Bantuan PKH Tidak Tepat Sasaran Salah Siapa . - Editor Lambar | editorlambar.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 15 April 2018

Bantuan PKH Tidak Tepat Sasaran Salah Siapa .


LAMBAR-Penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan  (PKH) di Kabupaten lampung barat (Lambar) khususnya dikecamatan sukau disinyalir belum tepat sasaran.

Pasalnya saat ini warga yang sangat membutuhkan bantuan tersebut malah tidak menerima diduga kuat jika malah warga yang kategori  sejahtera justru menerima bantunan tersebut.

Ini disampaikan sejumlah masyarakat kepada EditorLambar (16/4) pagi,warga juga menyayangkan jika data penerima PKH banyak yang tidak sesuai dan tepat sasaran.

 " Di desa kami, orang yang punya mobil dan punya banyak kebun dapat PKH,Tapi warga yang miskin justru tidak mendapatkannya ".

kata Ibu Rumah tangga Wil,warga simpangSeblat, Kecamatan sukau.

Petunjuk dari Kementerian Sosial (Kemensos) menerapkan prosedur ketat dalam sistem targeting Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2018.

Langkah tersebut dilakukan seiring perluasan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH begitu juga beberapa desa/pekon  dikabupaten lambar.

Penerima PKH juga tidak tepat sasaran artinya penerima yang seharusnya membutuhkan justru tidak dapat.

 " Di Pekon kami,banyak orang miskin tak dapat PKH,Tapi orang kaya ada yang mendapatkannya,” ungkap warga kecamatan sukau pekon simpang seblat kecamatan sukau “.

Lain halnya diungkapkan warga pekon Pagar dewa mengatakan ia menjelaskan,upaya pemerintah memperkuat sistem data kemiskinan yang terpadu.

Melalui Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) yang dibangun oleh Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial.
 
Kepala Dinas Sosial Kabupaten lampung barat Drs Gison Sihite ,didampingi oleh kabit jamsos (Jaminan Sosial) Feri Istanto.

Senin (16/4) mengatakan, jika data penerima PKH sama dengan data penerima Rastra.
   
Ia mengakui, memang banyak kecamatan dari masyarakat terkait penerima PKH tak tepat sasaran.

Kini pihaknya tengah melakukan validasi ulang data penerima bantuan PKH tersebut " Saat ini kita sedang melakukan validasi data penerima,” ungkapnya.

"Sistem Targeting PKH merupakan bagian yang terintegrasi dengan SIKS-NG,Dengan demikian bantuan sosial PKH yang disalurkan pemerintah lebih tepat sasaran,"

Mengapa,Bantuan PKH di kecamatan sukau yang miskin kok tidak mendapatkan,sedangkan yang kaya memdapatkan.

Apakah ini kesalahan dari pusat atau dari perangkat desa,tolong di usut .

"Bantuan sosial PKH, Rastra maupun BPNT cakupannya sangat signifikan sudah tentu diharapkan memberikan efek kepada pengurangan kemiskinan dan kesenjangan,"

Sekedar diketahuii,PKH adalah program dari Kementerian Sosial RI bagi keluarga miskin / tidak mampu dengan sasaran.

Wanita yang mempunyai anak balita; anak usia sekolah; anggota keluarga ada penyandang cacat dan lansia usia 70 tahun.

Data penerima program PKH berdasarkan Basis Data Terpadu ( BDT ),apabila ada penerima bantuan PKH yang tidak tepat sasaran.

Mohon dilaporkan ke Dinas Sosial Kabupaten lampung barat,dan akan dilakukan verifikasi oleh pendamping PKH .(Ir/EditorLambar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad