diharapkan tercapainya target-target peningkatan umur harapan hidup.

Menurunnya angka kematian bayi di masyarakat, menurunnya angka kematian ibu dan menurunnya prevalensi kurang gizi pada anak balita.

Meningkatnya mutu pelayanan masyarakat yang merata dan terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat diarahkan.

Untuk meningkatkan keterjangkauan dan pelayanan kesehatan yang berkualiatas yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Adapun program perioritas di bidang kesehatan tahun anggaran 2017 yang lalu, yaitu,bina gizi dan kesehatan ibu dan anak,pembinaan upaya kesehatan,pembangunan dan pengembangan layanan.

RSUD, pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan,penguatan pelaksanaan jaminan kesehatan nasional; ,kefarmasian dan alat kesehatan,pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan.

Urusan wajib pekerjaan umum dan penataan ruang ,program dan kegiatan diselenggarakan pada dinas pekerjaan umum dan penataan ruang diarahkan untuk perbaikan sarana public.

Pembangunan gedung pemerintah daerah serta fasilitas pendukung jalan dan jembatan difokuskan pada jalan dan jembatan kabupaten dan jalan lingkunagan serta drainase dan saluran air lainnya.

Jalan dan jembatan merupakan sarana vital dalam mendukung aktivitas perekonomian disuatu daerah Kemudahan akses yang ditimbulkan oleh ketersediaan jalan akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan perekonomian dari akses masyarakat terhadap pendidikan dan kesehatan.

Sementara untuk penata ruang diarahkan untuk pelaksanaan penegakan peraturan tentang penata ruang di daerah.

Setiap pembangunan fisik di daerah kabupaten pesisir barat harus didasarkan pada tata ruang yang telah ditentukan, sehingga kelestarian dapat turut terjaga.

Program perioritas di bidang pekerjaan umum dan penataan ruang tahun anggaran 2017 yang lalu yaitu peningkatan sarana dan prasarana.

paratur,penyelenggaraan jalan dan jembatan,pengelolaan sumber daya air, pembanguanan dan pemeliharaan perkantoran pemerintah daerah, penataan ruang wilayah,pembinaan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman.

Kabupaten pesisir barat memiliki berbagai potensi dibidang pariwisata serta keanekaragaman budaya yang tidak kalah menariknya dengan daerah-daerah lain di indonesia maupun Negara-Negara lain yang ada didunia.

Hal tersebut telah dibuktikan bahwa pada tahun 2016 dimana kabupaten pesisir barat meraih rekor dunia “ 1001 Bebai Nyuncun Pahakh ” dari museum rekor indonesia (MURI).

Selanjutnya pada penyelenggaraan festival teluk Stabas ke-4 yang dilaksanakan tahun 2017 yang lalu, kabupaten pesisir barat kembali meraih 2 penghargaan rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yaitu Ngunduh damar.

Kemudian pada penyelenggaraan festival teluk stabas ke-5 yang dilaksanakan pada tahun ini, kabupaten pesisir barat kembali meraih  penghargaan rekor dunia dari museum rekor indonesia (MURI) yaitu parade budaya bebai ngantak uyan sasuduk dan bebai nyelimpok gelamai.

Selain sukses dalam penyelenggaraan festival teluk stabas, dalam rangka mewujudkan kabupaten pesisir barat sebagai destinasi wisata unggulan serta untuk membuktikan bahwa kabupaten pesisir barat layak dijadikan venue olahraga surfing tingkat internasional.

Maka pemerintah kabupaten pesisir barat telah sukses dalam pelaksanaan kejuaraan surfing international ke-2 yang dilaksanakan pada tanggal 14 april 2018 sampai dengan 20 april 2018 dikawasan tanjung setia kecamatan pesisir selatan.

Adapun salah satu manfaat dari kejuaraan surfing internasional yaitu memperkenalkan kawasan tanjung setia kepada para peserta surfing yang berasal dari dalam Negeri maupun luar negeri.

Dengan demikian, maka kawasan tanjung setia benar-benar diakui sebagai salah satu spot surfing yang dapat menjadi magnet para surfer asal mancanegara.

Semoga keikutsertaan mereka dapat memberikan apresiasi yang positif serta dapat memperkenalkan pariwisata kabupaten pesisir barat kepada dunia internasional.

Jum’at, (20/4/2018) Hadir dalam acara itu, Gubernur lampung, yang dalam hal ini diwakili olehKetua wakil ketua dan anggota DPRD Kabupaten pesisir barat,Bupati dan walikota Se- provinsi lampung atau yang mewakili,wakil bupati pesisir barat.

Unsur forkopimda kabupaten pesisir barat dan kabupaten lampung barat,sekretaris daerah, pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat,Para camat di lingkungan pemerintah kabupaten pesisir barat.

KetuaTim penggerak PKK, ketua dharma wanita persatuan dan gabungan organisasi wanita serta ikatan keluarga anggota DPRD kabupaten pesisir barat,Tokoh pemekaran kabupaten pesisir barat, baik yang tinggal di kabupaten pesisir barat.

Tokoh agama, pimpinan adat dari 16 sai batin marga, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pimpinan ormas, OKP dan LSM Se-kabupaten pesisir barat,Para peratin, lurah, ketua LHP.
(Ir/EditorLambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad