Gebyar Lumbok Seminung Berkat Kerja Sama Pemerintah - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 29 April 2018

Gebyar Lumbok Seminung Berkat Kerja Sama Pemerintah


LAMBAR-Pelaksanaan kegiatan gebyar lumbok seminung ini terlaksana berkat kerjasama pemerintah dalam hal ini dinas pariwisata pemuda dan olah raga dengan masyarakat.(29/4/2018).

Yang bertujuan mempromosikan even pariwisata dalam upaya menarik kunjungan wisatawan baik domistik maupun mancanegara ke lampung barat sebagai salah satu tujuan wisata di propinsi lampung.
 
Gebyar lumbok seminung yang kita selenggarakan ini masih relevan dengan tuntutan dan tantangan era modern sekarang ini.

Di samping sebagai ajang berkompetisi gebyar lumbok seminung ini juga mempunyai makna pelestarian dan pembinaan terhadap aset dan potensi .

Seperti Seni dan budaya lampung barat yang sangat tinggi nilainya terhadap generasi muda serta pelestarian budaya dan adat istiadat yang ada di lampung barat.

Dengan adanya gebyar lumbok seminung ini, kita semakin sadar dan peduli bahwa ternyata lampung barat kaya dan memiliki potensi sumber daya alam maupun seni dan budaya.

Yang menarik dan layak untuk “Dijual” baik di pasar regional, nasional bahkan internasional.

Pihaknya mengharapkan dalam pelaksanaan kegiatan baik pertandingan maupun perlombaan agar masing-masing peserta lomba untuk mengikuti aturan main yang telah ditetapkan oleh panitia secara baik dan konsekuen.

Kepada seluruh panitia pada kegiatan ini,Bupati mengharapkan dapat menjalankan tugas sesuai dengan aturan lomba dan kriteria yang telah ditetapkan.

Dan kepada semua pihak mengharapkan untuk mendukung dan memberikan kontribusinya pada kegiatan ini.

Mudah-mudahan atas peran serta dan dukungan tersebut, maka keberadaan pariwisata di kabupaten lampung barat dapat berkembang lebih maju lagi.

Sehingga berdampak pada kontribusi pada peningkatan pendapatan daerah serta masyarakat yang berada di lokasi obyek wisata.

Pelaksanaan kegiatan gebyar lumbok seminung secara umum telah terlaksana dengan baik, lancar dan sukses, sehingga untuk pelaksanaan kedepan dapat lebih baik lagi dengan berbagai kegiatan .

Dan perlombaan yang lebih banyak lagi serta dikemas sedemikian rupa yang pada akhirnya akan memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Bupati Mengucapkan terima kasih dan penghargaaan setinggi-tingginya kepada seluruh panitia penyelenggara.

Bupati berharap kegiatan kedepan dapat lebih ditingkatkan lagi dalam upaya mengembangkan pariwisata di lampung barat dan menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan, Harapnya.

Ketua pelaksana Indra Kesuma,S.Sos.,Menyampaikan Dasar kegiatan ini adalah Undang-Undang nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional.

Yang tercantum dalam pasal 1 ayat 1 tentang (keolahragaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan olahraga yang memerlukan pengaturan, pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengembangan dan olahraga).

Peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2007 tentang penyelenggaraan keolahragaan Peraturan pemerintah Nomor 17 tahun 2007 tentang penyelenggaraan pekan dan kejuaraan olahraga.

Keputusan presiden Nomor 67 tahun 1985 tentang hari olahraga nasional,Peraturan daerah nomor 3 tahun 2014.

Tentang perubahan ketiga atas peraturan daerah nomor 13 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja dinas-dinas kabupaten lampung barat. 

Selanjutnya tujuan diselenggarakannya gebyar lumbok seminung ini adalah untuk membudayakan olahraga dan meningkatkan wisatawan.

Untuk berkunjung ke kawasan wisata lumbok seminung yang ada di kabupaten lampung barat serta untuk mencetak atlet berprestasi kabupaten lampung barat.

Kemudian rangkaian kegiatan meliputi Pembukaan gebyar lumbok seminung, Lomba kebut jukung peserta 50 orang putra dengan jumlah hadiah rp. 5.000.000.

Lomba tarik tambang jukung peserta 50 orang putra/50 orang putri dengan total hadiah rp 5.000.000.
Lomba perahu hias.

Peserta 10 perahu milik masyarakat kecamatan lumbok seminung dan kabupaten oku selatan dengan total hadiah rp. 9.000.000.

Exhibisi paralayang 15 peserta dari komunitas paralayang indonesia (Bogor, Bandung, Palembang Dan Bandar Lampung) dengan total hadiah rp. 10.000.000.

Fun bike, Peserta 300 orang start liwa pukul 07.00 finish lumbok seminung resort,Ngekha-as Peserta 30-50 orang berasal dari lumbok seminung.

Bakar ikan masal Peserta 150 orang dari TP PKK kecamatan lumbok seminung,Atraksi nyambai Peserta berasal dari canggu.

Sanggar banjarmasin, gunung sugih, suka banjar, lumbok dan kagungan.

Panjat pinang sumber dana kegiatan biaya pelaksanaan kegiatan ini berasal dari APBD Kabupaten Lampung Barat dengan jumlah anggaran rp. 420.000.000 (Empat Ratus Dua Puluh Juta Rupiah). (Ir/EditorLambar.Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad